Sukses

Camilan Kekinian Penghilang Mual untuk Wanita Hamil

Mual atau rasa ingin muntah adalah hal biasa yang dialami wanita hamil. Akan tetapi, hal itu bisa diatasi dengan camilan kekinian.

Klikdokter.com, Jakarta Mual atau rasa ingin muntah pada wanita hamil merupakan keluhan yang sering terjadi. Keluhan ini biasanya terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Meski tidak berbahaya, mual bisa mengganggu kenyamanan wanita hamil dalam beraktivitas. Untuk itu, wanita hamil bisa mengonsumsi beberapa camilan untuk menghilangkan mual.

Menurut dr. Grace Valentine dari KlikDokter, rasa mual dan muntah yang terjadi pada kehamilan disebabkan oleh peningkatan hormon human chorionic gonadotropin (HCG), yang umumnya terjadi di masa awal kehamilan. Kondisi ini umumnya muncul pada minggu keenam hingga delapan kehamilan, dan puncaknya pada minggu ke-12 hingga 14. Nantinya gejala ini akan membaik dengan sendirinya pada minggu ke-22.

Sebenarnya, hormon HCG yang dikeluarkan oleh tubuh wanita hamil berfungsi untuk memelihara janin di awal kehamilan. Oleh karena itu, keluhan mual saat hamil muda adalah pertanda bahwa calon ibu maupun janin yang dikandungnya dalam keadaan baik.

Meski mual dan muntah saat hamil muda adalah pertanda baik, tidak jarang keluhan tersebut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Cara yang biasa dianjurkan dokter adalah sebisa mungkin wanita hamil makan sedikit tapi sering. Pasalnya, makan besar akan memperlambat pengosongan lambung, sehingga memperburuk gejala mual dan muntah saat hamil muda. Daripada makan tiga kali sehari dalam jumlah banyak, sebaiknya Anda makan lebih sering tapi dalam jumlah yang sedikit.

Karena itulah, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi camilan. Tetapi ingat, camilan yang pilih harus sehat dan bergizi untuk membantu tumbuh kembang janin.

Berikut beberapa camilan kekinian yang bisa dimakan untuk membantu wanita hamil menghilangkan mual.

1. Jahe

Seperti dikatakan dr. Grace, jahe sangat bagus untuk wanita hamil, baik diseduh, dijadikan permen, atau dijadikan campuran pada teh. Jahe bisa menenangkan perut dan membantu mengurangi rasa mual. Selain itu, menurut American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG), jahe dapat membantu pergerakan usus dan mempercepat pengosongan lambung sehingga mengurangi keluhan mual.

Nah, buat Anda wanita hamil bisa dicoba untuk mengonsumsi ginger cake atau kue yang berbahan dasar jahe. Variasi jahe ini tentu bagus buat Anda yang tidak terlalu suka melihat jahe dalam bentuk utuh.

Namun demikian, jangan terlalu berlebihan jika Anda mengonsumsi produk berbahan jahe, khususnya rimpang jahe. Meskipun bermanfaat untuk mengusir mual, tapi mengonsumsi jahe secara berlebihan, rentan memicu perdarahan pada vagina dan keguguran. Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, apabila Anda tertarik ingin memelihara kesehatan tubuh dengan meminum wedang jahe setiap hari, sebaiknya tidak lebih dari satu cangkir per hari.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

2. Oatmeal

Anda tentu tahu, oatmeal saat ini sedang banyak digandrungi. Menurut dr. Grace, oatmeal memang bagus karena mengandung vitamin B6. Penelitian menunjukkan bahwa ekstra vitamin B6 dapat meredakan mual atau muntah bagi sebagian wanita selama kehamilan.

Vitamin B6, juga dikenal sebagai pyridoxine, sangat penting untuk perkembangan otak dan sistem saraf bayi Anda. Vitamin B6 juga membantu bayi Anda memetabolisme protein dan karbohidrat. Vitamin B6 juga membantu tubuh Anda memetabolisme protein dan karbohidrat, serta membantu membentuk sel darah merah baru, antibodi, dan neurotransmitter.

3. Jus Buah

Jus buah merupakan salah satu minuman sehat yang dapat dikonsumsi wanita hamil. Di dalam jus buah terkandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk ibu hamil dan janin. Dr. Grace menyarankan agar meminum jus jeruk, wortel, apel, atau anggur untuk mengatasi mual.

Meski demikian, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan gula dalam jus buah kemasan yang Anda beli. Lebih baik, buatlah jus buah segar sendiri untuk mengontrol kadar gulanya.

4. Biskuit

Biskuit dapat dijadikan camilan yang enak untuk membantu mengisi lambung yang kosong. Hal ini nantinya akan membantu mengurangi keluhan mual muntah saat hamil.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Kacang pistachio

Kacang ini sangat bermanfaat karena mengandung vitamin B6. Seperti dijelaskan di atas, vitamin B6 sangat berguna bagi ibu hamil. Sementara itu, manfaat kacang pistachio adalah:

  • Sumber protein yang kaya, penting untuk perkembangan otot dan jaringan bayi.
  • Asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat sehingga menyeimbangkan kadar lipid.
  • Kehadiran antioksidan seperti Vitamin E, Vitamin A, karoten, dan senyawa polifenol meningkatkan kekebalan tubuh Anda.
  • Tembaga dalam pistachio membantu menjaga jumlah darah merah selama kehamilan.
  • Sifat antiinflamasi membantu memerangi nyeri sendi dan bengkak selama kehamilan.
  • Kandungan serat dari kacang membantu melawan sembelit, yang sering dialami wanita hamil.
  • Asam lemak Omega-3 yang ada di dalam pistachio memfasilitasi perkembangan otak bayi.
  • Berisi cukup banyak vitamin B-kompleks seperti riboflavin, niacin, thiamin, Vitamin B6, dan folat yang penting untuk perkembangan janin.

6. Kacang almond

Almond terdiri dari lemak esensial, protein, dan vitamin penting yang semuanya dibutuhkan untuk pertumbuhan yang sehat di setiap trimester. Jika jumlah yang tepat dapat ditambahkan ke makanan sehari-hari, kehamilan bisa semakin sehat. Almond yang rasanya enak juga bisa membantu ibu hamil terhindar dari mual.

Nah, itu adalah deretan camilan kekinian yang bisa membantu wanita hamil terhindar dari mual. Akan tetapi, jika mual yang dirasakan sudah sangat luar biasa, lebih baik berkonsultasi dengan dokter.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar