Sukses

Tips Sehat Merawat Jenggot bagi Pria

Apakah Anda adalah pria yang memelihara jenggot? Terapkan tips ini untuk merawat jenggot Anda agar selalu sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Sebagian pria memilih untuk memelihara jenggot lantaran bisa membuat penampilan terlihat dewasa dan berwibawa. Bahkan, tak sedikit pula yang percaya bahwa memelihara dan merawat jenggot bisa mendatangkan beragam manfaat sehat.

Apalagi di bulan November yang identik dengan gerakan Movember. Movember merupakan ajakan untuk peduli pada kesehatan pria yang awalnya digagas di Australia. Pria diajak untuk menumbuhkan kumis dan jenggot selama satu bulan untuk berkampanye dalam meningkatkan kesadaran seputar kanker prostat dan kanker testis.

Pentingnya perawatan jenggot bagi pria, dibenarkan oleh dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter. Menurut dr. Astrid mengatakan bahwa memelihara jenggot berarti menutupi kulit wajah dari paparan langsung sinar matahari.

“Sinar matahari merupakan salah satu penyebab flek hitam, penuaan dini, dan kanker kulit,” ujar dr. Astrid.

Namun demikian, untuk mendapatkan manfaat tersebut dari jenggot, Anda wajib memeliharanya dengan cara yang baik dan benar. Bagaimana caranya?

  • Pilih model yang sesuai

Jenggot punya model dan ciri khas yang belum tentu sesuai dengan bentuk wajah Anda. Oleh sebab itu, jika ingin penampilan yang sempurna dan bentuk jenggot yang paling sesuai, Anda harus memberanikan diri untuk mengeksplorasi berbagai bentuk jenggot.

Bagi Anda yang punya wajah persegi atau bulat, memelihara jenggot dengan volume “penuh” di bagian bawah dan lebih pendek pada kedua sisi wajah, mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedangkan, jika Anda memiliki wajah yang lonjong, bentuk jenggot yang mungkin sesuai adalah bagian sisi yang tebal dengan bagian tengah yang lebih pendek.

  • Rapikan secara rutin dan teratur

Ingin agar jenggot Anda benar-benar menunjang penampilan dan memberikan sederet manfaat sehat? Jika ya, Anda wajib merapikannya secara berkala dengan cara yang tepat.

Berdasarkan penjelasan dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, berikut adalah cara merapikan jenggot yang tepat dan aman:

  • Usapkan handuk bersih yang telah dicelupkan air hangat ke bagian jenggot yang hendak dipangkas.
  • Oleskan krim khusus pada area jenggot yang hendak dicukur, dan biarkan selama tiga menit. Hindari menggunakan sabun atau sampo.
  • Gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih.
  • Cukur jenggot Anda sesuai arah tumbuhnya rambut dengan tekanan minimal. Hindari mencukur melawan arah, karena dapat menyebabkan terjadinya rambut tumbuh ke arah dalam (pseudofolliculitis barbae).
  • Setelah selesai, basuh wajah dan area jenggot yang telah Anda pangkas dengan air dingin. Kemudian keringkan dengan menyeka perlahan handuk atau tisu bersih.
  • Oleskan pelembap nonalkohol di area jenggot yang telah dicukur. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi, ruam, atau masalah lainnya.

Jika merasa kesulitan untuk melakukannya sendiri, jangan ragu untuk meminta bantuan tukang cukur andal dan berpengalaman untuk merapikan jenggot Anda.

  • Gunakan minyak jenggot dan beard balm

Agar tampilan jenggot selalu sempurna dan bisa membawa manfaat sehat, Penemu sekaligus ketua dari Mildred Barbershop, Robert McMillen, mengatakan bahwa Anda wajib mengoleskan minyak jenggot dan beard balm secara berkala.

“Minyak jenggot bertindak sebagai pelembap dan zat pendingin yang bisa membantu merangsang pertumbuhan jenggot. Minyak tersebut juga bisa merawat serta mengobati jenggot maupun kulit di bawahnya. Sedangkan beard balm bertugas untuk menambah volume dan bentuk jenggot, sekaligus menghilangkan bau dan membantu mempertahankan kelembapannya,” kata McMillen.

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan jika ingin tampilan jenggot yang sempurna, menunjang penampilan dan rasa percaya diri, serta mendatangkan sederet manfaat sehat. Jadi, jangan malas merawat jenggot, ya.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar