Sukses

Tips Merawat Jenggot Agar Tetap Rapi dan Sehat

Tidak hanya rambut kepala, jenggot juga perlu dirawat agar lebih bersih, rapi, dan sehat. Berikut cara merawat jenggot yang bisa Anda terapkan.

Sebagian pria memilih untuk memelihara jenggot lantaran bisa membuat penampilan terlihat dewasa dan berwibawa. Bahkan, tak sedikit pula yang percaya bahwa memelihara dan merawat jenggot bisa mendatangkan beragam manfaat sehat.

Jika sudah memiliki atau memelihara janggut, hal yang harus dilakukan tentu dengan merawatnya. Rambut yang tumbuh di dagu ini sebenarnya tidak berbeda dengan rambut yang tumbuh di kepala, karena mereka juga membutuhkan perawatan agar tetap rapi dan sehat. 

Lalu, bagaimana cara merawat jenggot agar rapi dan sehat? Yuk, simak tips perawatan jenggot di sini. 

1. Olahraga Secara Teratur

Olahraga bermanfaat untuk melancarkan aliran darah sehingga dapat menstimulasi tumbuhnya folikel rambut. Anda bisa melakukan olahraga seperti angkat beban atau strength training untuk menaikkan testosteron. Testosteron adalah hormon yang diperlukan pria untuk membantu menumbuhkan rambut wajah. Cobalah untuk memvariasikan latihan yang Anda lakukan, serta waktu Anda melakukannya. 

Artikel Lainnya: Adakah Manfaat Menumbuhkan Kumis dan Jenggot bagi Kesehatan Pria?

1 dari 4 halaman

2. Perhatikan Nutrisi Harian Anda

Anda sering makan sembarangan? Sekarang, cobalah untuk mulai mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Tak hanya bermanfaat untuk tubuh, hal ini juga baik untuk kesehatan jenggot Anda. 

Zat seng, misalnya, dapat bermanfaat bagi kadar testosteron yang berperan dalam tumbuhnya jenggot. Beberapa makanan yang baik dalam tahapan perawatan jenggot adalah:

  • Protein tanpa lemak, seperti ayam dan salmon
  • Makanan tinggi seng, seperti kacang-kacangan dan buncis
  • Zat besi, seperti hati
  • Biji-bijian 
  • Lemak sehat, misalnya alpukat
  • Buah-buahan dan sayuran dengan kandungan vitamin A, B, C, D, dan E, yang berperan dalam pertumbuhan rambut

3. Suplemen untuk Jenggot

Banyak suplemen yang dirancang khusus untuk pertumbuhan jenggot, lho. Jika Anda tidak dapat memperoleh semua nutrisi yang dibutuhkan melalui makanan, mengonsumsi suplemen yang mengandung seng dan zat besi dapat membantu. 

Jadi, cara merawat jenggot juga bisa dengan konsumsi suplemen atau multivitamin. 

4. Tidur yang Cukup

Salah satu cara merawat jenggot adalah dengan tidur cukup. Ya, tidur sangat penting untuk pertumbuhan jenggot Anda. Sebab, testosteron dilepaskan terutama selama Anda tidur. 

Apalagi, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur dan sleep apnea dapat menurunkan kadar testosteron. 

Artikel Lainnya: Cek Kondisi Kesehatan dari Jenggot Anda

2 dari 4 halaman

5. Pastikan Anda Rajin Mencuci Wajah

Cucilah wajah Anda secara rutin sebagai cara merawat jenggot. Dengan menjaga kulit wajah tetap bersih, jenggot Anda pun akan terlihat lebih rapi dan bersih. 

Penting juga melakukan eksfoliasi wajah untuk mengangkat sel-sel kulit mati di area sekitar jenggot Anda. 

6. Tahu Kapan Harus Memangkasnya

Memangkas jenggot yang sudah panjang, terlebih apabila tidak berbentuk, sangatlah penting. 

Karena itu, carilah pemangkas rambut atau jenggot yang berkualitas. Mereka bahkan bisa membantu Anda menemukan model jenggot yang sesuai dengan bentuk wajah. Hal ini seperti memangkas rambut yang disesuaikan dengan bentuk wajah.

7. Menggunakan Produk Khusus Janggut

Cara merawat jenggot yang lainnya adalah dengan menggunakan produk khusus janggut. Hindari menggunakan produk untuk rambut biasa pada janggut, karena ini kurang tepat. Akan lebih baik jika Anda menggunakan produk yang dirancang khusus untuk janggut

Dengan begitu, kandungan dalam produk akan bekerja lebih efektif dan membuat jenggot lebih sehat.

Artikel Lainnya: Khusus Pria Berjenggot, Ini Dia Penyebab Jenggot Gatal!

3 dari 4 halaman

8. Rutin Menyisir Jenggot

Tidak hanya rambut kepala, jenggot pun perlu diatur dan disisir. Anda tentu bisa bayangkan jika rambut tidak pernah disisir, pastinya akan terlihat kusut dan kumuh.

Begitu juga dengan janggut, perlakukanlah dengan baik. Cara merawat jenggot dengan menyisirnya tidak hanya membuatnya lebih rapi, namun Anda juga dapat mengaturnya lebih mudah.

9. Perhatikan Juga Kerapian dan Kebersihan Kumis

Cara merawat jenggot tidak hanya terpaku pada jenggot itu sendiri. Kaum adam biasanya memiliki kumis sekaligus jenggot. Oleh karena itu, Anda juga perlu memperhatikan kerapian dan kebersihan kumis, sehingga jenggot Anda pun akan terlihat sedap dipandang.   

10. Memahami Garis Wajah

Dengan memahami garis wajah, Anda dapat merapikan janggut lebih mudah. Perhatikan garis yang terletak di sepanjang bagian pipi dari cambang ke area mulut. Garis dasar terletak pada leher sudut rahang, jakun, dan bibir.

Jika Anda sudah memahami garis wajah ini, Anda dapat mencukur jenggot yang tumbuh di luar atau bawah area rahang. 

Demikianlah beberapa tips merawat jenggot agar tetap rapi dan sehat. Jenggot yang baik adalah jenggot yang dirawat dari dalam maupun dari luar. Hal yang tak kalah penting, hindarilah produk-produk perawatan jenggot yang mengandung bahan-bahan berbahaya.

Jika Anda ingin berkonsultasi mengenai cara merawat jenggot, bisa melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar