Sukses

Cukur Setiap Hari, Amankah untuk Kesehatan Kulit Pria?

Agar tampak rapi, pria sebaiknya mencukur rambut dan bulu halus di wajah secara bekala. Namun, apa jadinya bila dilakukan setiap hari?

Klikdokter.com, Jakarta Salah satu cara yang bisa dilakukan pria untuk menjaga penampilan adalah bercukur. Kegiatan yang satu itu biasanya dilakukan dua minggu atau satu bulan sekali. Namun, tak sedikit juga pria yang ingin mencukur bulu halus di area wajah setiap hari, agar penampilan terus terlihat bersih. Apakah Anda salah satu yang seperti ini?

Jika memang Anda mencukur wajah setiap hari, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut, apalagi bila Anda tak tahu betul bagaimana cara mencukur yang baik dan benar. Sebab, memangkas rambut dan bulu-bulu halus di sekitar wajah setiap hari—apalagi secara sembarangan—bisa meningkatkan risiko terjadinya hal berikut ini:

  • Razor burn

Ini adalah iritasi yang terjadi akibat adanya gesekan langsung antara pisau cukur dengan kulit Anda. Razor burn biasanya terjadi karena Anda tidak menggunakan krim khusus untuk mencukur.

  • Folliculitis

Kondisi ini terjadi ketika bakteri staphylococcus aureus masuk ke dalam folikel rambut. Gejala yang timbul berupa kemerahan, gatal dan tampak adanya benjolan-benjolan kecil berwarna putih.

Pada umumnya, folliculitis akan hilang dengan sendirinya, terutama jika faktor pencetusnya dimusnahkan. Namun pada kasus tertentu, keadaan ini bisa menetap dan penderitanya perlu mengonsumsi antibiotik yang diberikan oleh dokter.

  • Pseudofolliculitis barbae

Cukur setiap hari, apalagi bila dilakukan sembarangan, bisa membuat rambut tumbuh ke arah dalam kulit. Ironisnya, penggunaan pisau cukur ganda atau beberapa mata pisau sekaligus dapat menjadi salah satu faktor pencetusnya.

1 dari 2 halaman

Lantas, harus bagaimana?

Jika memang laju pertumbuhan rambut dan bulu halus di sekitar wajah tergolong cepat atau Anda memang ingin mencukur rambut atau bulu halus yang tumbuh di area wajah setiap hari, lakukan langkah ini agar terhindar dari hal-hal merugikan.

  • Basuh dengan air hangat

Sebelum mencukur, basuh wajah Anda dengan air hangat. Anda juga bisa menggunakan handuk yang telah dicelup air hangat untuk membantu melembutkan janggut dan kumis sebelum dicukur. Opsi lainnya, Anda dapat mencukur selagi berada di shower air panas.

  • Shaving cream

Gunakan shaving cream pada area yang hendak dicukur, dan biarkan selama tiga menit. Hal ini akan membantu melembutkan dan melunakkan rambut di area tersebut. Hindari menggunakan sabun ataupun sampo jenis apapun untuk langkah yang satu ini.

  • Gunakan pisau cukur yang tajam dan bersih

Jika Anda menggunakan pisau cukur yang disposable, gantilah secara berkala setelah tiga atau empat kali mencukur. Jika Anda selalu mengalami iritasi kulit setiap kali cukur, gunakan pisau cukur dengan satu mata pisau.

Ingatlah untuk membersihkan pisau cukur Anda secara rutin setelah digunakan. Menggunakan pisau cukur yang sama secara berulang dan dalam jangka waktu lama akan membuat mata pisau tersebut menjadi tumpul dan rentan berkarat. Jika pisau cukur berkarat tetap digunakan, yang terjadi kemudian adalah infeksi.

  • Lakukan dengan lembut

Cukurlah dengan tekanan minimal, searah dengan arah tumbuhnya rambut. Hindari mencukur dengan melawan arah tumbuhnya rambut, karena akan meningkatkan risiko terjadinya pseudofolliculitis barbae.

Selain itu, hindari terlalu menekan alat cukur Anda ke permukaan kulit. Anda tak ingin mengalami iritasi, bukan?

  • Basuh air dingin

Setelah selesai mencukur, basuh wajah dengan air dingin, agar pori-pori kulit tertutup dengan baik. Setelah itu, seka secara perlahan dengan tisu atau handuk bersih hingga benar-benar kering.

  • Gunakan pelembap

Setelah proses mencukur selesai, gunakan pelembap atau krim di area yang telah dicukur. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya iritasi, ruam kulit atau masalah kulit lainnya. Sebaiknya, gunakan produk yang tidak mengandung alkohol agar tidak terjadi iritasi.

Jangan biarkan kegiatan yang harusnya membuat penampilan menjadi sempurna malah membawa malapetaka. Karenanya, bagi Anda yang memang ingin cukur rambut wajah setiap hari, jangan lupa dengan hal-hal yang telah disampaikan di atas, ya!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar