Sukses

Makanan Rebusan Lebih Cepat Turunkan Berat Badan?

Salah satu makanan yang bagus bagi tubuh adalah makanan yang diolah dengan direbus. Tapi, bisakah makanan rebusan turunkan berat badan?

Klikdokter.com, Jakarta Berbicara soal cara menurunkan berat badan seperti tak ada habisnya. Banyak orang yang menginginkan berusaha mencari diet sehat dengan makanan terbaik demi mencapai berat badan ideal. Nah, katanya makanan rebusan dikatakan bisa lebih cepat membantu turunkan berat badan. Benarkah?

Menyoal makanan sehat, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah metode memasaknya. Menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal “Diabetes Care”, makanan yang diolah dengan cara dikukus dan direbus merupakan metode memasak yang paling sehat.

Sebaliknya, cara memasak yang diyakini paling tidak sehat adalah menggoreng makanan berlemak. Tak hanya bisa bikin berat badan naik, menggoreng makanan juga akan membuat kadar kolesterol jahat (low-density lipoprotein atau LDL) meningkat.

Lantas, bagaimana dengan makanan yang direbus?

Demi pola makan sehat dan menurunkan berat badan, tak sedikit orang yang memilih makanan yang direbus. Namun, apakah makanan ini bisa membantu menurunkan berat badan?

Menurut dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, makanan rebusan memang bagus untuk kesehatan, tapi tidak secara langsung membuat berat badan Anda turun.

“Dibanding makanan yang digoreng atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, ya, memang makanan rebusan bisa saja menurunkan berat badan,” kata dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

“Tapi makanan rebusan tidak secara langsung menurunkan berat badan, hanya untuk menjaga kesehatan secara umum. Dengan makan makanan yang direbus, jadinya Anda tak banyak makan makanan berminyak (yang digoreng) berlebih,” lanjutnya.

Selain itu, dr. Dyan menegaskan bahwa makanan rebusan bisa membantu Anda melupakan camilan-camilan yang tidak sehat. Kuncinya adalah, membuat perut Anda kenyang dengan makanan rebusan sangat baik dan membantu dalam program penurunan berat badan. Tak ada salahnya, dong, untuk dicoba? Jika fokus Anda adalah ingin menurunkan berat badan, coba, deh, konsumsi kentang rebus.

Kentang rebus ampuh menurunkan berat badan

Dilansir dari Healthline, kentang rebus sangat bisa membantu menurunkan berat badan. Jenis kentang yang dianjurkan adalah kentang putih. Sayangnya, di Indonesia kentang ini belum terlalu populer.

Kentang putih diketahui kaya akan nutrisi yang tak hanya bisa membantu Anda menurunkan berat badan, tapi juga untuk mendukung kesehatan tubuh secara optimal. Kentang putih sangat tinggi potasium, yaitu nutrisi yang biasanya tak tercukupi dan memainkan peran penting dalam mengendalikan tekanan darah. Meski demikian, baik kentang putih atau kentang yang selama ini Anda konsumsi, keduanya bisa berkontribusi terhadap berkurangnya lingkar pinggang.

Pada skala yang disebut dengan indeks kenyang (satiety index), yang mengukur bagaimana makanan bisa membuat seseorang kenyang, kentang rebus mencetak skor tertinggi dari semua makanan yang diuji. Artinya, baik makan kentang putih atau kentang biasa dengan cara direbus, walaupun makan sedikit Anda akan merasa lebih kenyang.

Jika Anda membiarkan kentang dingin selama beberapa saat setelah direbus, kentang akan membentuk pati resisten dalam jumlah yang tinggi. Pati tersebut adalah zat seperti serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan.

Sementara itu, ubi jalar, lobak, dan umbi-umbian juga sangat baik bagi Anda yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Itu adalah penjelasan mengenai makanan rebusan yang digadang-gadang baik untuk membantu usaha Anda dalam menurunkan berat badan. Sebagai upaya lainnya, jangan lupa untuk mengombinasikan makanan yang direbus dengan makanan sehat lainnya agar kebutuhan nutrisi harian Anda terpenuhi. Selain itu, imbangi dengan olahraga secara teratur dan istirahat yang cukup. Jika dilakukan secara konsisten, niscaya usaha ini akan berbuah manis!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar