Sukses

Olahraga Berlebihan, Apa Bahayanya?

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Namun jika terlalu berlebihan tentu tidak akan mendatangkan manfaat. Ini dampak olahraga berlebihan bagi tubuh.

Anda tentu tahu bahwa olahraga sangat baik untuk kesehatan. Namun jika dilakukan terlalu berlebihan, malah dapat mengusir manfaatnya dan mendatangkan kerugian. Sebenarnya, apa bahaya olahraga berlebihan bagi tubuh? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel ini. 

1 dari 4 halaman

Kapan Olahraga Disebut Berlebihan?

Meski penting bagi kesehatan fisik dan mental, olahraga yang berlebihan (excessive exercise) bukanlah pertanda baik. 

Olahraga terlalu banyak dan memiliki dorongan yang sangat kuat untuk berolahraga (compulsive exercise), dapat berarti bahwa hal tersebut sedang mengambil kendali hidup Anda. Pada akhirnya, olahraga bukan lagi menjadi sesuatu yang sehat, menyenangkan, dan mendukung kehidupan Anda.

Ciri-ciri olahraga yang berlebihan adalah sebagai berikut: 

  • Anda lebih memprioritaskan olahraga ketimbang hal-hal lainnya yang lebih penting, seperti pekerjaan, keluarga, teman, dan bahkan waktu tidur sendiri.
  • Olahraga Anda dipicu oleh stres.
  • Anda merasa cemas dan bersalah jika tidak bisa berolahraga.
  • Anda merasa tetap ingin berolahraga ketika sedang sakit maupun cedera.

Artikel Lainnya: Olahraga Pagi dan Olahraga Malam, Mana yang Lebih Baik?

Satu pertanyaan penting yang dapat Anda tanyakan kepada diri sendiri adalah: “Kenapa saya berolahraga?” Apakah Anda melakukannya untuk tetap sehat dan merupakan sesuatu yang Anda sukai? Jika ya, hal tersebut sangatlah menguntungkan! 

Namun, jika Anda berolahraga karena merasa bersalah kalau tidak melakukannya, ini dapat menjadi tanda sesuatu yang lebih serius. Lalu, apa bahaya olahraga berlebihan bagi tubuh?

2 dari 4 halaman

Bahaya Olahraga Berlebihan

Berikut adalah efek samping atau bahaya olahraga berlebihan yang harus Anda waspadai: 

  • Fatigue (Kelelahan)

Olahraga seharusnya membuat Anda lebih semangat dan berenergi dalam menjalani hari-hari. Jika olahraga dilakukan terlalu berlebihan, Anda justru akan merasa cepat lelah.

  • Nyeri Sendi dan Otot yang Terus-menerus

Ketika Anda melakukan olahraga terlalu berlebih, Anda bisa mengalami nyeri sendi dan otot yang berlangsung terus-menerus meskipun tidak ada cedera. 

Artikel Lainnya: Tips Membangkitkan Semangat untuk Kembali Olahraga

  • Sulit Tidur

Terlalu memforsir diri dengan olahraga juga akan membuat Anda sulit tidur. Lalu saat terbangun pada pagi harinya, Anda akan merasa lelah dan tidak bertenaga. 

  • Cepat Marah 

Bahaya olahraga berlebihan yang satu ini juga bisa terjadi. Bukannya lebih positif dan semangat, Anda justru akan merasa mudah marah dan uring-uringan. 

  • Bosan dengan Olahraga yang Dilakukan

Anda juga akan merasa tidak antusias lagi dengan olahraga yang dlakukan, bahkan merasa bosan.

  • Kinerja Terganggu

Akibat olahraga berlebihan, rutinitas harian dan kinerja Anda bisa terganggu. Hal ini karena Anda terlalu fokus pada olahraga, sehingga pekerjaan atau hal-hal penting lainnya menjadi dinomorduakan. 

  • Mudah Sakit

Kelebihan olahraga bisa juga melemahkan sistem imunitas tubuh. Pada akhirnya Anda akan mudah sakit. 

  • Stres

Overtraining dapat meningkatkan kadar kortisol atau hormon stres dalam tubuh. Karena itu, bahaya olahraga berlebihan yang satu ini tak boleh disepelekan.

Artikel Lainnya: 4 Olahraga yang Cocok untuk Kondisi Obesitas

3 dari 4 halaman

Yang Harus Dilakukan Jika Kecanduan Olahraga

Jika Anda mengalami gejala kecanduan olahraga, jangan biarkan berlarut-larut. Beberapa hal paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Berbicaralah kepada orang terdekat yang dapat dipercaya mengenai kondisi Anda. 
  • Temukan atau lakukan sesuatu yang Anda suka, yang tidak melibatkan olahraga.
  • Batasi waktu olahraga Anda. Aktivitas fisik intensitas sedang 30 menit per hari cukup untuk mencegah diabetes, kadar kolesterol tinggi, serta tekanan darah tinggi. Jadi, efektivitas olahraga tidak bergantung pada lamanya durasi. 

Tentunya setelah memahami hal-hal di atas, Anda telah mengenal karakteristik dan bahaya olahraga berlebihan. Jangan biarkan kondisi ini berlangsung terus-menerus, agar tidak mengganggu rutinitas serta kinerja Anda. 

Apabila masih memiliki pertanyaan mengenai olahraga atau masalah kesehatan lain, jangan sungkan untuk bertanya kepada dokter melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[NWS/RS]

0 Komentar

Belum ada komentar