Sehat dan Bugar

Cara Mudah Mencegah DVT Saat Naik Pesawat

dr. Nadia Octavia, 22 Des 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bagi kamu yang sering bepergian menggunakan pesawat, waspadai risiko deep vein thrombosis (DVT). Ini gejala dan cara mencegahnya.

Cara Mudah Mencegah DVT Saat Naik Pesawat

Bepergian jarak jauh selama berjam-jam menggunakan pesawat, seperti saat naik haji ke tanah suci, sering kali menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Lingkungan dalam kabin pesawat dapat menyebabkan sejumlah perubahan dalam tubuh kamu dan memicu berbagai keluhan, salah satunya adalah DVT.

Lakukan cara sederhana cegah DVT saat naik pesawat agar penyumbatan di pembuluh vena tidak terjadi. Dengan melakukan pencegahan DVT dalam penerbangan, kamu pun akan merasa lebih nyaman selama perjalanan.

Kenali DVT dan Gejalanya

Deep vein thrombosis (DVT) atau trombosis vena merupakan penyumbatan yang terjadi di pembuluh darah balik (vena). Biasanya terbentuknya bekuan darah di vena dalam berasal dari tungkai bawah, tetapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada daerah lain.

Kondisi ini cukup berbahaya karena dapat menyebabkan emboli paru dan meningkatkan risiko kematian. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui gejala dan cara mengatasinya. DVT dapat menyebabkan berbagai gejala, di antaranya:

  • Nyeri serta pembengkakan pada daerah betis
  • Pembengkakan pada kaki atau lengan (DVT juga bisa terjadi di lengan)
  • Kulit terasa hangat pada perabaan
  • Kemerahan di kulit

Artikel Lainnya: Berkenalan Lebih Jauh dengan DVT

Selain itu, ada beberapa golongan yang rentan mengalami DVT. Kamu lebih berisiko untuk mengalami trombosis vena apabila:

  • Usia di atas 40 tahun
  • Obesitas (BMI >30)
  • Memiliki riwayat operasi (dalam 3 bulan)
  • Memiliki riwayat penggunaan kontrasepsi yang mengandung estrogen
  • Sedang menjalani terapi hormon (semisal pada menopause)
  • Kehamilan atau baru melahirkan (dalam waktu 3 bulan)
  • Memiliki kanker atau sedang menjalani terapi kanker
  • Keterbatasan gerak kaki
  • Pemasangan kateter di pembuluh darah besar
  • Varises

Tips Mencegah DVT Saat Naik Pesawat

Sebagai pencegahan, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Hal utama yang perlu dilakukan adalah menghindari duduk lama di pesawat. Usahakan untuk sesekali berjalan dan menggerakkan kaki. Kamu juga bisa menggunakan stocking khusus sebagai upaya pencegahan DVT dalam penerbangan.

Duduk terlalu lama dapat membentuk sumbatan di pembuluh darah besar di kaki. Semakin lama kamu tidak bergerak, maka akan semakin tinggi risiko kamu terkena DVT.

Artikel Lainnya: Lakukan Ini agar Kamu Terhindar dari Risiko DVT

Jika kamu memiliki risiko DVT, sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter sebelum bepergian jauh. Jalani juga pola makan yang sehat, seperti mengurangi konsumsi makanan berlemak.

Berbagai studi menyebutkan bahwa makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans akan meningkatkan risiko seseorang mengalami DVT. Oleh sebab itu, cara sederhana untuk cegah DVT dapat dilakukan dengan menghindari jenis makanan tersebut.

Gerakan Sederhana untuk Mencegah DVT di Pesawat

Jika dibiarkan, DVT bisa menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti penyumbatan pada pembuluh darah di paru. Berikut beberapa gerakan sederhana yang dapat dilakukan sebagai upaya pencegahan DVT dalam penerbangan:

1. Hentakkan Kaki

Langkah pencegahan DVT yang pertama adalah menghentakkan kaki. Letakkan kaki sejajar dengan lantai, kemudian angkat seluruh jari kaki ke arah tubuhmu dan tahan selama beberapa detik. Turunkan kembali jari-jari kaki dan tumit kakimu di lantai, kemudian angkat tumit dan tahan selama beberapa detik.

2. Putar Pergelangan Kaki

Putar kedua pergelangan kakimu dari arah dalam ke luar, lakukan selama beberapa detik. Kemudian putar ke arah sebaliknya dari arah luar ke dalam, lakukan selama beberapa detik. Kamu juga dapat melakukan putaran seperti hendak membentuk huruf O. Ulangi selama beberapa kali.

Artikel Lainnya: Kiat Cegah DVT pada Ibu Hamil

3. Angkat Kedua Kaki Bergantian

Peregangan di pesawat yang dapat kamu lakukan selanjutnya adalah mengangkat kedua kaki bergantian. Jika terdapat ruang yang cukup di depan kamu, naikkan kaki kiri dari lantai. Luruskan secara perlahan, kemudian letakkan kembali di lantai. Ulangi pada kaki yang kanan.

Alternatif lainnya jika ruang di depan kamu sempit, angkat lutut kirimu ke arah dada, kemudian letakkan kembali di lantai. Ulangi pada kaki yang kanan.

4. Tekuk Kedua Lutut

Tekuk kaki kamu dan peluk kedua lutut sedekat mungkin dengan dada. Jaga punggung tetap lurus dan tahan selama beberapa detik. Kamu juga bisa melakukan bergantian pada masing-masing lutut. Ulangi selama beberapa kali.

Gerakan-gerakan di atas bisa dilakukan untuk mencegah DVT saat naik pesawat. Tak hanya naik pesawat, setiap orang yang bepergian dengan mobil, bus, atau kereta selama lebih dari 4 jam dapat berisiko mengalami DVT.

Demikian hal-hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya deep vein thrombosis (DVT). Lakukan gerakan pencegahan DVT dalam penerbangan di atas agar kamu terhindar dari trombosis vena.

Jika kamu merasakan nyeri atau kesemutan pada kaki sebelum atau sesudah penerbangan, jangan segan untuk berkonsultasi kepada dokter. Kamu juga bisa berkonsultasi langsung dengan dokter melalui layanan Tanya Dokter. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang supaya bisa #JagaSehatmu selalu!.

[RS]

DVTpembekuan darahNaik PesawatDeep Vein Thrombosis

Konsultasi Dokter Terkait