Sukses

Malas Gosok Gigi? Waspada Masalah Kesehatan Ini!

Beragam masalah gigi dan mulut akan muncul jika Anda malas menggosok gigi. Simak apa saja, yuk!

Menggosok gigi secara teratur penting untuk dilakukan sedini mungkin. Pasalnya, kesehatan mulut tak hanya berdampak pada kesehatan gigi dan mulut, tapi juga bisa memengaruhi bagian tubuh lainnya. Jika selama ini Anda termasuk malas menggosok gigi, bersiaplah jika suatu hari Anda terkena berbagai gangguan kesehatan.

American Dental Association (ADA) menyarankan Anda untuk menggosok gigi dua kali sehari selama dua menit, dengan menggunakan bulu sikat yang lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride. Pastikan juga untuk menggosok gigi dengan cara yang tepat, guna menghilangkan sisa-sisa makanan yang menempel. 

Tak sedikit orang yang mengabaikan kebersihan gigi, misalnya sikat gigi sebelum tidur, dengan alasan capek atau malas. Padahal, sikat gigi tak membutuhkan waktu lama, lho, jika dibandingkan dengan risiko terjadinya gangguan gigi dan mulut. 

Artikel Lainnya: Mengapa Sakit Gigi Bisa Memicu Sakit Kepala?

1 dari 2 halaman

Malas Sikat Gigi, Waspada Berbagai Gangguan Mulut Ini

Tak percaya bahwa kebiasaan malas menggosok gigi bisa sebabkan berbagai gangguan mulut? Baca penjabarannya di bawah ini.

  1. Bau Mulut

Hampir semua orang tahu bahwa malas menggosok gigi bisa bikin bau mulut. Selain membuat diri sendiri tak nyaman, orang-orang di sekitar pun akan merasakan efeknya.  

Bau mulut disebabkan adanya senyawa volatile sulfur compound. Senyawa ini berasal dari interaksi bakteri mulut dalam kondisi gigi yang kotor. Senyawa ini akan bercampur dengan sisa makanan sehingga menyebabkan bau mulut tak sedap. Menggosok gigi akan membantu mengatasi proses tersebut. 

  1. Munculnya Noda Gigi 

Terus-terusan malas menggosok gigi bisa membuat gigi berubah warna jadi kuning. Hal ini dapat terjadi karena sifat pewarna makanan dan minuman yang dikonsumsi menempel pada plak. Lama-kelamaan akan menyebabkan perubahan warna pada gigi yang tidak bisa dihilangkan dengan sikat gigi saja.

Artikel Lainnya: Otak Tak Mampu Bedakan Sumber Rasa Sakit Gigi, Mengapa?

  1. Karang Gigi

Karang gigi terbentuk akibat plak gigi yang mengeras, sehingga harus dibersihkan dengan bantuan dokter gigi dengan cara scaling. Plak gigi muncul karena sisa makanan dan protein yang bercampur dengan bakteri mulut.

Jika karang gigi dibiarkan terus-menerus, ini dapat menyebabkan radang gusi yang disebut gingivitis. Radang gusi yang ringan biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Tapi jika dibiarkan, radang gusi akan menyebabkan gusi mudah berdarah saat terkena sikat gigi. Kondisi ini bisa berujung pada penyakit gusi yang lebih serius. 

  1. Gigi Berlubang

Salah satu akibat malas menggosok gigi adalah munculnya masalah gigi berlubang. Pasalnya, sisa makanan yang dibiarkan menempel di sela-sela gigi akan menjadi rumah bagi kuman. 

Jika kondisi ini berlangsung dalam waktu yang lama, maka bisa memicu kerusakan pada permukaan gigi dan gigi pun jadi berlubang. Gigi berlubang juga dapat menyebabkan bakteri masuk menginfeksi organ tubuh lainnya.

  1. Penyakit Jantung

Menurut American Heart Association, adanya penyakit gusi dapat memperburuk tekanan darah dan juga mengganggu pengobatan untuk hipertensi. Oleh karena itu, disarankan untuk menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit, karena dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. 

  1. Infeksi Paru-Paru

Secara tidak langsung paru-paru juga bisa terdampak akibat kebiasaan malas sikat gigi. Gigi berlubang dan penyakit gusi mengandung kuman yang dapat menyebar ke paru-paru. 

Selain itu, obat-obatan untuk masalah paru dapat memicu gangguan pada mulut. Biasanya mulut akan menjadi kering, sehingga menyebabkan noda pada gigi dan rusaknya lapisan enamel gigi. 

  1. Kanker Hati

Menurut United European Gastroenterology Journal, keadaan gigi dan mulut yang buruk dan tidak terawat dapat meningkatkan 75 persen risiko terkena kanker hati.

Dengan berbagai risiko yang telah disebutkan di atas, rasanya apa yang Anda pertaruhkan dari malas menggosok gigi sungguh tak sepadan. Oleh karena itu, jagalah kesehatan gigi dan mulut dengan rajin menggosok gigi dua kali sehari selama dua menit, yaitu pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur. 

Jangan lupa juga untuk rutin kontrol ke dokter gigi minimal enam bulan sekali. Untuk info sehat lainnya, yuk unduh aplikasi KlikDokter!

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar