Sukses

Manfaat Olahraga Bela Diri untuk Anak

Jangan salah, olahraga bela diri ternyata juga baik untuk anak-anak. Apa saja manfaat bela diri untuk anak?

Olahraga memiliki banyak sekali cabang dan jenisnya. Salah satunya adalah bela diri. 

Meski kerap dikaitkan dengan kekerasan, olahraga bela diri sebenarnya menyimpan segudang manfaat, apalagi untuk tumbuh kembang anak. Jadi jangan khawatir jika anak ingin bergabung dengan olahraga ini.

Apalagi olahraga bela diri tak hanya bermanfaat untuk kesehatan jasmani tetapi juga kesehatan mental atau psikologis. Berikut adalah sepuluh manfaat bela diri untuk anak Anda:

  1. Tubuh Lebih Bugar

Menurut Persatuan Dokter Anak Amerika Serikat (AAP), setiap harinya anak-anak setidaknya membutuhkan waktu 60 menit untuk beraktivitas fisik seperti olahraga. Durasi tersebut tidak harus dilakukan dalam satu waktu, tetapi boleh terbagi dalam sehari. Salah satu olahraga yang disarankan adalah bela diri.

Artikel Lainnya: Olahraga Bela Diri untuk Anak, Perlukah?

Latihan bela diri dapat memenuhi kebutuhan aktivitas fisik anak, membakar kalori, menyehatkan jantung, meningkatkan stamina, serta memperkuat kekuatan otot dan tulang. Jika dilakukan secara rutin dan tepat, olahraga bela diri akan membuat anak lebih bugar dan sehat.

  1. Mengontrol Berat Badan

Manfaat olahraga bela diri untuk anak lainnya adalah dapat mengontrol berat badan. Dengan majunya era teknologi seperti sekarang, banyak orang tua yang membiarkan anaknya sibuk dengan gadget sehingga menjadi malas beraktivitas.

Tentunya hal ini akan meningkatkan risiko anak menjadi kegemukan atau obesitas. Dengan bela diri, anak akan lebih aktif secara fisik sehingga dapat membakar kalori dan mengontrol berat badannya. 

  1. Melatih Kemampuan Motorik

Kemampuan motorik halus dan kasar merupakan bagian dari tumbuh kembang anak. Dengan latihan bela diri, anak dilatih gerakan-gerakan yang mengembangkan kemampuan motoriknya seperti koordinasi, peregangan otot, keseimbangan, dan kekuatan. 

  1. Mampu Membela Diri

Tidak jarang anak menjadi target kejahatan karena dianggap tidak berdaya. Meskipun pelatihan bela diri tidak serta-merta membuat anak mampu mengalahkan penjahat, namun setidaknya ia mampu membaca situasi yang dapat membahayakan dirinya. Dengan demikian, anak bisa melakukan tindakan pencegahan dengan bela diri.

Artikel Lainnya: Mengajarkan Bela Diri untuk Anak Sejak Balita, Apakah Baik?

  1. Meningkatkan Disiplin dan Komitmen

Selama pelatihan, anak ditempa untuk menjadi disiplin dan berkomitmen. Kebiasaan-kebiasaan seperti diwajibkan datang tepat waktu, tidak bercanda saat latihan, atau memakai seragam latihan akan membentuk kepribadian anak yang lebih disiplin. 

Selain itu, bela diri juga melatih anak untuk fokus dalam melakukan segala sesuatu. Inilah manfaat bela diri untuk anak yang jarang disadari. 

  1. Memiliki Rasa Hormat

Rasa hormat adalah landasan dalam olahraga ini, meskipun banyak kegiatan fisik seperti memukul, menendang, atau membanting. Anak dilatih untuk menghormati guru, kawan, atau bahkan lawan sebelum melakukan latihan atau pertandingan.

  1. Belajar Percaya Diri

Manfaat bela diri untuk anak yang selanjutnya adalah percaya diri. Anak yang mengikuti olahraga bela diri biasanya menjadi percaya diri. Itu karena selama pelatihan, anak mendapatkan motivasi dan dorongan untuk percaya pada dirinya sendiri agar bisa berhasil. 

Artikel Lainnya: Kapan Anak Boleh Ikut Olahraga Bela Diri? 

  1. Melatih Kemampuan Bersosialisasi

Latihan bela diri biasanya dilakukan secara berkelompok. Hal ini mendorong anak untuk dapat bertemu dengan teman-teman baru di luar lingkungan sekolah sehingga melatihnya untuk dapat bersosialisasi dengan orang baru.

  1. Mengontrol Emosi Lebih Baik

Meskipun punya kemampuan bela diri, selama pelatihan anak diajarkan agar tidak menjadi sombong dan sebisa mungkin menghindari masalah yang berkaitan dengan perkelahian. Selain itu, saat bertanding anak juga diajarkan agar tenang dan mengatur emosi agar dapat membaca situasi lebih baik.

  1. Mengurangi Stres

Bela diri merupakan bagian dari olahraga. Olahraga adalah aktivitas yang dapat melepas hormon endorfin, sehingga melakukan olahraga akan meningkatkan suasana hati serta membuat anak lebih gembira. 

Itulah sepuluh manfaat bela diri untuk anak. Tak hanya dapat membuat tubuh anak lebih bugar, olahraga bela diri juga membantu anak untuk lebih disiplin, percaya diri, dan mudah bersosialisasi. Jadi, jangan ragu untuk mengajak anak latihan bela diri sejak dini!

[FY/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar