Sukses

8 Makanan Ini Bikin Tidur Anda Lebih Nyenyak

Ingin tidur lebih nyenyak malam ini? Cobalah konsumsi delapan makanan sehat berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Lagi-lagi Anda bangun dengan raut wajah yang tidak segar. Ya, bagaimana tidak? Semalaman Anda sulit untuk tidur dan sekalinya bisa tidur, kualitasnya kurang baik. Anda pun disarankan untuk melakukan seperti olahraga dan lain sebagainya agar tidur lebih nyenyak. Namun sebenarnya, solusi untuk mendapatkan tidur yang berkualitas sangatlah sederhana, yakni dengan memperbaiki pola makan.

Dilansir Oprahmag.com, mengonsumsi lebih banyak magnesium atau melatonin yang bisa didapat dari beberapa jenis kacang dan oat dapat membantu Anda mengantuk secara alami pada malam hari. Berikut makanan lainnya yang bisa membantu Anda tidur nyenyak:

1. Kacang walnut

Kacang memiliki kandungan melatonin yang tinggi. Melatonin itu sendiri merupakan hormon yang meningkatkan ritme sirkadian tubuh serta mengoptimalkan Anda untuk terjaga pada siang hari dan mengantuk pada malam hari. Sebaiknya Anda mengonsumsi kacang walnut (atau bisa juga kenari) dua jam sebelum tidur untuk membantu tubuh lebih rileks.

2. Buah zaitun

Makanan kaya lemak sehat, seperti zaitun, kacang, dan alpukat, adalah kudapan malam hari yang luar biasa yang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, mereka juga membantu menstabilkan kadar gula darah.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Salmon

Sama seperti zaitun, salmon juga kaya akan lemak sehat yang bisa membuat Anda tertidur pulas. Salmon juga mengandung melatonin dan triptofan sebagai asam amino yang berfungsi sebagai “alat bantu tidur”. Sebab, triptofan mampu mengirim sinyal ke tubuh supaya lebih rileks.

4. Biji bunga matahari

Biji bunga matahari atau kuaci mengandung 7 gram karbohidrat kompleks, 7 gram protein, dan merupakan sumber magnesium yang sangat baik dalam mengatur kualitas tidur. Tak heran, magnesium sering dianggap sebagai mineral relaksasi dan dapat mencegah kram otot serta sakit kepala yang mungkin membuat Anda terjaga pada malam hari.

5. Oatmeal

Ya, mengonsumsi oatmeal pada malam hari dapat membantu mengatur siklus tidur dengan baik karena gandum yang satu ini mengandung melatonin, triptofan, dan karbohidrat kompleks. Nah, supaya rasanya lezat dan manfaatnya terasa maksimal, bisa juga, kan, Anda mencampurkannya dengan buah ceri dan kacang kenari?

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

6. Kelapa muda

Sama seperti biji bunga matahari, kelapa muda, terutama airnya, merupakan sumber magnesium yang baik untuk mengatur pola istirahat. Sehabis minum air kelapa muda, pasti Anda akan merasakan tubuh yang lebih rileks dan siap untuk tertidur pulas.

7.  Alpukat

Tak hanya mengandung lemak sehat, alpukat juga mengandung magnesium yang bisa membuat tubuh Anda lebih rileks dan terhindar dari ketegangan otot. Supaya manfaatnya diterima dengan maksimal, sebaiknya jangan mencampurkan alpukat dengan bahan pemanis buatan lainnya, ya!

8. Daging ayam

Meski daging ayam mengandung triptofan yang fungsinya sudah dijelaskan di atas, sebaiknya hindari menyantap daging ayam berkulit dan juga digoreng secara deep fried, ya. Pasalnya, menggoreng ayam dengan cara seperti itu hanya akan merusak gizinya dan menumpuk lemak tak sehat pada tubuh. Jadi, pilihlah dada ayam dan jangan digoreng.

Itulah 8 makanan yang bisa membikin Anda tidur lebih nyenyak pada malam hari. Yang perlu diingat, sebaiknya konsumsi aneka makanan tersebut 2 jam sebelum tidur dan dengan porsi yang cukup. Karena jika Anda mengonsumsinya hanya beberapa menit sebelum tidur dan dengan porsi yang banyak pula, Anda malah akan mengalami gangguan pencernaan yang membuat Anda kesulitan tidur lagi.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar