Sukses

Kenali Penyebab Anak Tak Mau Sekolah

Perubahan perilaku anak sering kali bikin orang tua khawatir, apalagi sampai membuat anak tak mau sekolah. Apa penyebabnya?

Klikdokter.com, Jakarta Beberapa waktu belakangan Anda mendapati anak merasa enggan pergi ke sekolah, mencari-cari alasan untuk bolos, hingga pada akhirnya ia dengan lantang mengatakan, “Aku tidak mau lagi pergi ke sekolah!”. Mendengar respons tersebut, tentu saja Anda kaget dan bertanya-tanya tetang penyebab anak sampai tak mau sekolah. Meski ada orang tua yang khawatir dan panik, tapi ada juga orang tua yang memaklumi tersebut, apalagi jika si Kecil baru masuk sekolah.

Dua faktor penyebab anak tak mau sekolah

Umumnya, ada dua faktor kenapa anak tak ingin pergi ke sekolah, yaitu:

  1. Faktor internal

Faktor internal ini datang dari diri anak sendiri, misalnya ia tak enak badan, kelelahan, atau sedang merasa bosan dan malas. Jika anak sedang sakit, wajar saja bila ia tidak bersemangat untuk pergi ke sekolah. Namun, jika alasannya adalah malas, maka Anda sebagai orang tua tak boleh membiarkannya.

Lakukan pendekatan kepada anak dengan penuh kasih sayang dan beri ia motivasi. Hindari memarahi anak karena justru akan membuatnya merasa terintimidasi.

  1. Faktor eksternal

Faktor eksternal ini terbagi jadi dua. Pertama, ada kemungkinan anak mengalami paksaan di rumah atau di sekolah. Ia merasa bahwa pergi ke sekolah merupakan sebuah keharusan karena paksaan dari orang tuanya. Ia juga bisa merasa bahwa jam sekolah mengganggu jam main mereka dan menganggap sekolah membosankan. Jika anak terlihat seperti ini, ingat, jangan langsung memarahinya.

Di sekolah, terkadang anak merasa bahwa guru-gurunya galak atau tidak memberikan metode pengajaran yang sesuai, atau bisa juga komunikasi antara guru dan anak cenderung memerintah. Hal-hal seperti bisa membuat anak tidak nyaman dengan proses belajar karena ia merasa guru-gurunya di sekolah menakutkan.

Faktor eksternal kedua bisa diakibatkan karena anak tidak merasa nyaman dengan lingkungan baru. Ingat, tidak semua anak bisa beradaptasi dengan baik dan cepat di lingkungan baru. Terkadang, anak merasa malu dan butuh waktu lebih lama untuk mengenali lingkungan barunya.

Sekolah merupakan tempat pendidikan formal yang mereka dapatkan, yang lingkungan ini jauh berbeda dengan lingkungan rumah. Di sekolah, selain mereka dihadapkan dengan guru dan anak lain seusianya, mereka pun juga harus beradaptasi dengan aturan-aturan di sekolah seperti belajar menyimak ketika guru menjelaskan di depan kelas, harus sabar menunggu jam bermain dan jam makan, dan lain-lain.

1 dari 2 halaman

Cara mengatasi perilaku anak yang tak mau sekolah

Jika anak mulai menunjukkan keengganan untuk pergi sekolah berkali-kali, coba lakukan tips di bawah ini.

  1. Berikan penjelasan mengenai sekolah

Jelaskanlah kepada anak mengenai pentingnya sekolah sejak dini. Beri tahu ia bahwa sekolah itu tempat menyenangkan untuk belajar dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Anda bisa mengajak anak untuk main sekolah-sekolahan di rumah sehingga ia memiliki pandangan berbeda yang menyenangkan tentang sekolahnya.

  1. Berikan motivasi

Ketika si Kecil mulai bosan dan malas pergi ke sekolah, berikan ia motivasi, tapi hindari untuk memarahinya. Tanyakan kepada anak ingin jadi apa dia kelak dan jelaskan apa saja yang diperlukan untuk menggapai cita-citanya tersebut. Beri ia pengertian dengan penuh kasih sayang bahwa untuk meraih cita-citanya, salah satu fondasi pentingnya adalah dengan giat belajar di sekolah.

Selain memberikan motivasi, tanyakan anak mengenai apa saja yang ia lakukan di sekolah. Apakah ada anak yang selalu usil, bagaimana cara guru mengajar di sekolah, apa permainannya saat jam istirahat, dan lain-lain. Jika memang ada kendala, ajak ia bersama-sama mencari jalan keluar untuk mengatasi hal tersebut. Jika diperlukan, libatkan guru wali kelasnya di sekolah.

  1. Ajak ia untuk bersosialisasi

Anda bisa merangsang anak untuk lebih aktif belajar mengenal lingkungan yang baru, sehingga ia bersosialisasi dengan baik. Jangan lupa untuk terus membangun komunikasi yang baik dan efektif antara Anda dan anak. Dengan komunikasi yang baik, si Kecil akan bisa beradaptasi dengan lebih mudah di lingkungannya, serta bisa lebih percaya diri untuk mengekspresikan diri di depan umum.

Jika anak tak mau sekolah, jangan sampai orang tua memaksanya secara berlebihan karena ini justru membuatnya tertekan. Cari tahu penyebab anak enggan pergi ke sekolah dan lakukan kiat di atas supaya anak kembali bersemangat belajar di sekolah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan guru atau minta bantuan psikolog anak jika diperlukan.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar