Kesehatan Mental

4 Jenis Gangguan Jiwa yang Bisa Muncul Akibat Kesepian

dr. Nadia Octavia, 01 Nov 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hati-hati, kesepian ternyata dapat menimbulkan gangguan jiwa pada orang yang mengalaminya, seperti depresi, gangguan makan, hoarding disorder, hingga gangguan kecemasan sosial.

4 Jenis Gangguan Jiwa yang Bisa Muncul Akibat Kesepian

Pindah ke lingkungan baru, kultur baru atau tempat yang asing membuat seseorang dapat mengalami kesepian. Selain itu, ditinggal orang terkasih dan dikucilkan dari pergaulan juga dapat menimbulkan hal yang sama. Bila kondisi ini dibiarkan begitu saja, maka gangguan jiwa risikonya.

Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan jiwa yang mungkin terjadi bila Anda berlarut-larut dalam kesepian:

1. Depresi

Seperti dilansir oleh Mayo Clinic, memiliki hubungan sosial yang baik dengan orang lain sangat diperlukan, terutama ketika Anda sedang mengalami masalah. Dukungan sosial bisa berasal dari keluarga, teman atau kerabat Anda. Orang yang tidak memiliki dukungan sosial (terisolir dari lingkungan sosial) akan merasa pesimis dalam menghadapi masalah hidup, tidak bersemangat dan bisa berujung pada depresi.

Bahkan, menurut studi yang dilakukan oleh Duke University Medical Center, orang yang kesepian, depresi dan terisolir dari lingkungan sosial mengalami risiko 3 – 5 kali lebih tinggi mengalami kematian dini dibandingkan dengan orang yang memilki dukungan sosial yang baik.

2. Gangguan cemas sosial

Dampak kesepian juga bisa membuat penderitanya mengalami gangguan cemas. Seseorang yang mengalami gangguan cemas sosial atau social anxiety merasa tidak nyaman jika bertemu atau berinteraksi dengan orang lain. Orang yang mengalami kesepian bisa berujung pada gangguan cemas sosial karena mereka tidak tahu bagaimana harus berbicara atau berdiskusi dengan orang lain.

Orang yang kesepian juga cenderung menarik diri dari lingkungan sosial, sehingga akan merasa bahwa ia tidak diinginkan atau tidak berharga untuk orang lain. Dalam bentuk yang ekstrem, gangguan jiwa ini dapat menyebabkan orang yang mengalaminya tidak mau keluar rumah dan bertemu orang sama sekali. Tentunya jika dibiarkan, hal ini dapat mengganggu kesehatan mental.

3. Hoarder alias penimbun barang

Hoarding Disorderalias penimbun barang merupakan suatu gangguan perilaku yang ditandai dengan sulit menyingkirkan barang-barang dan memiliki kegemaran menimbun barang, sehingga dapat menimbulkan gangguan emosi, fisik dan sosial.

Hoarder sendiri merupakan bagian dari gangguan perilaku obsesif kompulsif. Seseorang yang kesepian akan cenderung mencoba mengisi kehampaan hidupnya dengan menimbun barang-barang yang sering kali tidak dibutuhkan.

Bahkan, The International Obsessive-Compulsive Disorder Foundation menyebutkan bahwa kesepian merupakan penyebab utama seseorang menjadi hoarder, yang kemudian memicu terjadinya gangguan emosi, fisik dan sosial.

4. Gangguan makan

Perasaan kesepian dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental. Bahkan, studi yang dilakukan oleh Brigham Young University melaporkan bahwa kesepian dapat berdampak buruk bagi kesehatan, sama seperti merokok 15 batang sehari.

Menurut studi yang dipublikasikan di the Journal of Psychology Interdisciplinary and Applied pada tahun 2012, terdapat hubungan antara gangguan makan dengan kesepian.

Ketika seseorang mengalami kesepian, ia cenderung akan menjadikan suatu hal sebagai pelarian untuk menghalau perasaan sepi dan hampa. Hal tersebut bisa berupa olahraga, seks, alkohol, termasuk juga makanan.

Banyak orang yang mengalami kesepian menjadikan makanan sebagai pelarian, sehingga mengalami gangguan makan seperti binge eating disorder, perilaku makanan kompulsif anoreksia nervosa atau bulimia. Mereka menjadikan makanan sebagai “teman” yang dapat menenangkan dan menghilangkan perasaan kesepian.

Ternyata kesepian yang berlarut-larut bisa memicu terjadinya beberapa gangguan jiwa seperti yang telah dijelaskan di atas. Jadi, jangan sepelekan perasaan kesepian. Carilah orang yang bisa diajak berbagi dan dapatkan dukungan sosial dari orang-orang terdekat saat mengalami masalah.

Jika kamu ingin berkonsultasi langsung pada psikolog, kamu bisa chat online psikolog 24 jam di aplikasi KlikDokter. Yuk, download aplikasi KlikDokter sekarang!

[NP/ RVS]

Gangguan JiwakesepianGangguan CemasDepresiHoarderGangguan Makan Binge Eating Disorder

Konsultasi Dokter Terkait