Kehamilan

Meghan Markle Tetap Yoga Saat Hamil, Ini Manfaatnya!

Rieke Saras, 31 Okt 2018

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Hamil tak menjadi halangan bagi Meghan Markle untuk beryoga. Ia tetap melakukannya untuk alasan ini.

Meghan Markle Tetap Yoga Saat Hamil, Ini Manfaatnya!

Bagi Meghan Markle, yoga adalah bagian dari dirinya. Ia bahkan sudah berlatih yoga dengan ibunya sejak usia tujuh tahun. Dan saat hamil pun, Duchess of Sussex ini tetap rajin beryoga.

Ketika mengunjungi Australia bersama Pangeran Harry, Meghan mengatakan hal tersebut kepada seorang warga Australia bernama Charlotte Cornell (yang juga sedang hamil!).

“Meghan mengatakan kepada saya kehamilannya membuat dirinya seperti jet lag,” ujar Cornell, seperti dikutip Women’s Health. “Ia bilang dirinya bangun jam 4:30 pagi dan melakukan yoga di kamarnya, karena tidak bisa tidur.”

Sebenarnya, apa saja manfaat yoga prenatal? Apakah memang bisa mengatasi kesulitan tidur, seperti yang dialami oleh Meghan?

Manfaat yoga prenatal

Yoga prenatal adalah yoga yang didesain untuk Anda yang sedang hamil. Ada banyak manfaat yang didapat dengan melakukan yoga saat berbadan dua. Dikutip American Pregnancy Association, ini manfaat dari yoga prenatal:

  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mengurangi stres
  • Menambah kekuatan, fleksibilitas, dan ketahanan
  • Mengurangi nyeri punggung bawah
  • Mengurangi mual
  • Mengurangi nyeri kepala
  • Membantu proses melahirkan.

Menurut Mayo Clinic, biasanya kelas yoga prenatal menekankan pada aktivitas-aktivitas berikut:

  • Pernapasan. Anda akan diajarkan untuk melakukan pernapasan yang baik dan benar. Hal ini akan membantu mengatasi napas pendek yang sering terjadi selama kehamilan.
  • Peregangan. Anda akan didorong untuk melakukan peregangan, seperti leher dan lengan. Pada yoga prenatal, tentu instruktur yoga akan menyesuaikannya dengan keadaan masing-masing ibu hamil.
  • Postur. Pose-pose yoga yang Anda lakukan akan membuat tubuh lebih kuat, fleksibel, dan seimbang. Alat penunjang seperti selimut, bantal, dan ikat pinggang dapat digunakan untuk memberikan dukungan dan kenyamanan.
  • Relaksasi. Pada akhir kelas yoga prenatal, Anda akan diminta untuk mengendurkan otot-otot dan mengistirahatkan detak jantung serta ritme pernapasan. Anda juga akan didorong untuk menyadari pernapasan, memperhatikan sensasi, pikiran, dan emosi. Atau mengucapkan mantra secara berulang yang membawa pada ketenangan batin.

Pedoman keselamatan dasar yoga prenatal

Yoga prenatal memiliki banyak sekali manfaat, mulai dari mengurangi rasa mual hingga membantu persalinan. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukannya. Berikut panduan keselamatan dasar untuk melindungi kesehatan Anda serta bayi selama yoga prenatal:

1. Izin dari dokter kandungan

Sebelum memulai program yoga prenatal, pastikan Anda telah mengantongi izin dari dokter kandungan Anda. Beberapa ibu hamil tidak diperbolehkan melakukan yoga prenatal, contohnya mereka yang berisiko mengalami persalinan prematur atau memiliki kondisi medis tertentu, seperti penyakit jantung. 

2. Buat tujuan yang realistis

Aktivitas fisik 30 menit per hari memang dianjurkan, tapi jika tidak kuat atau sedang sibuk, mengurangi frekuensi atau durasinya juga tidak masalah.

3. Tak perlu ngoyo

Jika Anda tidak dapat berbicara dengan normal saat melakukan yoga prenatal, itu artinya Anda terlalu memaksakan diri.

4. Tetap terhidrasi

Lakukanlah yoga prenatal di ruangan yang ventilasinya baik agar tidak terlalu kepanasan. Jangan lupa minum air yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

5. Perhatikan tanda-tanda pada tubuh

Apabila Anda merasakan nyeri, perdarahan pada vagina, gerakan janin berkurang atau kontraksi, segera hentikan latihan dan hubungi dokter.

Sudah siap, kan, melakukan yoga prenatal seperti Meghan Markle? Selalu perhatikan panduan keselamatan dasar yang telah dijelaskan agar Anda dan bayi terlindungi selama beryoga.

[RS/ RVS]

YogaYoga Prenatalyoga hamilMeghan Markle

Konsultasi Dokter Terkait