Sukses

Jangan Lakukan 5 Hal Ini pada Kulit Anda

Untuk menjaga kesehatan kulit, hindari melakukan beberapa hal berikut ini. Selain merusak penampilan, kulit Anda bisa terkena infeksi.

Klikdokter.com, Jakarta Kulit adalah organ terluar dan terluas dari tubuh manusia. Selain melindungi tubuh, kulit berfungsi untuk mempercantik penampilan. Sayangnya, sampai saat ini banyak orang yang masih melakukan kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

Pasalnya, jika kulit Anda tidak terpelihara dengan baik, segudang masalah kesehatan dapat muncul dan tentunya amat mengganggu. Terlebih lagi bila meninggalkan bekas luka atau noda dan merusak tampilan kulit.

Baik pria maupun wanita, pasti memiliki keluhan mengenai kondisi kulitnya, terutama pada kulit wajah. Hal tersebut dijelaskan oleh dr. Ellen Theodora kepada KlikDokter sebagai berikut.

“Permasalahan kulit di wajah masih menjadi keluhan yang paling sering ditemui, mulai dari jerawat, flek hitam, pori-pori membesar dan kulit tipis yang membuat pembuluh darah tampak jelas,” ujar dr. Ellen.

Oleh sebab itu, agar penampilan tetap prima, lakukan perawatan wajah dan kulit di seluruh tubuh secara rutin. Selain itu, hindari kebiasaan buruk yang dapat merusak penampilan kulit Anda.

Kebiasaan buruk yang merusak kulit

Kerusakan kulit bukan hanya terjadi karena faktor dari luar saja, tapi bisa dari Anda sendiri. Beberapa kebiasaan buruk berikut ini mungkin sering Anda lakukan tanpa sadar akan dampak yang dapat terjadi pada kulit.

  1. Menekan jerawat

Ketika jerawat membesar, Anda pasti merasa gemas ingin cepat-cepat menghilangkannya. Sebagian besar orang menekan jerawat hingga terkelupas untuk memperbaiki penampilannya.

Padahal, setiap kali Anda melakukan hal tersebut, kemungkinan risiko yang terjadi adalah infeksi kulit. Sebab, menekan jerawat dapat memperburuk peradangan dan bahkan menyebabkan jaringan kulit rusak.

  1. Menggunakan produk kecantikan abal-abal

Kulit Anda sangat berharga, halus, dan mudah teriritasi. Oleh karena itu, jangan pernah asal menggunakan produk kecantikan atau kesehatan kulit. Anda harus paham kandungan bahan dalam produk tersebut dan pastikan produk yang Anda pilih telah memiliki sertifikat aman dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).

Mengenal kecocokan kulit pada bahan-bahan tertentu sangatlah penting. Jika merasa ragu terhadap produk tertentu, diskusikan produk atau kebutuhan kulit Anda dengan dokter yang dapat menjelaskan pilihan produk aman dan efektif untuk semua jenis kulit.

  1. Menggaruk bekas luka

Menggaruk jerawat, komedo, gigitan serangga, atau lesi kulit secara berulang kali dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan seperti infeksi kulit. Kalau ini terjadi, maka bekas luka Anda akan semakin parah. Hal ini bisa dihindari jika luka dibiarkan terlebih dahulu dan diperlakukan dengan perawatan medis yang tepat.

  1. Mengabaikan benjolan di kulit

Jika Anda mengalami keanehan seperti adanya jerawat, sakit, atau cacat kulit lainnya yang tak kunjung sembuh, mungkin saja hal tersebut bukan jerawat. Munculnya kondisi ini sering mengarah pada gangguan yang lebih kompleks, contohnya diagnosis kanker kulit.

Jadi, jangan biarkan ini terjadi. Periksakan kulit tubuh secara teratur dengan dokter kulit bersertifikat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

  1. Menggunakan terlalu banyak sabun

Menggunakan semakin banyak sabun bukan berarti semakin baik untuk kulit. Sebab, kulit Anda adalah perlindungan tubuh dari dunia luar, sehingga kondisi yang sehat amatlah diperlukan. Ketika Anda menggunakan sabun terlalu banyak dan menanggalkan komponen alami pada kulit, risiko seperti infeksi, penyakit kulit dan kondisi lainnya bisa saja terjadi.

1 dari 2 halaman

Tips menjaga kesehatan kulit

Selain dengan menghindari kebiasaan buruk di atas, menjaga kesehatan kulit juga harus diimbangi dengan berbagai cara, salah satunya dengan memperhatikan asupan sehat ke dalam tubuh. Peran seperti vitamin C dan vitamin E sangat dibutuhkan untuk mengatasi masalah kulit yang mungkin terjadi.

Tak hanya itu, air putih juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sesuai dosis kebutuhan tubuh. Sayangnya, masih banyak masyarakat yang mengabaikan minuman satu ini. Padahal, terhidrasi secara cukup nyatanya ampuh dalam menjaga kelembapan kulit. Jika Anda kurang minum air putih, kerusakan kulit akan terjadi lebih cepat.

Minumlah air putih setidaknya 8 gelas dalam sehari, dimulai dari bangun tidur, selama beraktivitas, hingga malam hari sebelum tidur.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan kulit, salah satunya dengan menghindari kebiasaan buruk seperti yang telah dijelaskan di atas. Jadi, kendalikan diri Anda meski merasa gemas dengan jerawat atau bekas luka yang menempel di kulit. Lebih baik, atasi sesuai petunjuk dokter, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar