Sukses

5 Benda di Rumah Sakit yang Sebaiknya Tidak Anda Sentuh

Waspadalah untuk tidak menyentuh 5 benda ini saat di rumah sakit, jika tak ingin terpapar kuman-kuman berbahaya.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika berkunjung ke rumah sakit, kita dituntut untuk mengikuti beberapa aturan. Hal tersebut dimulai dari mematuhi jam besuk, dilarang berisik, dan lain-lain. Intinya, penting bagi Anda untuk tidak melanggar segala ketentuan barusan. Selain itu, pahami juga soal lima benda di rumah sakit yang sebaiknya tidak Anda sentuh. Pasalnya, benda-benda ini bisa saja memiliki kuman-kuman yang berbahaya.

Apa saja benda-benda tersebut? Simak penjabarannya di bawah ini.

  1. Tirai pembatas kamar

Berdasarkan penjelasan dalam Journal of Clinical Microbiology, bakteri, virus, dan mikroba dapat menempel pada hampir semua permukaan. Nah, satu benda yang tak disangka-sangka menyimpan banyak kuman adalah tirai pembatas kamar!

Penelitian terbaru yang dimuat di American Journal of Infection Control menemukan adanya kontaminasi dari sepuluh tirai pembatas kamar di rumah sakit, padahal mereka baru saja dicuci. Hanya dalam waktu dua minggu, hampir 90 persen tirai dinyatakan positif memiliki bakteri mematikan.

  1. Rel tempat tidur

Menurut penelitian, bakteri dan mikroba lainnya dapat hidup berminggu-minggu pada baja tahan karat dan permukaan keras lainnya di rel tempat tidur rumah sakit. Bakteri tersebut dapat bertahan selama hampir satu tahun, dan bakteri penyebab diare Clytridium difficile dapat hidup berbulan-bulan.

Terlebih, rel tempat tidur merupakan bagian yang jarang dibersihkan oleh petugas kebersihan rumah sakit. Jadi pastikan untuk membersihkan permukaan rel tempat tidur ini dengan rutin. Anda bisa meminta tolong keluarga atau teman untuk melakukannya.

  1. Meja kecil untuk makan

Meja kecil yang bisa digeser dan berguna ketika Anda makan, juga dianggap riskan membawa penyakit. Tapi, paparan terhadap bakteri dan mikroba lainnya ini dapat Anda minimalkan dengan mencuci tangan sebelum makan. Atau dengan menggunakan hand sanitizer.

  1. Tombol lift

Dokter, perawat, dan staf kesehatan lainnya selalu menggunakan lift. Setiap kuman yang ada di tangan mereka, dapat berpindah ke tombol elevator. Ketika peneliti meninjau 48 tombol lift yang berbeda untuk sebuah studi di jurnal Antimicrobial Resistance & Infection Control, mereka menemukan bahwa lebih dari sepertiga terkontaminasi oleh bakteri MRSA.

Bakteri penyebab penyakit lainnya yang ditemukan adalah E. coli dan Acinetobacter bug, penyebab pneumonia dan meningitis. Tombol lift dianggap sebagai salah satu aspek yang terabaikan di rumah sakit karena sering tak dibersihkan, sehingga berpotensi mengumpulkan bakteri.

  1. Kursi pengunjung

Ketika keluarga dan teman-teman datang berkunjung, mintalah mereka untuk menyeka kursi pengunjung dengan tisu disinfektan sebelum duduk. Para peneliti yang mempelajari perabotan dan peralatan rumah sakit menemukan bahwa bakteri Enterococci sebagai penyebab infeksi luka yang sulit disembuhkan atau infeksi saluran kemih, sering ditemukan pada titik ini.

Bagi Anda yang hendak membesuk keluarga atau teman di rumah sakit, ingatlah untuk tidak menyentuh lima benda tersebut. Selalu jaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan setelah memegang benda-benda tersebut. Praktik mencuci tangan bermanfaat untuk mencegah masuknya bakteri dan mikroba lain ke dalam tubuh Anda. Jika ingin lebih praktis, Anda juga bisa membawa hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar