Sukses

Mood Menurun Saat Hujan? Ini Solusinya!

Turunnya hujan sering kali merusak mood. Bagaimana cara memperbaiki mood yang turun saat musim hujan? Yuk, ketahui solusinya di sini.

Pernah merasakan turunnya mood ketika musim hujan? Ya, itu karena hujan memang dapat memberikan pengaruh terhadap suasana hati. Bahkan pada beberapa orang, hujan juga bisa menyebabkan mood rusak!

Menurut sebuah penelitian, hampir 9 persen orang termasuk ke dalam kategori “pembenci hujan”. Kelompok ini merasa marah dan kurang bahagia pada hari-hari dengan curah hujan lebih tinggi.

Hujan juga diketahui bisa memicu timbulnya rasa sedih. Kurangnya paparan sinar matahari bisa meningkatkan produksi melatonin sehingga Anda merasa mengantuk. Pada akhirnya, tubuh akan menghasilkan tingkat serotonin yang lebih rendah.

Padahal, serotonin adalah neurotransmitter yang pengaruhi mood, nafsu makan, tidur, serta hasrat seksual seseorang.

Jadi, masuk akal jika orang lebih bahagia saat cuaca hangat dan cerah daripada basah dan suram. Lantas, bagaimana cara memperbaiki mood saat mendung dan hujan? Yuk, kita sontek tipsnya berikut: 

Artikel lainnya: Mood Swing saat PMS, Apakah Berbahaya bagi Kesehatan?

1 dari 3 halaman

1. Tetap Nyalakan Lampu agar Terang

Kurangnya cahaya dapat menurunkan serotonin. Itu sebabnya, tingkatkan mood musim hujan dengan tetap menyalakan lampu. Tindakan sederhana ini bisa membantu Anda tetap produktif dan semangat. 

2. Hindari Berdiam Diri di Kamar

Jika Anda pencinta hujan, yang akan dilakukan adalah pergi ke ranjang dan bersembunyi di balik selimut. Anda akan menikmati udara sejuk dan kegelapan dari balik selimut.

Namun, jika Anda mengalami perubahaan mood, sebaiknya hindari hal ini. Cobalah berjalan keluar ruangan. Meski cahaya tidak secara langsung terlihat, Anda masih akan mendapatkan paparan sinar ultraviolet.

Hal tersebut dapat membantu mengatur ritme sirkadian--yang mengatur siklus tidur-bangun pada--tubuh dan meningkatkan mood.

3. Lakukan Kegiatan yang Menyenangkan

Saat hujan dan suasana hati sedang buruk, Anda mungkin akan serba-malas untuk beraktivitas. Sebagai solusinya, lakukan hal-hal produktif yang bisa membuat tetap bersemangat.

Sebut saja, memasak bersama keluarga, membersihkan rumah, membaca buku, atau mengerjakan kerajinan tangan. Melibatkan orang lain untuk melakukan aktivitas seru bersama juga bisa membantu mood Anda.

Artikel lainnya: 8 Penyebab Anda Mengalami Mood Swing

2 dari 3 halaman

4. Olahraga Indoor

Selain menjaga kebugaran, olahraga juga dapat membangun dan mempertahankan suasana hati. Aktivitas fisik tersebut bisa meningkatkan endorfin yang memiliki efek positif pada suasana hati.

Pilihlah olahraga yang bisa dilakukan di dalam ruangan. Misalnya, sit-up, squat, senam aerobik, atau melakukan tarian seru bersama keluarga. 

5. Jangan Mengisolasi Diri

Anda sebaiknya tidak mengisolasi diri ketika hujan datang. Pasalnya, mengisolasi diri bisa membuat penurunan suasana hati menjadi lebih parah lagi.

Sebagai gantinya, Anda dianjurkan untuk tetap berkontak dengan orang lain. Dengan cara ini, mood menurun akibat hujan bisa sedikit meningkat.

6. Seks Mungkin Adalah Jawaban

Bagi pasangan yang sudah menikah, berhubungan seks ketika waktu hujan mungkin menjadi hal yang sangat menyenangkan. Selain memperbaiki suasana hati, Anda juga dapat menambah keharmonisan dengan pasangan. 

Jangan biarkan mood musim hujan yang buruk merusak hari Anda. Lakukan langkah-langkah di atas agar rasa tak bersemangat dan sedih tak terjadi berlarut-larut. Kalau tak kunjung berhasil, Anda bisa minta bantuan profesional.

Masih punya pertanyaan seputar penyebab mood buruk dan penanganannya? Jangan ragu tanyakan kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar