Sukses

Mood Menurun Saat Hujan? Ini Solusinya!

Beberapa orang mengalami perubahan mood ketika hujan turun. Apakah Anda salah satu yang seperti ini?

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda pernah merasakan gejolak di dalam dada ketika hujan turun? Ya, itu karena hujan memang dapat memberikan pengaruh terhadap mood. Bahkan pada beberapa orang, hujan juga bisa menyebabkan mood rusak, lho!

Menurut sebuah penelitian, hampir 9 persen orang termasuk ke dalam kategori “pembenci hujan”. Kelompok ini merasa marah dan kurang bahagia pada hari-hari dengan curah hujan lebih tinggi.

“Ketika hari mulai gelap, beberapa orang memiliki lebih banyak kerentanan untuk merasa kesepian atau mood-nya jatuh. Mereka merasakan kesedihan atau harga diri yang menurun ketika sedang hujan,” kata psikolog klinis dari San Francisco, Tecsia Evans, Ph.D.

Lalu, jika mood cenderung turun karena cuaca hujan, apa yang dapat dilakukan sebagai solusinya? Evans mengatakan: jika Anda tergoda untuk mematikan lampu dan merangkak ke tempat tidur saat hujan, buatlah pilihan untuk menyalakan lampu sebagai gantinya.

"Telah ada penelitian bahwa cahaya dapat meningkatkan serotonin, yang meningkatkan suasana hati," kata Evans.

Senada dengan itu, psikiater di NYC's Manhattan Neuropsychiatric, Julia Samton, MD., juga mengatakan bahwa cahaya dapat menjadi solusi penurunan mood saat hujan.

“Saya mendorong orang-orang untuk berjalan di luar ruangan, bahkan ketika itu dingin atau hujan. Meski cahaya tidak secara langsung terlihat, Anda masih akan mendapatkan paparan sinar ultraviolet. Ini dapat membantu mengatur ritme sirkadian tubuh dan meningkatkan mood Anda," ujar Samton.

Agar mood tetap baik

Saat hujan dan ketika mood sedang turun, Anda mungkin akan merasa malas untuk melakukan kegiatan. Sebagai solusinya, Anda dapat melakukan beberapa hal yang bisa membuat tetap semangat.

Disebutkan bahwa terlibat dalam kegiatan menyenangkan yang membuat Anda merasa lebih baik, seperti menonton film komedi, bermain game, aktivitas seni atau kerainan tangan, dan membaca buku adalah beberapa solusi yang dimaksud. Selain itu, demi mood tetap terjaga, lebih baik jangan tidur saat hujan datang.

"Ketika Anda merasa sedih, bangunlah. Saya mendorong orang untuk berolahraga, itu hal yang bagus. Ini memberi vitalitas kepada manusia, dapat berkontribusi terhadap harga diri, dan meningkatkan endorfin yang memiliki efek positif pada suasana hati. Anda bisa berolahraga lewat video di youtube, atau lakukan sit-up. Selain itu, Anda juga bisa melakukan tarian," ujar Samton.

Menambahi itu, Evans mengingatkan bahwa Anda sebaiknya tidak mengisolasi diri ketika hujan datang. Pasalnya, mengisolasi diri bisa membuat penurunan suasana hati menjadi lebih parah lagi. Sebagai gantinya, Anda dianjurkan untuk tetap berkontak dengan orang lain. Dengan cara ini, mood Anda yang menurun akibat hujan bisa sedikit mengalami peningkatan.

Jadi, jika Anda mengalami penurunan mood saat hujan datang, segera lakukan tindakan pencegahan agar keadaan tersebut tak terjadi berlarut-larut. Jangan biarkan sesuatu yang seharusnya menjadi anugerah malah mengacaukan suasana hati Anda.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar