Sukses

Awas, Sering Begadang Bisa Sebabkan Stroke!

Tahukah Anda bahwa orang yang sering begadang lebih rentan terkena stroke? Ini fakta medis selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda kerap merasa sulit berkonsentrasi ketika siang hari? Jika ya, mungkin Anda telah begadang malam sebelumnya. Kebiasaan ini harus segera diubah, karena begadang tak hanya menyebabkan keluhan mengantuk di siang hari, tapi juga bisa meningkatkan risiko stroke.

Dalam pembuktiannya, sebuah penelitian dilakukan dengan mengamati 470.000 partisipan berusia antara 7 hingga 25 tahun dari 8 negara. Penelitian yang dilakukan oleh profesor kedokteran jantung dan epidemiologi, Francesco Cappuccio, dan dosen ilmu klinis, Dr. Michelle Miller, mendapatkan kesimpulan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam per malam atau mengalami susah tidur memiliki kesempatan 48 persen lebih besar untuk mengalami kematian akibat penyakit jantung dan 15 persen lebih besar untuk terkena serangan stroke.

Memperkuat temuan tersebut, sebuah tinjauan dari 16 studi yang melibatkan 1,3 juta orang menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam memiliki kemungkinan 12 persen lebih tinggi untuk meninggal sebelum usia 65.

Tak berhenti di situ, studi baru dari American Heart Association juga mengatakan hal demikian. Disebutkan bahwa orang-orang dengan sindrom metabolik yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi untuk kehilangan nyawa akibat penyakit jantung dan stroke.

Mengapa kurang tidur bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke? Ini karena kurang tidur bisa mengubah area otak seperti hipotalamus dan sekresi hormon yang berpotensi meningkatkan nafsu makan. Kondisi ini merangsang sistem saraf simpatik yang kemudian meningkatkan tekanan darah. Akibatnya, terjadilah ketidakseimbangan dalam metabolisme dan regulasi glukosa tubuh.

1 dari 2 halaman

Solusi yang bisa Anda tempuh

Jika Anda tak ingin berakhir mengalami stroke atau kondisi mematikan lainnya, segera hentikan kebiasaan begadang mulai sekarang. Jika Anda begadang akibat sulit tidur, berikut ini beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

  • Hindari kafein berlebihan

Kafein yang Anda konsumsi akan membuat tubuh lebih aktif dan berenergi kurang lebih selama 8 jam lamanya. Jadi, jika Anda ingin merasa cepat mengantuk di malam hari, hindari konsumsi kafein mulai pukul 2 siang.

  • Relaksasi

Buatlah tubuh Anda relaks, khususnya ketika malam tiba. Untuk ini, Anda bisa mandi menggunakan air hangat, membaca buku, bermeditasi, atau memberikan wangi-wangian aromaterapi di kamar tidur.

  • Atur jadwal tidur dan bangun

Ingin bisa tidur? Atau ingin tidur lebih nyenyak dan berkualitas? Jika ya, pastikan Anda memiliki jam tidur dan bangun yang sama setiap hari, termasuk saat hari libur.

  • Hindari obat tidur

Hindari konsumsi obat tidur tanpa adanya anjuran dokter. Obat jenis ini tidak akan memberikan efek maksimal, apalagi bila digunakan secara sembarangan.

Yuk, hentikan kebiasaan begadang mulai sekarang! Jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga teratur, konsumsi makanan bergizi seimbang, serta hindari rokok maupun alkohol. Dengan ini semua, niscaya penyakit stroke dan kondisi berbahaya lainnya tak akan terjadi pada Anda.

[NB/ RVS]

2 Komentar