Sukses

Atasi Nyeri Punggung dengan Tips Makan Ini

Agar terapi fisik dan obat-obatan antinyeri bekerja maksimal, bantu pengobatan nyeri punggung dengan menjalani tips makan berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Mengalami nyeri punggung pasti sangat menyiksa. Selain rasa nyerinya bikin tidak nyaman, aktivitas sehari-hari pun terganggu karena tubuh terasa kaku. Untuk meredakan rasa sakit akibat nyeri punggung, terapi fisik dan minum obat bisa jadi pilihan. Tapi selain itu, imbangi juga dengan konsumsi makanan sehat agar obat yang dikonsumsi bekerja maksimal.

Pasalnya, nyeri punggung biasa disebabkan oleh adanya ketegangan dan peradangan. Itu berarti, dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa mengatasi peradangan, hal itu dapat mempercepat proses pemulihan nyeri punggung Anda.

Nah, penasaran makanan apa saja yang bisa mengatasi peradangan? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Padukan nabati dan omega-3

Dilansir Everyday Health, pola makan nabati yang mencakup biji rami dan biji chia adalah pilihan terbaik untuk menghindari peradangan. Terutama jika biji-bijian tersebut dikombinasikan dengan ikan air dingin yang kaya akan omega-3 seperti salmon, makerel, sarden, dan tuna. Kombinasi ini bisa mempercepat proses penyembuhan radang yang menyebabkan nyeri punggung.

Kacang-kacangan seperti kenari, almon, kacang polong, dan pecan juga bisa melengkapi diet antiinflamasi yang hendak Anda jalani. Jika ingin hasil yang maksimal, padukan dengan protein tanpa lemak, misalnya ayam atau kalkun.

  1. Coba konsumsi buah dan sayuran beraneka warna

Menurut ahli gizi Dana Greene, MS, buah dan sayuran berwarna selain hijau adalah bagian penting dari diet antiinflamasi. Jika Anda mencari makanan penuh nutrisi yang dapat mengurangi sakit punggung, cobalah beberapa makanan berikut:

  • Wortel
  • Bit
  • Ubi jalar
  • Ceri
  • Anggur
  • Delima
  • Semangka

Sementara itu, minyak zaitun, teh hijau, buah dan sayur berwarna cerah telah terbukti mengurangi peradangan pada tulang rawan di tulang belakang dan rasa kaku. Jika Anda tetap ingin mengonsumsi sayuran hijau, Anda bisa memilih brokoli, bayam, dan kale.

  1. Minum teh dan rempah-rempah

Jika Anda hobi minum teh, berbahagialah Anda. Pasalnya, teh hijau asli, teh oolong, dan teh putih bisa membantu menangani peradangan. Selain itu, berbagai jenis rempah juga berfungsi sebagai agen antiinflamasi, yaitu kayu manis, jahe, rosemary, bawang putih, oregano, dan kunyit.

Nah, bagi Anda yang sedang mengalami sakit punggung, masaklah makanan sehat dengan beberapa  bumbu rempah tersebut supaya proses penyembuhannya bisa berjalan lebih cepat.

  1. Hindari makanan yang digoreng dan berpengawet

Sebaiknya hindari makanan cepat saji yang digoreng karena mengandung lemak jenuh yang memicu peradangan tubuh. Makanan ringan yang diolah menggunakan minyak terhidrogenasi parsial dan berbahan pengawet, seperti kerupuk, keripik, atau kue kering, juga sebaiknya dihindari supaya peradangan tidak makin parah.

  1. Cukupi kebutuhan kalsium

Menurut dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, nyeri punggung bisa juga disebabkan oleh osteoporosis dan osteoartritis. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan kalsium supaya gejala nyerinya tidak semakin parah. Beberapa makanan yang mengandung kalsium, antara lain susu, yoghurt, keju, dan sayuran berdaun hijau.

Kendati demikian, Institute of Medicine (IOM) tetap merekomendasikan kepada masyarakat untuk tidak mengonsumsi kalsium lebih dari 2.000 miligram per hari, baik itu dari suplemen maupun makanan alami. Bahkan, remaja hanya membutuhkan 1.300 mg dan orang lansia hanya membutuhkan 1.000 mg. Mengonsumsi kalsium secara berlebihan malah meningkatkan masalah jantung.

Nah, itulah 5 tips makan yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan pengobatan yang telah diberikan oleh dokter. Selain menjalani terapi fisik, meminum obat, dan menerapkan diet antiinflamasi, sebaiknya hindari juga penyebab gangguan nyeri punggung lainnya.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar