Sukses

Makanan Ini Lebih Sehat Dimakan Mentah

Tahukah Anda, ada beberapa makanan yang ternyata lebih sehat jika dimakan dalam kondisi mentah? Apa saja? Simak daftar lengkapnya di sini.

Ada banyak cara mengolah makanan yang dinilai sehat, misalnya merebus ataupun mengukus. Namun, ada beberapa makanan yang justru lebih sehat ketika dikonsumsi mentah.

Kandungan nutrisi makanan mentah ini dianggap bisa lebih terjaga, karena tidak dimasak pada suhu panas. Lalu, apa saja makanan disarankan untuk dikonsumsi dalam kondisi masih mentah? Catat daftarnya berikut.

1 dari 5 halaman

1. Brokoli

Makanan mentah yang sehat pertama adalah brokoli. Saat mentah, brokoli mengandung 3 kali lipat lebih banyak sulforafan. Ini adalah kandungan dalam tumbuhan yang dapat memerangi kanker, dibandingkan brokoli matang.

Sulforafan juga dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan jantung, serta memberikan antioksidan yang mampu memperlambat penuaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Kelapa

Meminum air kelapa secara mentah dalam jumlah banyak dapat menggantikan kekurangan cairan tubuh. Minyak yang terdapat pada daging kelapa juga mengandung lemak sehat yang mampu menguatkan otak dan jantung.

Makanan mentah yang sehat ini sudah enak dan menyegarkan, sehingga bisa dimakan langsung. Memasaknya justru akan merusak manfaat sehatnya.

Artikel lainnya: Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dimakan Mentah

2 dari 5 halaman

3. Bawang Merah

Bawang merah mentah merupakan suatu agen anti-platelet, yang berkobtribusi terhadap pencegahan penyakit jantung. Keuntungan ini akan menurun apabila bawang merah dimasak.

Anda bisa memasukkan bawang merah mentah ke dalam roti lapis Anda untuk makan siang yang lebih sehat.

4. Bawang Putih

Kandungan sulfur di dalam bawang putih mentah memiliki kandungan anti-kanker. Namun, saat bumbu dapur beraroma kuat ini dimasak, sulfur di dalamnya akan mengurangi dan merusak kandungan anti-kanker tersebut.

Anda bisa mencampurkan bawang putih mentah yang dipotong dengan krim agar rasanya tidak terlalu kuat.

3 dari 5 halaman

5. Blueberry

Antioksidan polifenol yang terkandung di dalam blueberry lebih tinggi dibandingkan buah lainnya. Antioksidan diketahui berperan dalam melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Bersyukurlah apabila Anda lebih senang mengonsumsi blueberry secara mentah. Apabila blueberry dipanggang, seperti dalam pai atau memasaknya jadi selai, sebagian kandungan folifenol akan turun.

Artikel lainnya: Jangan Konsumsi Makanan Ini Saat Masih Mentah!

6. Paprika Merah

Kandungan vitamin C di dalam satu buah paprika merah tiga kali tinggi dibandingkan kebutuhan Anda dalam sehari. Tak hanya vitamin C, sayuran pedas ini juga sumber vitamin B6, vitamin E, dan magnesium yang baik.

Nah, dimakan mentah adalah cara terbaik mengonsumsi paprika merah. Memasaknya dengan suhu tinggi justru merusak sebagian nilai gizinya.

4 dari 5 halaman

7. Bit

Kandungan serat, folat dan vitamin C dalam bit akan menurun sebanyak 25% ketika dimasak. Anda dapat memasukkan bit bersama makanan lain, seperti salad atau dimasukkan ke dalam buah citrus agar lebih segar.

Bit tidak hanya menjadi makanan mentah yang sehat, tapi juga lezat ketika dikombinasikan dengan bahan makanan lain.

8. Kacang-kacangan

Meski mengandung kalori lebih tinggi dibandingkan makanan sehat lain, kacang merupakan sumber utama lemak sehat yang dapat menyeimbangkan diet Anda. Anda juga sekaligus dapat menjaga kesehatan pembuluh darah arteri.

Kabar baiknya, kacang mentah adalah cara terbaik untuk dikonsumsi agar kandungan zat besi dan magnesiumnya terjaga.

Itulah deretan makanan yang lebih sehat dimakan mentah. Sebelum mengonsumsinya, pastikan Anda sudah mencucinya di bawah air mengalir. Pada ibu hamil, hindari mengonsumsi makanan mentah untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi.

Jangan lewatkan informasi menarik seputar penyakit, nutrisi, dan gaya hidup hanya di aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar