HomeGaya hidupSehat dan Bugar8 Hal Penting yang Wajib Kamu Lakukan Saat Naik Pesawat
Sehat dan Bugar

8 Hal Penting yang Wajib Kamu Lakukan Saat Naik Pesawat

Krisna Octavianus Dwiputra, 09 Jan 2024

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ketika kamu bepergian menggunakan pesawat, saat itu juga ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui dan kamu lakukan saat naik pesawat, Simak selengkapnya disini.

8 Hal Penting yang Wajib Kamu Lakukan Saat Naik Pesawat

Pada Kamis (4/1/2024), aktor Christian Oliver dan kedua putrinya Madita Klepser dan Annik Klepser, masing-masing berusia 12 dan 10 tahun serta seorang pilot, meninggal dalam kecelakaan pesawat dekat pulau Karibia.

Mereka naik pesawat kecil satu mesin yang dimiliki dan dikemudikan oleh pilot Robert Sachs. Pesawat itu berangkat dari Bandara J.F. Mitchell di Paget Farm, Bequia, sebuah pulau di Grenadines, pada sekitar pukul 12:11 siang menuju St. Lucia yang merupakan tujuan terakhirnya sekitar 65 mil (104 km) dari lokasi keberangkatan.

Namun sayangnya, pesawat pribadi tersebut mengalami masalah setelah lepas landas dan jatuh sekitar satu mil laut di sebelah barat Petit Nevis atau Grenadine. 

Kecelakaan pesawat adalah salah satu kecelakaan yang sulit dihindarkan. Menurut data statistik, jika seseorang mengalami kecelakaan pesawat, kemungkinan selamat dari kecelakaan tersebut hanya sekitar 24 persen. Namun demikian, kecelakaan pesawat paling jarang terjadi dibandingkan moda transportasi lain, dengan rasio 1:29,4 juta.

Tahukah kamu, bahwa kamu juga bisa berkontribusi terhadap keamanan dan keselamatan perjalanan pesawat yang kamu tumpangi? Apabila kamu sering bepergian dengan pesawat atau baru pertama kali akan naik pesawat ada baiknya perhatikan beberapa hal ini untuk keselamatan penerbangan.

1. Matikan Ponsel dan Jangan Mengisi Daya Baterai

Mematikan ponsel wajib hukumnya bagi kamu yang sudah masuk ke dalam pesawat. Jika kamu tidak mau mematikannya, kamu bisa mengubah ke mode "pesawat" yang ada di ponsel kamu. Ini agar sinyal dari ponsel kamu tidak mengganggu komunikasi radio. Jika komunikasi radio terganggu, pilot berpotensi tidak mendengar informasi yang dikirimkan oleh pengawas lalu lintas udara.

Beberapa maskapai penerbangan sudah sangat ketat memberlakukan larangan mengisi daya baterai. Salah satu yang dilarang adalah menggunakan powerbank. Pasalnya, pada beberapa kasus, ada powerbank yang meledak saat di pesawat.

2. Jangan Remehkan Kartu Petunjuk Keselamatan

Jika Kamu berpikir bahwa kartu petunjuk keselamatan tidak berguna, Kamu salah besar! Ini harus dibaca dengan baik, sebab kartu petunjuk keselamatan untuk setiap pesawat berbeda-beda. Bahkan untuk suatu rute penerbangan yang sama, pesawatnya pun bisa berubah.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan petunjuk keselamatan yang diperagakan oleh pramugari sebelum lepas landas. Biasanya, pramugari akan memperagakan pemakaian pelampung, masker oksigen, pertolongan pada anak, hingga menunjukkan di mana letak pintu darurat. Perhatikan dengan saksama petunjuk tersebut.

3. Hitung Berapa Jarak Kursi Kamu ke Pintu Darurat

Penting bagi Kamu sebelum pesawat lepas landas, untuk menghitung jumlah baris kursi yang memisahkan kursi Kamu dengan pintu darurat. “Pengenalan” lokasi ini berguna ketika keadaan darurat terjadi dan pesawat gelap. Jika Kamu tahu dimana letak pintu darurat, Kamu bisa menguasai rasa panik yang mungkin muncul saat pesawat mengalami kondisi darurat.

4. Masker Oksigen

Menurut dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, jika kadar oksigen di pesawat turun, masker oksigen akan muncul dengan sendirinya. Sebelumm pesawat tinggal landas, biasanya pramugari sudah menunjukkan cara pemakaian masker oksigen ini.

Yang perlu Kamu perhatikan, dalam kondisi darurat yang sesungguhnya, waktu untuk mengenakan masker oksigen sebelum Kamu kehilangan kesadaran sangat sempit. Bahkan bisa kurang dari 1 menit. Oleh karena itu, kenakan dulu masker pada diri Kamu, baru menolong orang lain.

5. Gunakan Pakaian yang Nyaman dan Praktis

Saat bepergian dengan pesawat, sebisa mungkin gunakan pakaian yang nyaman dan praktis. Cara berpakaian seperti ini akan memudahkan Kamu jika harus bersiap untuk evakuasi dari pesawat. Kaus, celana jeans panjang, dan sepatu yang nyaman akan sangat membantu. Hindari mengenakan sepatu hak tinggi atau sandal jepit.

6. Persiapkan Posisi yang Aman

Ketika pesawat akan jatuh, pastikan Kamu berada dalam posisi tepat yang aman dan dapat melindungi tubuh dari trauma. Condongkan posisi tubuh Kamu ke depan, dan peluk tungkai atau posisikan tangan Kamu di kursi depan Kamu.

7. Lupakan Semua Barang dan Gerak Cepat

Jika harus melakukan evakuasi diri setelah pesawat jatuh, lakukan dengan segera dan lupakan semua barang atau koper yang dibawa. Keselamatan diri Kamu jauh lebih penting. Waktu terbaik untuk menyelamatkan diri dari pesawat hanyalah 2 menit.

8. Duduk dengan Benar dan Amankan Sabuk Pengaman

Selalu ikuti instruksi awak kabin untuk duduk dengan benar dan memasang sabuk pengaman kamu dengan benar sebelum lepas landas dan selama pendaratan. Jangan lepaskan sabuk pengaman selama penerbangan meskipun lampu sabuk pengaman telah dimatikan.

Kasus kecelakaan pesawat Christian Oliver dan kedua putrinya dijadikan pelajaran bagi kamu yang sering atau akan bepergian dengan pesawat. Insiden pesawat jatuh memang bisa memunculkan ketakutan dalam diri, namun dengan mengikuti petunjuk khusus keselamatan , Kamu pun bisa menjadi penumpang yang turut berperan dalam keselamatan dan keamanan penerbangan.

Download aplikasi KlikDokter untuk mendapatkan informasi berita kesehatan terbaru dan juga Kamu bisa melakukan konsultasi kesehatan. Yuk #JagaSehatmu

Lion AirPesawat JatuhKecelakaan PesawatLion Air JatuhPesawatNaik PesawatLion Air JT-610

Konsultasi Dokter Terkait