Sukses

Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Selama Masa Nifas

Anda baru saja melahirkan? Simak artikel ini untuk mengetahui makanan yang perlu Anda konsumsi selama masa nifas.

Klikdokter.com, Jakarta Setelah mengandung selama 9 bulan dan melahirkan, tugas seorang ibu belum selesai sampai di sana. Ibu tetap harus menjaga kesehatannya selama masa nifas, terlebih untuk menyusui dan mengurus bayi. Agar tetap sehat, fit, dan memproduksi ASI yang cukup untuk bayi, faktor makanan menjadi salah satu hal utama yang tidak dapat dikesampingkan.

Dengan makan makanan yang tepat, diharapkan kesehatan ibu dapat berangsur pulih dengan cepat setelah melalui proses persalinan yang melelahkan. Makanan apa saja yang harus ibu konsumsi selama masa nifas?

  1. Protein

Protein adalah zat gizi yang sangat penting bagi tubuh ibu. Protein berfungsi sebagai zat pembangun yang merupakan bahan baku pembuatan enzim, hormon, dan berbagai sel serta jaringan tubuh (otot, saraf, organ dalam, zat kekebalan tubuh, dan lainnya). Selain itu, protein adalah salah satu bahan utama yang terdapat di dalam ASI.

Pastikan ibu mendapatkan cukup protein dengan mengonsumsi berbagai makanan sumber protein hewani maupun nabati, seperti daging merah, unggas (ayam, bebek), makanan laut (ikan, udang), telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.

  1. Omega-3

Omega-3 adalah salah satu jenis lemak baik yang selain bermanfaat untuk perkembangan otak dan saraf anak, juga dapat membantu meningkatkan mood ibu. Dengan mengonsumsi omega-3 yang cukup, diharapkan kadar omega-3 dalam ASI ibu dapat mencukupi untuk mendukung tumbuh kembang otak bayi serta menurunkan risiko baby blues atau depresi pasca melahirkan.

Omega-3 bisa didapat dari salmon, tuna, sarden, hering, kacang walnut, minyak walnut, minyak kanola, dan flaxseed (biji rami).

  1. Kalsium

Kalsium adalah mineral utama dalam tubuh yang memiliki berbagai fungsi penting, seperti untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi, kontraksi otot jantung dan otot rangka, serta membantu jalannya sinyal saraf. Sangat penting bagi ibu menyusui untuk menjaga kecukupan kalsium, karena zat ini akan sangat dibutuhkan oleh bayi untuk pertumbuhan tulang dan giginya.

Ibu bisa mendapatkan asupan kalsium dari makanan seperti susu dan produknya (keju, krim, yoghurt, mentega), sayuran (brokoli, kol, kale), serta kacang kedelai dan produknya (tahu, tempe).

  1. Zat besi

Zat besi adalah mineral yang dibutuhkan oleh ibu dalam masa nifas, karena merupakan salah satu bahan pembentuk sel darah merah. Ibu hamil berisiko tinggi mengalami anemia, yang sebagian besar disebabkan oleh kekurangan zat besi. Terlebih lagi, saat melahirkan pun ibu mengalami kehilangan sejumlah darah.

Cukupi kebutuhan zat besi ibu dengan mengonsumsi makanan seperti daging merah, hati, udang, kerang, bayam, kacang-kacangan, tahu, tempe, polong-polongan, dan brokoli.

Selain dengan memenuhi kebutuhan nutrisi, ibu juga harus memperhatikan pola tidur agar cepat pulih dan sehat kembali. Cobalah untuk mencuri waktu tidur dengan ikut tidur ketika bayi tidur. Dengan begitu, ibu takkan lemas karena kurangnya istirahat.

Mencukupi kebutuhan cairan per hari juga penting, terutama jika Anda memberikan ASI eksklusif. Tak lupa, sempatkanlah untuk melakukan “me time” yang rileks, misal dengan pijat, makan makanan enak di resto favorit, nonton film, dan sebagainya. Karena rasa bahagia akan membuat Anda lebih sabar dan menikmati dalam merawat si Kecil. Semoga masa nifas ini dapat dilalui dengan baik, ya, ibu!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar