Sukses

5 Hal Tak Terduga Penyebab Psoriasis

Banyak hal terduga yang bisa meningkatkan risiko terjadinya psoriasis. Apa saja itu? Cari tahu fakta medisnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Pernahkah Anda mendengar tentang psoriasis? Ini adalah penyakit peradangan pada kulit yang bersifat kronis, dimana penderitanya mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat.

Psoriasis bersifat hilang timbul dan tidak mengancam jiwa, namun dapat menurunkan kualitas hidup penderitanya. Ini karena psoriasis bisa mengganggu aktivitas, bahkan membuat penderitanya kurang percaya diri lantaran gejala yang ditimbulkannya. Beberapa gejala yang dimaksud meliputi:

  • Kulit menjadi lebih tebal, kuku terasa kasar
  • Kulit kering, pecah-pecah dan bisa berdarah
  • Bercak merah pada kulit. Sering disertai dengan adanya sisik
  • Gatal, serasa seperti terbakar, nyeri
  • Bintik-bintik kecil (pada anak)

Kenali penyebab psoriasis

Berdasarkan pemaparan dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, peneliti masih belum dapat memastikan penyebab dari psoriasis hingga saat ini. Namun, keadaan tersebut dituding berhubungan dengan adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh.

Adapun hal-hal lain yang juga diduga kuat memiliki hubungan yang erat dengan psoriasis, di antaranya:

1. Alkohol

Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, sejumlah ahli percaya bahwa mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebih adalah salah satu penyebab psoriasis.

Di sisi lain dikatakan bahwa beberapa obat psoriasis tidak akan bereaksi dengan baik jika tercampur oleh alkohol dalam organ pencernaan.

2. Tato

Tato mengharuskan kulit pelakunya ditusuk berulang kali untuk menyuntikkan pewarna ke dalamnya. Proses tersebut bisa menyebabkan trauma, luka, infeksi, hingga meningkatkan risiko terjadinya psoriasis di kemudian hari.

3. Infeksi

Infeksi dapat memperburuk kesehatan kulit Anda dan menyebabkan sejumlah penyakit, salah satunya psoriasis. Infeksi jamur, sariawan, hingga radang tenggorokan termasuk sebagai salah satu pemicu infeksi yang kemudian berdampak pada psoriasis.

4. Stres

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stres dapat memperburuk psoriasis. Hal yang sama juga berlaku sebaliknya, di mana psoriasis dapat membuat Anda stres.

5. Perubahan cuaca

Cuaca dingin saat musim hujan, atau ketika sedang panas-panasnya di musim kemarau dapat berdampak negatif pada kulit. Hal ini bisa menimbulkan sejumlah masalah, salah satunya psoriasis.

Mengobati psoriasis

Hingga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan psoriasis secara total. Semua pengobatan yang ada hanya untuk mengendalikan gejala, memperbaiki keadaan kulit, dan mengurangi rasa gatal.

“Psoriasis merupakan penyakit yang memiliki pengobatan jangka panjang sehingga dibutuhkan kesabaran,” tutur dr. Anita.

Lebih lanjut, dr. Anita juga menjelaskan bahwa sebagian besar penderita psoriasis tidak pernah mencapai suatu keadaan sembuh yang bebas pengobatan, sehingga mereka tidak bisa berhenti dari obat-obatan.

Mengetahui bahwa psoriasis merupakan penyakit yang dapat terjadi seumur hidup, Anda dianjurkan untuk lebih waspada terhadap hal-hal yang diduga kuat berhubungan dengan penyakit ini. Jika Anda merasa punya gejala yang mirip dengan penyakit ini, jangan tunda untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

[NB/ RVS]

2 Komentar

  • liyan39

    apa penyakit ini juga bisa menyerang bayi dok ? karna bayi saya usia 5bulan memiliki ciri2 seperti yg disebutkan.

  • Gaisan Fikriana

    mf bu anak saya terserang gatel" dan kutu air harrus gmn dan obatnya apa?