Sukses

Apakah Nyeri Punggung Bawah boleh Dipijat?

Pijat kerap jadi pilihan untuk mengatasi nyeri punggung bawah atau low back pain. Apakah cara ini aman? Adakah risikonya? Yuk, simak di sini.

Nyeri punggung bawah atau low back pain merupakan salah satu keluhan umum masyarakat. Sekitar 80 persen orang dewasa disebut pernah merasakan kondisi ini. 

Low back pain  bisa sangat mengganggu aktivitas bahkan menurunkan kualitas hidup penderita.

Namun, kebanyakan gejala nyeri punggung bawah bukan didasari penyakit berbahaya, dan bisa membaik setelah beberapa hari. 

Misalnya, tegang otot akibat posisi duduk yang kurang bagus. Nyeri punggung juga bisa disebabkan bulging atau rusaknya diskus (bantalan antar tulang belakang), arthritis, dan osteoatritis.

1 dari 4 halaman

Manfaat Pijat bagi Nyeri Punggung Bawah

Dalam beberapa kasus, nyeri punggung bawah dapat membaik secara berangsur-angsur dengan penanganan rumahan. 

Salah salah satunya dengan pijat. Namun, amankah mengatasi nyeri punggung bawah dengan pijat?

Faktanya, terapi pemijatan memang berpotensi untuk meminimalkan nyeri dan mempercepat penyembuhan low back pain.

Dalam sebuah penelitian systematic review yang dipublikasi di Cochrane dikatakan bahwa penderita low back pain yang bersifat akut, sub-akut, maupun kronik mengalami pengurangan rasa nyeri yang signifikan hanya dengan pemijatan.

Pada penelitian yang sama, para ahli juga menyebutkan bahwa pemijatan bisa mempercepat penyembuhan dalam jangka waktu pendek.

Jadi, pemijatan adalah salah satu alternatif penanganan low back pain yang dapat Anda lakukan di rumah. 

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan penghilang nyeri yang diresepkan dokter, istirahat, dan kompres hangat.

Artikel Lainnya: Tips untuk Meredakan Nyeri Punggung Bawah di Rumah

2 dari 4 halaman

Adakah Risikonya?

Pada dasarnya, pemijatan tidak memiliki efek samping yang berat. Sedikit rasa tidak nyaman pada otot beberapa saat setelah pemijatan mungkin dapat terasa. 

Hal itu dapat diatasi dengan mengompres punggung Anda dengan menggunakan es batu. 

Hal yang perlu menjadi perhatian adalah mereka yang mengalami osteoporosis atau kanker yang telah menyebar ke tulang.

Upayakan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan pemijatan karena dapat menyebabkan patahnya tulang belakang Anda. Untuk mereka, lakukan pemijatan yang lebih ringan.

Artikel Lainnya: Atasi Nyeri Punggung dengan Ragam Makan Ini

3 dari 4 halaman

Tips Pijat Low Back Pain yang Aman

Agar benar-benar bisa mengusir low back pain, pemijatan harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jika terlalu keras atau sembarangan, hal itu justru dapat menyebabkan gangguan otot dan menimbulkan nyeri tambahan.

Agar tak salah langkah, berikut beberapa tips pijat punggung bawah yang aman:

  • Jika Anda memiliki kondisi yang mungkin memburuk dengan pijatan, konsultasikan lebih dahulu ke dokter.
  • Tanyakan terapis Anda tentang berbagai cara duduk, berjalan, dan bekerja yang dapat menyebabkan sakit pada punggung belakang.
  • Untuk menghindari kesalahan dalam proses pemijatan, pilihlah terapis yang telah tepercaya. Sebenarnya, menemukan terapis yang tepat, sama dengan menemukan dokter yang tepat. Jika perlu, lakukan terapi pada mereka yang telah bersetifikat resmi.
  • Hindarkan dari berbagai manipulasi yang tidak fisiologis seperti membunyikan sendi secara paksa atau memosisikan otot tulang pada gerakan yang tidak normal 

Pijat yang dilakukan dengan baik dan benar memang dapat mengurangi nyeri dan memberikan sensasi relaks pada hampir semua kasus low back pain

Bila ada tanda-tanda seperti yang telah disebutkan di atas, penderita sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Jika masih ada pertanyaan seputar topik ini, tanyakan langsung pada dokter melalui fitur LiveChat 24 Jam

(HNS/AYU)

2 Komentar