Sukses

Apakah Low Back Pain Boleh Dipijat?

Penyanyi Ari Lasso mengalami nyeri pinggang bawah alias low back pain. Apakah pijat memberikan manfaat untuk kasus seperti ini?

Klikdokter.com, Jakarta Nyeri pinggang bawah atau sering disebut low back pain merupakan keluhan yang ditemukan pada 70–80 persen orang dewasa. Penyakit ini adalah keluhan yang membuat penyanyi Ari Lasso dilarikan ke rumah sakit pada Kamis (22/10) lalu.

Tidak dimungkiri, low back pain memang bisa sangat menganggu aktivitas bahkan hingga menurunkan kualitas hidup penderitanya. Ini karena penyakit tersebut memberikan gejala yang bervariasi, meski terkadang tidak spesifik. Beberapa gejala yang bisa terjadi adalah sebagai berikut:

  • Nyeri otot
  • Rasa nyeri yang tajam atau seperti ditusuk
  • Nyeri yang menjalar ke kaki
  • Nyeri yang semakin memberat saat membungkuk, mengangkat benda, berdiri, atau berjalan
  • Rasa nyeri mereda ketika berbaring.

Low back pain juga dapat menjadi pertanda dari adanya penyakit serius. Kecurigaan terhadap hal ini muncul apabila terdapat gejala-gejala lain, seperti:

  • Sulit menahan buang air kecil maupun buang air besar
  • Demam
  • Tidak membaik dengan istirahat
  • Kelemahan, kesemutan dan baal pada salah satu atau kedua kaki
  • Memiliki riwayat mengalami osteoporosis, penggunaan steroid dalam jangka waktu lama, dan alkohol
  • Terjadi setelah kecelakaan atau cedera berat di punggung.
1 dari 2 halaman

Mengatasi low back pain

Kebanyakan kasus low back pain tidak didasari oleh kelainan organ yang berat. Bahkan sebagian besar kasus dapat membaik secara berangsur-angsur dengan penanganan di rumah, salah satunya dengan pijat.

Ya, terapi pemijatan memiliki potensi untuk meminimalkan nyeri dan mempercepat penyembuhan low back pain. Dalam sebuah penelitian systematic review yang dipublikasi di Cochrane dikatakan bahwa penderita low back pain yang bersifat akut, sub-akut maupun kronik mengalami pengurangan rasa nyeri yang signifikan hanya dengan pemijatan.

Pada penelitian yang sama, para ahli juga menyebutkan bahwa pemijatan bisa mempercepat penyembuhan dalam jangka waktu pendek. Pemijatan pun dikatakan memiliki efek samping yang minor alias tidak berat.

Jadi, pemijatan adalah salah satu alternatif penanganan low back pain yang dapat Anda lakukan di rumah, selain konsumsi obat-obatan penghilang nyeri, istirahat, dan kompres hangat.

Namun, agar benar-benar bisa mengusir low back pain, pemijatan harus dilakukan dengan cara yang tepat. Jika terlalu keras atau sembarangan, hal itu jusru dapat menyebabkan gangguan otot dan menimbulkan nyeri tambahan. Di samping itu, manipulasi yang tidak fisiologis seperti membunyikan sendi secara paksa atau memosisikan otot tulang pada gerakan yang tidak normal harus dihindari. Maka, sekalipun pemijatan terbukti bermanfaat, tindakan tersebut juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Kesimpulannya, pijat yang dilakukan dengan baik dan benar memang dapat mengurangi nyeri dan memberikan sensasi relaks pada hampir semua kasus low back pain. Akan tetapi, bila ada tanda-tanda seperti yang telah disebutkan di atas, penderita sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

[NB/ RVS]

1 Komentar

  • Mas Jadoel Se-X

    inilah yg saya alami saat ini,sakit pinggang sudah hampir 10 hari di sertai badan agak meriang/demam,sementara urin bening dan pipis lancar-lancar saja. Persendian lutut juga ikut nyeri,enkel kaki juga ikut pegal nyeri..,hadeeeuh!,tobat deh!.