Sukses

Yuk, Kenali Pola Makan Generasi Milenial

Tiap generasi nyatanya punya ciri khas gaya hidup tersendiri, termasuk generasi milenial. Yuk kenali pola makan generasi ini!

Klikdokter.com, Jakarta Generasi milenial, yaitu mereka yang lahir antara tahun 1980 hingga 2000. Kemajuan jaman dan teknologi informasi membuat generasi ini akrab dengan semua hal yang cepat dan praktis pula, termasuk dalam hal makanan. Pola makan generasi ini pun akhirnya terbentuk sedemikian rupa mengikuti perkembangan yang terjadi.

Berkembangnya industri kuliner saat ini bisa dipastikan sebagian besar berangkat dari kebiasaan makan dari para generasi milenial. Pasalnya, generasi milenial sekarang bukan hanya menjadikan kegiatan makan sebagai salah satu kebutuhan pokok, melainkan juga sebagai kegiatan untuk mencari pengalaman baru. Nah, ingin tahu seperti apa pola makan dari generasi milenial? Berikut ini fakta-faktanya.

  1. Paling sering makan makanan restoran

Dilansir dari Business Insider, salah satu pembeda generasi milenial dari generasi lainnya (baby boomers, traditionalist, dan generasi X) adalah lebih seringnya generasi ini menyantap makanan restoran ketimbang makanan rumah.

Kebiasaan tersebut lantas berkembang sehingga kian banyak toko atau restoran yang menawarkan makanan siap saji dan menambah jenis variasi makanannya. Selain itu, kebiasaan makan makanan restoran ini juga membuka lebar pengembangan layanan pesan antar, katering, dan teknologi pemesanan makanan dan/atau delivery lewat aplikasi. Generasi milenial juga dianggap sebagai generasi yang kurang mau memasak atau mengolah makanannya sendiri.

  1. Gemar minum minuman botolan

Jika Anda perhatikan, banyak sekali jus, kopi, atau jenis minuman lainnya yang dikemas dalam botol. Milenial kini lebih gemar mengonsumsi cold pressed juice dalam botol ketimbang jus yang dibuat dengan blender atau juicer di rumah. 

Ya, selain praktis, tekstur jus botolan tersebut juga dianggap lebih ringan dan menyegarkan. Kopi pun sama. Hampir sebagian besar orang kantoran senang sekali memesan kopi susu botolan berbagai merek. Selain harganya yang tak semahal kopi di kedai kopi waralaba, kopi botolan lebih mudah dibawa ke mana-mana.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Mengganti makan berat dengan ngemil

Dilansir dari The Boss Magazine dan Washington Post, generasi milenial gemar sekali makan camilan untuk mengganti makanan beratnya. Kendati demikian, generasi milenial juga menggemari camilan sehat, seperti puding biji chia atau overnight oats. “Overnight oats alias oats yang direndam semalaman, bisa dicampur dengan susu rendah lemak, yoghurt, dan buah-buahan merupakan camilan kekinian yang tak hanya Instagramable, tetapi juga sehat,” jelas dr. Nadia Octavia dari KlikDokter.

Karena kegemaran generasi milenial yang suka mengganti makan berat dengan makan camilan inilah yang akhirnya menuntut produsen untuk membuat kemasan makanan yang mudah dibuka-tutup kembali dan dibawa ke mana saja.

  1. Hobi mencari makanan yang unik, enak, bahkan kalau bisa organik!

Generasi milenial digambarkan sebagai generasi yang berpikiran terbuka, penasaran, dan mau mencoba jenis makanan apa saja. Mereka suka mencoba rasa-rasa baru dari berbagai negara dan tidak malu dengan pilihan dietnya. Jadi, Anda salah jika mengira generasi milenial hanya tertarik pada makanan cepat saji!

Milenial juga menyukai makanan unik yang sehat, lezat, dan enak dilihat mata untuk diunggah di media sosial. Itulah mengapa makanan gourmet adalah pilihan yang populer. Mereka bahkan rela merogoh kocek dalam untuk merasakan makanan eksotis dan senang bereksperimen dengan rasa-rasa baru.

Segala jenis tempat pun akan dijelajahi oleh generasi milenial demi mendapatkan makanan tersebut, mulai dari makanan yang dijual di truk atau mobil (konsep food truck), makanan dari restoran yang interiornya aneh, sampai makanan yang dijual di lereng pegunungan—pasti akan mereka cari.

Selain itu, generasi milenial juga menyukai makanan organik. Entah karena sekadar mengikuti tren atau betul-betul ingin sehat, sekarang banyak toko online maupun offline yang menjual sayuran, buah-buah, beras, dan kacang-kacangan organik. Bisa jadi karena melihat maraknya penyakit kanker di generasi baby boomers, generasi milenial ingin juga mencoba cara alternatif untuk terhindar dari penyakit tersebut.

  1. Membaca kemasan sebelum membeli makanan atau minuman

Generasi milenial adalah generasi yang sudah peka dengan bahan-bahan yang terkandung dalam makanan atau minumannya. Oleh sebab itu, generasi ini gemar membaca kemasan untuk mengetahui komposisi dan kandungan nutrisi dari makanan atau minuman yang akan dibeli.

Setelah membaca satu kemasan, biasanya generasi milenial akan membandingkannya dengan produk lain, barulah ia membelinya. Apalagi kini semakin banyak generasi milenial menerapkan diet tertentu, sehingga mengetahui kandungan makanan yang dikonsumsi menjadi hal yang sangat penting.

Setelah membaca lima pola makan generasi milenial di atas, apakah Anda termasuk di antaranya? Intinya, mau generasi apa pun, apa yang Anda konsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan gizi (termasuk adanya kondisi tertentu). Konsumsilah makanan sehat bergizi seimbang, olahraga secara teratur, dan istirahat cukup. Cara-cara tersebut bisa meningkatkan kesempatan Anda untuk tetap sehat dan bugar sampai tua dan bikin generasi lainnya iri.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar