Sukses

5 Cara Rumahan untuk Atasi Psoriasis

Psoriaris bisa menyebabkan kulit tampak bersisik. Jangan khawatir, ini cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti ingin memiliki tampilan kulit yang mulus. Berbagai macam cara sudah dicoba, namun hasilnya tak juga maksimal. Bahkan terkadang, keinginan untuk memiliki kulit yang mulus bisa hancur seketika ketika psoriaris datang menyerang.

Apa itu psoriasis? Menurut dr. Muhammad Anwar Irzan, itu adalah penyakit peradangan pada kulit yang bersifat kronis di mana penderitanya mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat.

“Psoriasis memang tidak berbahaya. Namun karena hilang timbul, penyakit ini bisa menurunkan kualitas hidup karena penderitanya bisa menjadi kurang percaya diri,” kata dr. Anwar

Lebih lanjut, dr. Anwar menjelaskan bahwa psoriasis bersifat tidak menular. Meski demikian, penyakit ini dapat diturunkan secara genetik. Jadi, bila ada anggota keluarga yang punya penyakit psoriasis, Anda memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami penyakit tersebut.

Gejala psoriasis

Psoriasis memberikan gejala yang bervariasi pada tiap penderitanya. Secara umum, berikut adalah beberapa keluhan yang bisa timbul akibat penyakit tersebut:

  • Bintik-bintik atau bercak merah pada kulit yang berbentuk seperti sisik
  • Kulit kering dan terasa gatal
  • Kulit pecah-pecah dan mudah berdarah
  • Memberikan sensasi terbakar di area kulit tertentu
  • Terasa nyeri bila disentuh
  • Sering disertai nyeri sendi, bengkak, dan kekakuan

Mengatasi psoriasis

Berdasarkan penjelasan dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter, pengobatan pasti untuk psoriasis masih belum diketahui hingga saat ini.

“Pengobatan yang ada saat ini hanya untuk menekan gejala psoriasis, memperbaiki keadaan kulit, dan mengurangi rasa gatal yang ditimbulkannya,” ungkap dr. Ega

Jadi, adakah cara yang bisa dilakukan penderita psoriasis untuk mengontrol gejala penyakitnya? Ada! Mengutip Medical Daily, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

1. Berendam

Untuk menghilangkan kulit kering dan mengurangi rasa gatal serta sensasi terbakar di kulit akibat psoriasis, penderita bisa menambahkan minyak, oatmeal, koloid, garam Epsom atau garam laut mati ke dalam bak mandi.

National Psoriasis Foundation (NPF) menyarankan penderita psoriasis untuk berendam menggunakan salah satu dari empat bahan di atas selama 15 menit. Setelah selesai, keringkan tubuh dan oleskan pelembap secara merata.

2. Oleskan pelembap

Tak hanya selesai berendam atau mandi, penderita psoriasis juga dianjurkan untuk menggunakan pelembap di sekujur tubuh di luar waktu tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi sensasi kering, gatal, dan terbakar pada kulit.

3. Teteskan cuka sari apel

Sebagaimana dinyatakan National Psoriasis Foundation (NPF), cuka sari apel bisa digunakan untuk mengobati luka bakar ringan dan peradangan kulit. Bahkan, cairan ajaib tersebut juga bisa berfungsi sebagai desinfektan.

Untuk membantu mengatasi keluhan psoriasis, penderita dianjurkan untuk mengoleskan cuka sari apel pada daerah tubuh yang mengalami gejala. Jika psoriasis terjadi di kuku, penderita dapat merendam kuku tersebut ke dalam cuka sari apel selama beberapa saat.

4. Krim cabai

Cabai mengandung capsaicin. Meski memberikan sensasi panas dan pedas, zat tersebut ternyata juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan gatal-gatal ringan.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menggunakan krim yang mengandung 0,023–0,075 persen capsaicin di dalamnya.

5. Bungkus

Tak ingin gejala psoriasis mengganggu tidur atau aktivitas Anda? Gunakan plastic warp untuk membungkus atau membalut bagian kulit yang mengalami gejala. Sebelum melakukannya, oleskan terlebih dahulu salep topikal atau pelembap di bagian kulit tersebut.

Jika gejala psoriasis masih membandel dan membuat Anda benar-benar tidak bisa beraktivitas, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan penanganan yang lebih manjur dan benar-benar efektif.

(RH)

0 Komentar

Belum ada komentar