Sukses

Ini Dia Manfaat Sehat Urban Farming untuk Anak

Berkebun dengan metode urban farming ternyata bisa mendatangkan beragam manfaat sehat untuk anak. Apa saja manfaat yang dimaksud?

Klikdokter.com, Jakarta Urban farming alias berkebun di perkotaan atau di tengah padatnya gedung pencakar langit adalah kegiatan yang lagi ngetren belakangan ini. Selain sebagai media untuk menyalurkan hobi, kegiatan tersebut ternyata juga bisa mendatangkan banyak manfaat sehat untuk anak. Sudah tahukah Anda tentang hal ini?

Faktanya, melibatkan anak-anak dalam kegiatan urban farming dapat membuat mereka terhubung dengan alam. Mereka pun bisa menghirup udara segar, juga menikmati hasil jerih payah ketika musim panen tiba.

Selain itu, urban farming juga bisa memberikan beragam manfaat berikut ini pada anak:

  • Mengajarkan anak untuk mencintai alam

Bertani dan berkebun dapat membantu anak terhubung dan berinteraksi dengan alam lebih sering. Mereka pun bisa sedikit banyak berkontak dengan berbagai elemen dari ekosistem yang menyusun alam.

Hal-hal tersebut bisa menumbuhkan rasa cinta anak terhadap alam, sehingga bukan tak mungkin mereka juga tergerak untuk menjaga kelestarian dan keasrian alam di sekitarnya.

  • Tergerak untuk hidup dengan cara alami

Jika anak-anak belajar melestarikan alam dari tahap yang sangat awal, mereka lebih mungkin untuk berperan aktif dalam mengurangi perilaku buruk yang berpengaruh pada kelestarian alam.

Selain itu, anak juga akan termotivasi untuk hidup dengan cara alami. Misalnya, lebih memilih untuk menggunakan pupuk organik, menghindari penggunaan bahan kimia (insektisida), dan lainnya.

  • Tubuh lebih sehat dan kuat

Jika anak mengonsumsi hasil urban farming yang sebelumnya telah ia tanam sendiri, kesehatan tubuhnya akan lebih terjaga lagi. Ini karena urban farming menggunakan metode organik dimana segala proses yang terlibat tidak berhubungan dengan bahan-bahan kimiawi. Alhasil, hasilnya pun lebih ramah untuk kesehatan tubuh.

Tak hanya itu, urban farming juga membuat tubuh anak lebih aktif untuk bergerak. Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari KlikDokter, berkebun dapat membuat tubuh lebih kuat.

“Misalnya saat mencangkul, Anda tentu membutuhkan pergerakan tangan dan tumpuan kaki yang kuat. Selain itu, berkebun akan memaksa Anda untuk lebih sering keluar dan merasakan udara segar dan matahari, sehingga sirkulasi darah juga menjadi lancar,” ungkapnya.

Mengetahui adanya manfaat di atas, tak ada salahnya jika Anda ingin melakukan urban farming bersama si Kecil sejak saat ini. Jika masih belum paham betul tentang metode urban farming, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan dengan membaca buku, melihat video atau bertanya langsung pada orang yang sudah melakukannya. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah bergabung dengan komunitas urban farming yang ada di kota Anda.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar