Sukses

Ini Dia Manfaat Minum Susu Hangat

Suka minum susu dingin? Coba, sekarang ganti kebiasaan itu dengan minum susu hangat dan rasakan manfaatnya.

Klikdokter.com, Jakarta Sudah menjadi rahasia umum bahwa susu merupakan sumber kalsium yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Tak hanya itu, susu pun digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat aneka olahan lezat, seperti kue ataupun makan lainnya. Saat udara terasa panas dan Anda membutuhkan minuman segar yang sekaligus bergizi, susu dinginlah jawabannya.  Tapi, ternyata minum susu hangat juga memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, lho.

Dilansir dari Livestrong, susu yang disajikan dengan suhu hangat lebih mampu menonjolkan rasa dari susu itu sendiri, sehingga terasa lebih nikmat. Bukan cuma soal rasa, kandungan nutrisi, seperti protein dan kalsium, biasanya masih lebih banyak terkandung pada susu bersuhu hangat dibandingkan dengan susu yang telah didinginkn atau diberi es batu.

Manfaat susu hangat rendah lemak

Susu rendah lemak mengandung sedikit kalori, yaitu 83 kalori per cangkirnya. Nah, apabila Anda sedang menjalankan program diet, minum segelas susu hangat yang rendah lemak bisa dijadikan pilihan tepat!

Kalori dari susu ini berasal dari campuran protein dan karbohidrat yang sehat. Setiap cangkir susu hangat pun mengandung 12 gram gula alami yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan bakar untuk otot dan otak Anda. Sedangkan, 8 gram proteinnya yang juga mengandung asam amino, berguna untuk membantu pertumbuhan sel dan jaringan tubuh.

Kandungan protein pada susu hangat sangat penting untuk memelihara jaringan otot dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Nah, jika Anda tak mau mudah terserang penyakit saat musim hujan, lebih baik minumlah segelas susu hangat ketimbang menyantap satu mangkok mi instan.

Meski sama-sama hangat, tetapi kandungan nutrisinya sangat jauh berbeda. Sebab, selain bisa meningkatkan imunitas tubuh, nutrisi pada susu hangat juga membantu Anda dalam menjaga keseimbangan hormon-hormon yang dibutuhkan oleh tubuh.

Di sisi lain, tubuh Anda pun dapat menggunakan asam amino untuk membuat kolagen yang berkontribusi dalam membangun struktur tulang. Sehingga, minum susu hangat bisa menghindarkan Anda dari pengeroposan tulang dan membantu pemulihan pasca patah tulang.

Lantas, bagaimana dengan kandungan kalsium pada segelas susu hangat? Ya, secangkir susu hangat rendah lemak bisa memenuhi 30 persen nilai harian kalsium Anda. Tubuh membutuhkan kalsium bersama dengan fosfor dan magnesium untuk membuat hydroxyapatite, yaitu mineral yang membentuk jaringan tulang. Hydroxyapatite bertugas menjaga tulang tetap keras dan padat, sehingga lebih tahan terhadap kondisi patah tulang.

1 dari 2 halaman

Mendukung metabolisme dan menghalau stres

Dikutip dari Livestrong, susu merupakan sumber vitamin B12 karena dalam setiap cangkirnya, bisa memenuhi seperlima dari nilai kebutuhan vitamin B12 harian Anda. Vitamin B12 itu sendiri membantu Anda memproduksi sel darah merah, sehingga jaringan di tubuh mendapatkan pasokan oksigen segar yang dibutuhkan untuk kegiatan sehari-hari.

Selain itu, vitamin B Kompleks (riboflavin dan vitamin B 5) juga baik untuk kesehatan saraf serta mendukung metabolisme Anda.

Susu yang bersuhu ruang memang memiliki senyawa melatonin dan triptofan yang membantu Anda untuk tertidur pulas. Namun sayangnya, keduanya hadir dalam jumlah yang sedikit, sehingga terkadang kurang memberikan efek yang maksimal. Nah, apabila Anda minum susu hangat bisa membuat Anda merasa lebih rileks dan cepat untuk tertidur.

Agar susu hangat lebih nikmat

Jika Anda bosan dengan rasa susu hangat yang itu-itu saja, perkaya rasa susu dengan beberapa jenis rempah. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan jahe atau kayu manis pada segelas susu hangat Anda supaya rasanya lebih nikmat. Rempah tersebut bahkan bisa menurunkan kadar kolesterol, lho.

Nah, jika Anda ingin susu Anda lebih berwarna, namun tetap bergizi, campurkanlah bubuk kunyit ke dalam susu hangat dan tambahkan madu untuk meredakan peradangan pada tubuh. Anda juga boleh mencampurkan susu hangat dengan teh hitam agar menjadi teh latte yang lezat. Mudah, bukan?

Demikianlah sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari segelas susu hangat. Agar kesehatan Anda tetap terjaga, jangan campurkan banyak gula atau bahan artifisial dalam susu karena bisa merusak nutrisinya. Tunggu apa lagi? Yuk, minum susu hangat!

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar