Sukses

3 Manfaat Timun untuk Kulit Anda

Timun punya banyak manfaat bagi kesehatan, kecantikan kulit. Selain bikin kulit cerah, ini dia manfaat timun lainnya untuk kulit Anda!

Klikdokter.com, Jakarta Timun atau mentimun lebih dari sekadar lalapan. Ada banyak sekali manfaat untuk kesehatan, terutama kulit. Sayuran yang berasal dari Asia Selatan ini kaya akan sumber air. Selain itu, timun juga mengandung zat alami yang disebut lignan (pinoresinol, lariciresinol, dan secoisolariciresinol), serta cucurbitacin.

Lewat sebuah penelitian, kandungan zat lignan dalam timun mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Berita baik lainnya, sayuran yang tergolong murah meriah ini juga mampu menekan perkembangan sel kanker di dalam tubuh manusia.

“Tak sedikit jenis kanker yang diketahui dapat ditekan oleh zat ajaib ini. Beberapa jenis kanker tersebut adalah kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, dan kanker prostat,” ujar dr. Alberta Jesslyn Gunardi, BMedSc(Hons) dari KlikDokter.

Lebih lanjut, cucurbitacin pada timun memiliki sifat antitumor pada sel kanker, sehingga zat ini dapat menahan perkembangan hidup sel-sel kanker dan kemampuannya untuk memperbanyak diri.

Hebat, ya?! Ternyata tak hanya itu saja, nyatanya timun juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Tak percaya? Ini dia buktinya.

1. Mengobati mata bengkak

Tak ada yang ingin matanya terlihat bengkak. Namun, seperti yang sudah Anda ketahuin (yang juga didukung oleh Menurut Australasian College of Dermatologists), irisan timun dingin yang ditempelkan di mata akan membantu mengempiskan mata bengkak.

“Suhu dingin tersebut dapat mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan di area mata. Meski demikian, efek ini hanya sementara,” kata dr. Nadia Octavia dari KlikDokter. Tetap saja, tak ada salahnya dicoba!

Tempatkan irisan mentimun dingin di atas rongga mata Anda. Irisan timun tersebut akan bertindak layaknya kantong es batu untuk meredakan bengkak pada kelopak mata. Kandungan flavonoid dan antioksidan pada timun nyatanya efektif mengurangi pembengkakan, kemerahan dan iritasi.

2. Bagus untuk kulit terbakar matahari dan iritasi

Terpapar terik sinar matahari terlalu lama bisa sangat menyakitkan, terutama pada area wajah seperti dahi, hidung, pipi, dan dagu. Timun mengandung banyak nutrisi seperti air, kalium, sulfat, serta vitamin A dan C yang baik untuk kulit terbakar matahari.

Caranya mudah, letakkan irisan mentimun ke wajah Anda dan berbaringlah selama setidaknya 15 menit. Setelah itu, lanjutkan dengan mengoleskan pelembap yang berbahan dasar ringan.

3. Masker alami untuk atasi penuaan wajah

Timun mengandung vitamin C dan asam caffeic—dua antioksidan yang bila diterapkan pada kulit dapat membantu melawan kerutan, kerusakan akibat sinar matahari, dan masih banyak lagi.

Coba, deh, pilih masker timun yang ditambahkan dengan yoghurt. Yoghurt diketahui mampu menghilangkan kotoran dan sel kulit mati. Ketika dikombinasikan dengan timun yang memiliki sifat membersihkan, masker ini adalah perpaduan yang sempurna untuk kulit wajah. Tak harus membelinya di toko kecantikan, Anda juga bisa dengan mudah membuat masker ini. Tinggal campurkan timun dan yoghurt, lalu biarkan selama 15 menit sebelum dibersihkan dengan air hangat.

Semua manfaat di atas adalah bukti bahwa timun memang murah, tapi khasiatnya tidak murahan untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Satu lagi tambahan manfaat timun, “Timun juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ini karena timun mengandung sedikit kalori dan tinggi serat, sehingga bisa membuat kenyang lebih lama dan memperlancar sistem pencernaan Anda,” ungkap dr. Jesslyn.

Yuk, mulai konsumsi timun dalam menu makan sehari-hari. Selain bisa dijadikan lalapan atau jus, timun juga bisa Anda manfaatkan untuk kecantikan kulit wajah. Lakukanlah secara rutin dan kombinasikan dengan pola hidup sehat agar hasilnya optimal!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar