Sukses

3 Olahraga untuk Penderita Asma Saat Car Free Day

Apakah Anda adalah penderita asma yang ingin menggunakan momen car free day untuk berolahraga? Ini pilihan olahraga yang dianjurkan.

Klikdokter.com, Jakarta Asma adalah penyakit peradangan kronis pada saluran napas. Menurut dr. Anita Amalia Sari dari KlikDokter, penyakit ini menyebabkan pembengkakan dan peradangan jaringan di saluran napas, produksi dahak berlebih, dan penyempitan saluran napas.

Akibat gejala yang timbul, banyak orang yang percaya bahwa penderita asma tidak boleh berolahraga. Pada kenyataanya, tidaklah demikian. Ya, penderita asma tetap boleh berolahraga asalkan memilih jenis olahraga yang paling sesuai dengan kondisi tubuh.

Olahraga untuk penderita asma

Penderita asma yang ingin berolahraga agar lebih sehat bisa memanfaatkan momen car free day. Beberapa jenis olahraga yang bisa dijadikan pilihan, di antaranya:

  1. Jalan kaki

Ini adalah olahraga paling mudah, murah, dan tergolong sangat aman bagi penderita asma. Seperti melansir dari Health.com, penelitian telah menemukan bahwa berjalan secara rutin sebanyak tiga kali seminggu selama 12 pekan mampu membuat penderita asma mengontrol penyakitnya.

"Jalan dengan ritme sedang-sedang-cepat adalah cara terbaik untuk menggambarkan tingkat aktivitas ini," kata penulis studi yang juga profesor biologi sel, perkembangan, dan integratif, Universitas Alabama di Birmingham, Lisa M. Schwiebert, PhD.

  1. Bersepeda

Saat car free day, banyak orang yang juga melakukan kegiatan bersepeda. Di samping itu, bersepeda memang sedang ngetren sebagai alternatif olahraga saat akhir pekan.

Apakah penderita asma boleh bersepeda? Tentu saja! Mengayuh sepeda kurang dari 30 kilometer per jam alias sepeda santai tidak akan memperburuk kondisi asma.

“Sedangkan jika Anda mengayuh sepeda dengan kecepatan 30 kilometer per jam, bukan tak mungkin kondisi asma bisa bertambah parah,” ungkap ahli alergi dari Indinapolis, Amerika Serikat, Mark Holbreich, MD.

  1. Joging

Lari atau joging jarak pendek atau menengah tidak akan memicu terjadinya serangan asma. Hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika joging adalah melakukannya dengan santai.

Penderita asma tidak dianjurkan untuk tergesa-gesa saat melakukan joging. Karena gerakan tersebut bisa membuat laju napas lebih cepat, sehingga serangan asma lebih mungkin untuk terjadi.

Ini yang perlu Anda perhatikan

Sebelum melakukan aktivitas fisik saat car free day, akan lebih baik bila penderita asma berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Hal ini dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh atau menyesuaikan dosis obat yang dibutuhkan di hari itu.

Hal penting lain yang perlu diperhatikan penderita asma, selalu bawa obat-obatan jika Anda hendak menikmati car free day dengan berolahraga. Dengan demikian, jika serangan asma tiba-tiba terjadi, Anda dapat mengatasinya dengan lebih mudah.

Terakhir, pastikan Anda tidak melakukan olahraga saat car free day secara berlebihan. Tidak ingin hal yang seharusnya baik justru membawa dampak buruk pada penyakit asma Anda, bukan?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar