Sukses

Persiapan untuk si Kecil yang Masuk Prasekolah

Hendak memasukkan anak ke prasekolah? Jika ya, ini yang perlu Anda lakukan sebagai langkah persiapannya.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang tua pasti ingin agar kemampuan otak si Kecil berkembang dengan optimal. Anda juga, bukan? Salah satu upaya yang bisa dicoba untuk itu adalah dengan memasukkan anak ke prasekolah.

Faktanya, prasekolah memberikan banyak manfaat bagi kecerdasan otak dan hal-hal lain yang terkait dengan tumbuh kembang anak. Beberapa manfaat yang dimaksud, meliputi:

  • Prasekolah baik untuk mengenalkan si Kecil kepada lingkungan yang baru, sehingga mereka bisa bersosialisasi dengan sekitar. Bersosialisasi juga dapat membantu membentuk pribadi si Kecil menjadi pemberani dan belajar untuk berbagi dengan sesamanya.
  • Si Kecil dapat menerapkan metode learning by doing. Pengajar di sekolah akan memberikan materi dan si Kecil berusaha untuk melakukannya sebaik mungkin. Dengan cara ini, antusiasme dan ketertarikan si Kecil untuk terus mengeksplorasi hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan bisa semakin tinggi.
  • Dengan prasekolah, si Kecil dapat belajar melatih konsentrasi dan kesabaran. Ini karena lingkungan dan teman baru membuat si Kecil dapat berlatih tentang keseimbangan antara mendengarkan pengajar, mengikuti perintah hingga bekerja sama satu sama lain di dalam kelompok.
  • Prasekolah membantu si Kecil mengembangkan minat dan ketertarikannya. Ya, prasekolah bisa menjadi wadah anak untuk memperdalam minat dan bakat dengan bantuan para pengajar. Interaksi antara pengajar dan si kecil yang terjalin dengan baik juga dapat memberikan efek positifm sehingga si Kecil memilki sikap optimis, percaya diri, dan memiliki penghargaan diri sendiri terhadap apa yang telah dicapai.  

Persiapan prasekolah untuk anak

Supaya prasekolah benar-benar membawa manfaat untuk si Kecil, orang tua perlu melakukan berbagai persiapan sebagai berikut:

  • Berikan sedikit gambaran tentang bersekolah

Agar si Kecil siap, Anda sebaiknya memberikan sedikit penjelasan tentang sekolah dan apa saja kegiatan yang dilakukan di sana kepada si Kecil. Anda juga bisa mengajak si Kecil berkunjung ke prasekolah bersama-sama, untuk bertemu dengan calon pengajarnya. Dengan begini, si Kecil akan punya bayangan tentang apa yang akan ia lakukan ketika masuk prasekolah nanti.

  • Libatkan si Kecil saat membeli peralatan sekolah

Tak ada salahnya mengajak si Kecil untuk membeli keperluan sekolah bersama dengan Anda. Dengan begini, ia bisa memilih sendiri sepatu, kaus kaki, tas, tempat bekal, botol minum, dan keperluan sekolah lainnya. Hal ini nantinya akan memicu si Kecil untuk terus semangat menjalani hari-hari prasekolahnya.

  • Libatkan diri Anda

Jangan “tutup telinga” si Kecil mengkhawatirkan sesuatu tentang kehidupan prasekolahnya. Apabila si Kecil tidak bercerita, perhatikan gerak tubuhnya; apakah ia  merasa ketakutan, stres atau tertekan. Coba gali perlahan sambil berikan nasihat yang membangun, agar ia mau bercerita tentang masalah terkait prasekolah yang dialaminya.

  • Atur jam tidur si Kecil

Orang tua harus mengatur jam tidur si Kecil, agar dirinya bisa mendapatkan cukup istirahat meski harus bangun pagi-pagi untuk bersekolah. Buatlah jam tidur dan jam bangun yang sama setiap harinya, agar si Kecil terbiasa untuk bangun lebih awal di pagi hari.

  • Ubah kegiatan si Kecil

Batasi kegiatan menonton TV atau bemain gawai si Kecil. Alihkan kepada membaca buku bersama, belajar mewarnai, atau kegiatan interaktif lainnya

  • Berikan semangat setiap hari

Saat di sekolah, temani si Kecil saat ia berbaris masuk. Jangan lupa untuk memberikan semangat dan pelukan hangat setiap kali ia pergi ke sekolah. Tampilkan wajah tenang dan tidak khawatir, agar si Kecil merasa bahwa semuanya baik-baik saja.

Pada prinsipnya, prasekolah adalah tempat belajar dan bermain bagi si Kecil. Dengan prasekolah, anak diajak untuk mengembangkan kecerdasan majemuk melalui proses yang menyenangkan. Hal yang penting dan harus diperhatikan: hindari memasukkan anak ke prasekolah jika memang dirinya belum benar-benar siap.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar