Sukses

7 Tips Merawat Kulit Psoriasis

Punya kulit meradang yang tak kunjung sembuh alias psoriasis? Begini cara merawat kulit yang terkena psoriasis dengan benar.

Klikdokter.com, Jakarta Psoriasis merupakan peradangan pada kulit yang bersifat kronis atau menahun. Biasanya penderitanya mengalami pergantian kulit yang terlalu cepat, kadang muncul kadang hilang. Hingga kini, penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti. Psoriasis memang tak bisa disembuhkan, tapi risiko kekambuhannya bisa dikendalikan dengan menghindari faktor-faktor pemicunya. Ada pula tips untuk merawat kulit psoriasis yang harus Anda ketahui.

Ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko terkena gangguan kesehatan kulit, yaitu faktor genetik (diturunkan dari keluarga) dan kelainan imunitas tubuh. Ya, dalam sistem imunitas tubuh, ada yang namanya sel T (salah satu jenis sel darah putih). Sel T bertugas untuk menyerang bakteri atau virus di dalam tubuh.

“Pada penderita psoriasis, sel T akan meningkatkan pembentukan sel kulit baru sehingga siklusnya terjadinya pergantian sel berlangsung terlalu cepat, yakni sekitar 2-4 hari.” jelas dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter. Sedangkan pada orang normal, siklus pembentukan sel kulit baru berlangsung selama 3-4 minggu.

Cara merawat kulit psoriasis agar tidak semakin parah

Hingga kini, pengobatan psoriasis hanya berfokus pada memperbaiki keadaan kulit dan mengurangi rasa gatalnya. Meski demikian, ada beberapa cara untuk merawat kulit psoriasis sehingga angka kekambuhan bisa diminimalkan.

Penderita psoriasis biasanya memiliki kulit yang tebal, bersisik, berbintik, kering, pecah, dan gatal. Dilansir dari WebMD, untuk mengurangi gejala tersebut, rawatlah kulit dengan beberapa tips ini.

1. Menjaga kelembapan kulit

Ini adalah salah satu cara yang paling mudah tetapi paling efektif untuk mencegah dan mengatasi iritasi kulit. Kelembapan kulit yang terlindungi bisa membantu mengurangi kulit kering, gatal, kemerahan, dan rasa perih.

Berbagai jenis losion bisa Anda pilih, mulai dari skin conditioner yang teksturnya encer, atau bisa juga krim atau body butter untuk yang menyukai tekstur creamy. Usapkan pelembap sesegera mungkin setelah mandi karena pelembap akan bekerja lebih efektif jika dioleskan ke kulit yang masih lembap. Selain itu, usahakan untuk memilih pelembap yang bebas parfum dan gunakan berulang kali dalam sehari, terutama jika Anda akan berlama-lama di ruangan ber-AC.

2. Mandi air hangat atau kompres dingin

Mandi dengan air bersuhu hangat bisa membantu meredakan gatal pada kulit serta mengangkat kulit yang kering. Berendamlah di air hangat selama 15 menit (jangan lebih!) dan Anda bisa menambahkannya dengan beberapa tetes minyak, seperti minyak zaitun khusus kulit atau minyak jojoba.

Setelahnya, keringkan tubuh dengan cara menepuk-nepukkan handuk lembut, bukan digosok. Jika Anda tidak sempat mandi air hangat, Anda bisa meletakkan kompres dingin di permukaan kulit yang bermasalah untuk meredakan gatalnya.

3. Terapi sinar matahari

Sinar ultraviolet dari matahari pada dasarnya bisa memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit sehingga dosis kecil sinar matahari menjadi cara yang baik untuk menenangkan, memperbaiki, dan mengurangi seluruh gejala psoriasis. Namun, sebelum melakukan terapi ini, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda. Jika sudah dapat lampu hijau, cobalah untuk mendapatkan sinar matahari 2-3 kali seminggu. Namun, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya sebelum berjemur, ya!

4. Bersantai dan hindari stres

Ada studi menunjukkan bahwa stres dapat memperparah psoriasis. Oleh sebab itu, hindari stres dengan cara melakukan yoga, meditasi, mendengarkan musik, berjalan-jalan bersama orang terdekat, atau apa pun aktivitas yang Anda suka. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi makanan sehat, minum banyak air, berolahraga secara teratur, dan tidur cukup untuk melawan infeksi dan meredakan gejala psoriasis.

5. Hindari produk kulit berbahan keras dan baju bertekstur kasar

Produk-produk kulit yang mengandung alkohol, glikolat, salisilat, dan asam laktat sebaiknya dihindari jika Anda mengalami psoriasis. Pakaian berbahan wol atau mohair (berasal dari bulu domba Angola yang kini penggunaanya sudah banyak dilarang di berbagai negara) juga sebaiknya tidak digunakan karena bisa membuat kulit semakin gatal dan menambah iritasi.

6. Jangan digaruk!

Menggaruk bisa merobek kulit hingga luka dan membuka jalan bagi bakteri. Maka, potong pendeklah kuku Anda dan minumlah obat anthistamin jika Anda rasa gatal menyerang. Jika rasa gatal tak tertahankan, tariklah napas dalam-dalam (karena rasa tenang bisa mengurangi rasa gatal) dan oleskan pelembap.

7. Berhenti merokok

Kandungan nikotin pada rokok bisa memperparah ruam merah di kulit Anda. Jika Anda tidak mau ruam merah semakin melebar ke mana-mana, sebaiknya berhentilah merokok.

Itu dia 7 tips merawat kulit yang terkena psoriasis. Karena penyakit kulit ini bisa timbul dan hilang kapan saja, lebih baik cegah kekambuhannya dengan cara-cara di atas meski gejala yang dirasakan sudah membaik. Konsultasikan juga secara rutin kepada dokter supaya frekuensi kekambuhan psoriasis bisa dikurangi. Selamat mencoba!

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar