Kulit

10 Cara Jitu Mengempeskan Jerawat dalam Semalam

Siti Putri Nurmayani, 25 Okt 2023

Ditinjau Oleh dr.Atika

Harus menghadiri acara namun jerawat tiba-tiba muncul? Coba lakukan 10 cara ini untuk mengempeskan jerawat dalam satu malam.

10 Cara Jitu Mengempeskan Jerawat dalam Semalam

Munculnya jerawat secara tiba-tiba terkadang bisa mengganggu penampilan, apalagi jika kamu harus hadir di acara penting esok hari. Hal ini tentu bisa menurunkan rasa percaya diri.

Keinginan untuk menyingkirkan jerawat dalam semalam pun makin tinggi. Lantas, bisakah jerawat diusir hanya dalam satu malam? Mari ketahui cara menghilangkan jerawat dalam semalam lewat ulasan berikut ini.

1. Gunakan Acne Patch

Biasanya, jerawat berisi nanah dan minyak. Untuk menghilangkan jerawat secara singkat, coba gunakan perban kecil khusus jerawat atau yang biasa dikenal dengan istilah acne patch.

Acne patch mengandung cairan hidrokoloid yang berfungsi untuk menyerap dan menenangkan ketegangan pada kulit yang berjerawat. Selain itu, acne patch juga berperan dalam pertumbuhan bakteri di area jerawat.

Setelah menempelkan acne patch semalaman, nantinya jerawat akan mengering dan mengecil keesokan harinya.

2. Pakai Krim Antijerawat

Sering kali, kebanyakan orang ingin memencet jerawat agar cepat pecah dan hilang. Kendati demikian, jangan pernah lakukan hal tersebut. Pasalnya, memencet jerawat hanya akan menimbulkan peradangan dan meninggalkan bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan.

Alih-alih memencet jerawat, ada baiknya untuk menggunakan krim anti jerawat yang terdiri atas bahan aktif, seperti benzoyl, asam salisilat, atau belerang (sulfur) untuk menyedot minyak dan mengatasi pori-pori tersumbat.

3. Oleskan Tea Tree Oil

Mengoleskan tea tree oil bisa membantu menghilangkan jerawat. Meski tidak secepat menggunakan acne patch atau krim anti jerawat, mengoleskan sedikit tea tree oil pada jerawat dapat mencegah kerusakan dan membantu menghalau munculnya jerawat baru.

Namun, usahakan untuk tidak menggunakan tea tree oil secara berlebihan. Soalnya, bahan aktif yang satu ini dapat membuat kulit menjadi iritasi.

4. Aplikasikan Concealer

Ketika jerawat muncul, ada baiknya untuk tidak menggunakan riasan yang terlalu tebal agar pori-pori tidak semakin tersumbat.

Untuk membantu menyamarkan jerawat, kamu bisa aplikasikan concealer secara tipis dan sesuai dengan warna kulit.

5. Kompres dengan Es Batu

Menurut American Academy of Dermatology Association, cara mengempeskan jerawat dalam satu malam juga bisa dengan mengompresnya pakai es batu.

Namun, pastikan untuk membungkus terlebih dahulu es batu dengan kain. Lalu kompres selama 5-10 menit ke daerah jerawat. Istirahatkan selama 10 menit, kemudian tempelkan kembali es tersebut selama 5-10 menit.

6. Coba Teh Hijau

Untuk mengempeskan jerawat, kamu juga bisa menggunakan teh hijau secara topikal. Pada dasarnya, teh hijau mengandung anti-inflamasi, antioksidan, dan antimikroba. Kandungan tersebut dapat membantu mengatasi jerawat.

Kamu bisa mengoleskan teh hijau langsung ke kulit atau menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung teh hijau.

7. Oleskan Lidah Buaya

Gel Lidah Buaya

Lidah buaya sering digunakan untuk mengobati masalah pada kulit. Pasalnya, bahan alami ini memiliki sifat penyembuhan dan antimikroba.

Hal tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah munculnya jerawat lebih lanjut. Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa oleskan gel lidah buaya secara langsung ke kulit dan membiarkannya semalaman. Setelahnya, kamu bisa membilasnya hingga bersih.

8. Gunakan Minyak Esensial

Selain minyak pohon teh, ada sejumlah minyak esensial lain yang bisa digunakan untuk mengobati jerawat dalam semalam. Misalnya, kayu manis, mawar, lagender, dan cengkeh yang dapat melawan bakteri penyebab jerawat.

Coba mencampurkan minyak esensial dan minyak pembawa, lalu oleskan campuran tersebut dengan kapas secara langsung ke jerawat. Setelahnya, kamu juga bisa mengoleskan pelembap.

9. Aplikasikan Soda Kue

Soda kue dapat dijadikan sebagai pilihan untuk mengobati jerawat. Pasalnya, soda kue memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptik, sehingga cocok untuk mengobati jerawat.

Jika tertarik untuk mencobanya, kamu bisa buat pasta soda kue dengan mencampurkan soda kue dan air. Oleskan campuran tersebut di area jerawat, lalu diamkan selama 20 menit.

10. Pakai Oatmeal

Biasanya, kamu mungkin menggunakan oatmeal untuk sarapan. Akan tetapi, coba sesekali gunakan oatmeal untuk mengempeskan jerawat secara singkat. Pasalnya, bahan alami ini dapat menyerap dan menghilangkan minyak berlebih pada kulit.

Untuk itu, kamu bisa campurkan oatmeal dengan air hangat, lalu biarkan hingga dingin. Setelahnya, oleskan campuran tersebut ke area jerawat dan biarkan hingga kering.

Artikel Lainnya: Atasi Jerawat dengan Pasta GIgi, Efektifkah?

Dari bahan-bahan di atas, kamu bisa mencoba menggunakannya untuk menghilangkan jerawat secara instan. Kamu juga bisa menggunakan pasta gigi untuk mengobati jerawat secara instan.

Kendati demikian, tidak dianjurkan untuk enggunakannya terlalu sering karena bisa meningkatkan risiko iritasi kulit.

Agar lebih aman, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menghilangkan jerawat secara instan. Coba gunakan layanan Tanya Dokter untuk chat dengan dokter spesialis kulit dan Temu Dokter untuk booking dokter spesialis kulit di aplikasi KlikDokter agar lebih praktis.

(NM)

Jerawat

Konsultasi Dokter Terkait