Sukses

4 Tips Efektif Usir Jerawat dalam Semalam

Anda kehilangan kepercayaan diri karena muncul jerawat padahal besok harus menghadiri acara besar? Coba atasi dengan cara berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika akhir pekan tiba, sebagian dari Anda mungkin sudah mengatur janji dengan teman atau kerabat untuk berkumpul bersama atau menghadiri acara penting. Sayangnya, saat Anda bercermin, tiba-tiba ada jerawat yang muncul. Jerawat itu bukan cuma besar, tetapi juga merah.

Timbulnya jerawat tentu bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, apalagi jika Anda harus hadir di acara penting esok hari. Hal itu bisa semakin parah bila jerawat muncul di area yang mudah sekali terlihat orang lain, misalnya tengah hidung atau bagian pipi depan.

Keinginan untuk menyingkirkan jerawat dalam semalam pun makin tinggi. Lantas, bisakah jerawat diusir dalam satu malam?

Tips usir jerawat dalam semalam

Dilansir dari GQ.com, menyingkirkan jerawat dalam semalam sebenarnya membutuhkan keajaiban dan usaha ekstra. Namun, hal itu bukan berarti tak bisa sama sekali.

Menurut seorang dokter kulit bernama Dr. David Lortscher, jika Anda tidak memberikan perawatan apa pun terhadap jerawat yang tiba-tiba muncul di wajah, biasanya jerawat itu akan hilang sendirinya selama beberapa hari atau minggu.

Sementara itu, jika Anda memberikan perawatan ekstra pada jerawat yang baru muncul, itu berarti kesempatan untuk hilang dalam waktu yang relatif cepat akan mungkin terjadi.

Adapun “usaha ekstra” yang bisa Anda terapkan di rumah untuk menyingkirkan jerawat dengan cepat, yaitu:

1. Pakai perban kecil khusus jerawat (acne patch)

Jerawat biasanya berisi nanah dan minyak. Supaya kandungan tersebut bisa terserap dengan cepat tanpa terganggu oleh bakteri, gunakanlah perban kecil khusus jerawat atau biasa disebut dengan acne patch.

Acne patch yang mengandung cairan hidrokoloid berfungsi untuk menyerap dan “menenangkan” ketegangan pada kulit yang berjerawat. Selain itu, acne patch juga mencegah pertumbuhan bakteri di area jerawat.

Umumnya, setelah menempelkan acne patch semalaman, jerawat akan mengering, mengecil keesokan harinya. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengoleskan concealer di area tersebut, agar bekas jerawat bisa tertutup oleh riasan warna kulit.

2. Pakai krim antijerawat

Ingin memencet jerawat supaya cepat pecah dan menghilang? Buang jauh-jauh pemikiran itu! Pasalnya, memencet jerawat hanya akan menambah peradangan dan meninggalkan bekas yang susah dihilangkan.

Daripada itu, akan lebih baik bila Anda mengunakan krim antijerawat yang terdiri atas bahan aktif, seperti benzoyl, asam salisilat, atau belerang untuk menyedot minyak dan mengatasi pori-pori yang tersumbat.

Benzoyl peroksida itu sendiri bertugas untuk membunuh bakteri dan mengeringkan jerawat. Asam salisilat bertugas untuk membuka pori-pori dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Sedangkan belerang (sulfur) bertugas untuk menyerap sisa minyak dan menenangkan kulit.

Sama dengan acne patch, krim antijerawat bisa meredakan peradangan sehingga menghilangkan kemerahan di area timbulnya jerawat. Agar hasilnya maksimal, cukup oleskan langsung krim tersebut pada jerawat “matang” dan diamkan beberapa saat. Yang perlu diingat, bersihkan dahulu wajah Anda dengan air dan sabun wajah sebelum mengoleskannya.

3. Gunakan tea tree oil

Meski tidak bisa menghilangkan jerawat secepat acne patch atau krim antijerawat, mengoleskan sedikit tea tree oil pada jerawat bisa mencegah kerusakan dan membantu menghalau munculnya jerawat-jerawat baru. Namun ingat, jangan gunakan tea tree oil secara berlebihan atau sama dengan penggunaan face oil lainnya. Sebab, menggunakan tea tree oil secara berlebih justru membuat iritasi.

4. Gunakan concealer tipis yang sesuai warna kulit

Saat jerawat muncul, lebih baik tidak menggunakan riasan yang terlalu tebal supaya pori-pori tidak makin tersumbat. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan concealer yang warnanya sesuai dengan kulit, untuk dioles tipis pada noda jerawat yang sudah mengering.

Bagaimana dengan penggunaan pasta gigi? Apakah benar-benar bisa membantu mengatasi jerawat dengan cepat atau justru sebaliknya? Terkait ini, Dr. Lortscher mengatakan bahwa pasta gigi memang bisa bermanfaat demikian. Itu disebabkan oleh kandungan sodium lauryl sufate (SLS) pada pasta gigi, yang disinyalir bisa mengurusi permasalahan pori-pori.

Namun, Dr. Lortscher menekankan bahwa SLS yang terlalu lama berkontak dengan kulit bisa meningkatkan risiko terjadinya iritasi. Oleh sebab itu, jangan mengoleskan pasta gigi untuk menghilangkan jerawat dalam semalam. Karena bukannya mengempis dan mengering, jerawat justru bisa bertambah parah.

Sebaiknya, gunakan keempat cara di atas untuk menghilangkan jerawat dalam semalam. Apabila Anda ingin mengatasi jerawat yang sudah telanjur parah dan banyak, lebih baik konsultasikan hal tersebut pada dokter kulit. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar