Sukses

Hal-Hal yang Harus Diwaspadai pada Masa Nifas

Setelah persalinan, wanita memasuki masa nifas. Perlu diwaspadai karena nifas bisa memengaruhi kondisi tubuh. Berikut ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Masa nifas biasanya dialami setelah wanita melahirkan, hingga enam minggu sesudahnya. Meski persalinan berjalan lancar, tapi pada masa nifas bukan berarti tubuh wanita pasca melahirkan dalam kondisi aman. Nyatanya, ada banyak hal yang harus diwaspadai saat nifas berlangsung.

Saat nifas, wanita harus menjaga kesehatan. Pada masa ini sedang terjadi perubahan pada organ-organ reproduksi seperti rahim, serviks, vagina, serta fungsi tubuh lainnya yang akan kembali seperti sebelum hamil. Jika ini tidak mendapat perhatian secara tepat, masa nifas bisa membahayakan keselamatan ibu pascapersalinan.

Waspadai beberapa kondisi ini saat masa nifas

Hal-hal yang perlu diwaspadai saat masa nifas antara lain:

  1. Perdarahan berlebihan pada vagina

Perdarahan pasca persalinan normal terjadi. Namun, jika jumlahnya banyak dan terus mengalir, kemungkinan keadaan ini diakibatkan oleh trauma pada saat proses persalinan. Kondisi ini dalam istilah medis disebut hemoragik post partum. Jika tidak segera ditangani akan memicu gangguan anemia pada ibu.

  1. Sakit kepala berlebihan disertai pandangan buram

Jika ada keluhan sakit kepala setelah melahirkan yang terjadi terus-menerus, Anda perlu waspada. Dikhawatirkan sakit kepala ini terjadi akibat peningkatan tekanan darah pasca persalinan, yang dikenal dengan istilah post partum preeklamsia.

Perlu diketahui bahwa tekanan darah wanita setelah melahirkan bisa meningkat sampai 140/90 mmHg. Jika ini tak segera dikendalikan, maka akan terjadi peningkatan risko eklamsia, yaitu preeklamsia yang disertai dengan kejang. Ancamannya adalah koma, bahkan kematian.

  1. Infeksi pada tubuh

Pada masa nifas, tubuh ibu setelah melahirkan rentan terkena infeksi yang bisa terjadi di organ rahim, area perineum, daerah panggul, maupun infeksi saluran kemih. Jika infeksi ini dibiarkan, maka akan menyebar ke bagian tubuh lain dan menganggu kondisi tubuh ibu.

  1. Depresi pasca persalinan

Depresi pasca persalinan dapat terjadi pada beberapa ibu yang baru melahirkan, bahkan kondisi ini umum ditemui. Kondisi ini dapat ditandai dengan munculnya gejala sedih, sering menangis, cemas, serta kesulitan untuk tidur.

Jika depresi pasca persalinan diabaikan begitu saja, maka ini dikhawatirkan akan terus berlanjut. Ini bisa berdampak pada ibu yang mengabaikan dan tak ingin merawat bayinya. Kesehatan mental ibu pun bisa terancam.

  1. Sulit buang air kecil

Saat melahirkan, area di sekitar kandung kemih dan saluran keluar air kencing akan mengalami pembengkakan dan luka. Akibatnya, ibu bisa mengalami kesulitan dalam buang air kecil. Jika keluhan ini dirasakan, segera konsultasikan ke dokter agar bisa ditangani lebih lanjut.

1 dari 2 halaman

Tips menjaga kesehatan saat masa nifas

Dengan banyaknya hal yang harus diwaspadai oleh wanita pasca melahirkan, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh saat masa nifas berlangsung.

  • Pastikan Anda cukup istirahat

Saat masa nifas, jam tidur Anda akan menjadi tidak teratur menyesuaikan jam tidur bayi. Oleh karena itu, Anda yang sedang mengalami nifas disarankan untuk ikut tidur saat bayi tidur.

  • Penuhi asupan makanan bergizi

Untuk meningkatkan kesehatan, Anda disarankan untuk konsumsi makanan sehat bergizi seimbang demi memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi.

  • Penuhi kebutuhan cairan

Jika Anda memberikan ASI ekslusif, maka kebutuhan cairan tubuh harus selalu terpenuhi. Pastikan untuk minum air putih minimal delapan gelas per hari.

Setelah melewati kehamilan dan persalinan, ibu tetap tak boleh lengah. Pasalnya, ada banyak hal yang harus diwaspadai pada masa nifas. Jika Anda tengah dalam masa ini dan memiliki satu atau beberapa keluhan yang disebutkan di atas, segera konsultasikan ke dokter agar Anda bisa mendapatkan penanganan lebih lanjut untuk menghindari terjadinya komplikasi yang bisa mengancam nyawa.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar