Sukses

3 Cara Alami Menjaga Kesehatan Pencernaan

Organ pencernaan sama pentingnya dengan organ lain seperti jantung dan lainnya. Ini tiga cara untuk menjaganya tetap sehat.

Klikdokter.com, Jakarta Saluran pencernaan merupakan salah satu organ yang berperan sangat penting bagi keberlangsungan fungsi tubuh. Organ-organ yang termasuk di dalamnya adalah mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus, dan usus besar. Lalu, sudahkah Anda melakukan yang terbaik untuk menjaga kesehatan pencernaan?  

“Kunci menjaga kesehatan pencernaan yang paling utama adalah dengan menerapkan pola makan teratur. Ini karena lambung setiap harinya memproduksi asam lambung, yang dipergunakan untuk mencerna makanan menjadi lebih kecil,” kata dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter.

Lebih lanjut, dr. Dyah menjelaskan bahwa jika kadar asam lambung terus bertambah namun tidak ada makanan yang bisa diolah akibat tidak teraturnya pola makan, maka asam lambung tersebut berpotensi melukai lambung.

Supaya lebih jelas, berikut cara-cara alami yang bisa Anda lakukan untuk memelihara kesehatan pencernaan:

1 dari 4 halaman

1. Perbanyak serat

Sudah menjadi rahasia umum bahwa serat bermanfaat untuk pencernaan yang baik. Namun sayangnya, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 mengatakan bahwa 93,5% penduduk Indonesia di atas usia 10 tahun kurang makan sayur dan buah. Hal ini tak dapat disepelekan, karena kurang serat tak hanya dapat menyebabkan sembelit tetapi juga meningkatkan risiko kanker usus besar.

Ada dua jenis serat, yaitu serat laut dan serat tidak larut. Serat larut air didapatkan dari kacang-kacangan, tanaman hijau, dan buah-buahan. Sementara itu, serat tak larut air dapat diperoleh dari gandum, beras merah, beras hitam, kulit buah, dan kulit sayuran.

Prebiotik adalah jenis serat lain yang memberi makan bakteri usus sehat Anda. Anda dapat menemukan prebiotik dalam banyak buah, sayuran, serta biji-bijian.

2 dari 4 halaman

2. Tetap terhidrasi

Air mineral memiliki peranan yang penting dalam proses pencernaan, karena dapat melarutkan nutrisi agar tubuh mudah menyerapnya. Tak heran bila kurangnya asupan cairan adalah penyebab umum dari konstipasi. Para ahli merekomendasikan minum 50-66 ons (1,5-2 liter) cairan nonkafein per hari untuk mencegah sembelit. Namun, Anda mungkin perlu lebih banyak air jika Anda tinggal di iklim tropis atau berolahraga.

Cara lain untuk membantu memenuhi kebutuhan asupan cairan adalah mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan kandungan air. Contohnya timun, zukini, seledri, tomat, melon, stroberi, jeruk, dan persik.

3 dari 4 halaman

3. Kelola stres Anda

Stres dapat mendatangkan malapetaka pada sistem pencernaan Anda. Bahkan, kondisi tersebut telah dikaitkan dengan sakit mag, diare, sembelit, serta sindrom iritasi usus besar.

Ini karena usus dan otak Anda saling terhubung meskipun secara rumit. Sehingga, apa yang memengaruhi otak Anda juga bisa berdampak pada pencernaan. Manajemen stres, meditasi, dan latihan relaksasi telah terbukti dapat mencegah sekaligus mengatasi stres. Penelitian lain menemukan bahwa terapi perilaku kognitif, akupunktur, dan yoga juga dapat membantu memperbaiki gejala pencernaan.

Yuk, lakukan tiga cara alami di atas untuk menjaga kesehatan pencernaan Anda. Selain itu, hindarilah rokok serta batasi minum alkohol. Sebaiknya Anda juga tidak sering-sering mengonsumsi asupan yang dapat meningkatkan asam lambung, seperti kopi, sitrus, susu, makanan yang sangat pedas, dan makanan berlemak. Lakukan juga olahraga secara rutin agar sistem pencernaan Anda berfungsi dengan baik.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar