Sukses

6 Tanda Baby Stroller Anda Tidak Cukup Bersih

Sering dibawa ke mana saja untuk menemani anak, nyatanya kebersihan baby stroller kurang diperhatikan. Apa tanda baby stroller tak bersih?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai orang tua, Anda pasti sadar betul untuk selalu menjaga kesehatan anak dan kebersihan diri dan benda-benda di sekelilingnya. Nah, ada satu hal yang kadang luput, yaitu baby stroller. Alat ini sering dibawa serta ke mana saja untuk menemani anak jalan-jalan di luar ruangan, yang tak jarang berdebu. Padahal, debu (dan kotoran lainnya) rentan mencemari baby stroller. Akibatnya, kesehatan anak pun dipertaruhkan.

Dalam menjaga kebersihan anak, biasanya orang tua fokus pada benda yang paling sering digunakan anak, yaitu baju, popok, botol susu, hingga tempat tidur. Baby stroller tidak masuk dalam daftar karena lebih jarang digunakan, hanya saat orang tua mengajak anak jalan-jalan saja. Padahal, penggunaan baby stroller ini hampir selalu di luar ruangan yang terpapar debu.

Selain itu, jika Anda membawa baby stroller saat traveling, kereta bayi ini tentunya akan sering keluar masuk bagasi mobil atau moda transportasi lain seperti pesawat. Aktivitas tersebut sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk membuat Anda memperhatikan kebersihan baby stroller anak.

Kapan harus mencuci baby stroller?

Sebetulnya tidak ada patokan khusus untuk mencuci baby stroller anak. Hingga kini, cara yang paling mudah dan aman untuk mencuci baby stroller adalah dengan divakum.

"Sebenarnya tidak ada patokannya, tapi secara umum tergantung pemakaian. Kalau sering dipakai keluar atau saat anak sedang berada di dalam stroller ia muntah atau mencret, pasti perlu langsung dicuci," ujar dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter.

"Kalau tidak ada kejadian luar biasa seperti muntah atau mencret, tidak terlalu masalah. Penting juga diperhatikan seberapa sering dipakai di luar ruangan. Saran saya cukup divakum saja, tak harus dicuci. Misalnya divakum tiap seminggu sekali, cuci sebulan sekali. Vakum sudah cukup ampuh untuk mengusir debu dan kotoran lain. Jika stroller bisa dibongkar, itu bisa dengan mudah dicuci,” lanjutnya.

Meski baby stroller terlihat bersih, tapi cobalah untuk memperhatikan tanda-tanda di bawah ini. Jika Anda menemukan satu atau beberapa tanda, luangkan waktu untuk membersihkan baby stroller sesegera mungkin sebelum digunakan anak.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Bau yang aneh

Jika Anda sudah mulai mencium bau aneh ketika berada di dekat stroller, itu tandanya tidak bersih dan harus segara dicuci. Mungkin saja bau itu muncul dari tumpahan makanan dan susu. Selain itu, paparan air hujan saat menggunakan stroller di luar ruangan juga bisa bikin bau tak sedap.

  1. Banyak barang-barang aneh yang tertinggal

Stroller memiliki begitu banyak tutup dan kompartemen penyimpanan sehingga mungkin saja ada banyak benda yang terselip. Ketika Anda sedang memeriksa stroller dan Anda menemukan benda-benda seperti kaus kaki bekas, kulit pisang, bungkus makanan atau minuman, segera bersihkan kereta dorong bayi tersebut. Cara lainnya, bawa ke laundry khusus baby stroller.

  1. Banyak remah-remah

Rasanya tak mungkin ketika bayi makan ia tak meninggalkan “jejak”. Coba cek seberapa banyak remah-remah yang tertinggal di stroller dan sudah berapa banyak remah-remah tersebut tersembunyi di sana. Jika remah-remah cukup banyak, bersihkan segera sebelum membiarkan bayi duduk di kereta dorongnya lagi.

  1. Sudah mulai lengket

Saat Anda meraba bagian dalam stroller dan terasa lengket, entah karena tumpahan makanan atau minuman atau hal lainya, alasan ini sudah lebih dari cukup untuk segera membersihkan stroller anak demi kenyamanannya.

  1. Popok bekas pakai dibiarkan di kompartemen

Ketika sedang di luar rumah dan anak buang air kecil atau buang air besar, popok bekasnya sering tidak langsung dibuang, melainkan disimpan dulu di kantong atau kompartemen stroller. Jika Anda lupa dan popok bekas  tersebut “menginap” di stroller anak hingga berhari-hari, segera cuci stroller tersebut.

  1. Banyak bekas air liur bayi Anda

Air liur biasanya suka menetes begitu saja dari mulut bayi dan Anda tak sadar bahwa liurnya sudah mengotori stroller. Memang bekasnya bisa tak terlihat, tapi lama-kelamaan bekas liur akan jelas tampak. Jika Anda sudah menemukannya, itu tandanya stroller harus segera dibersihkan.

Baby stroller mungkin menjadi salah satu perlengkapan bayi yang jarang diperhatian kebersihannya. Padahal, kebersihannya sangat penting, mengingat kereta dorong bayi ini adalah tempat istirahat bayi terutama ketika ia sedang dibawa bepergian. Dengan mengetahui tanda-tanda bahwa baby stroller Anda tidak cukup bersih, Anda bisa segera membersihkannya atau membawanya ke laundry yang menyediakan jasa cuci baby stroller. Kebersihan stroller akan berdampak pada kenyamanan anak saat sedang berada di dalamnya.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar