Sukses

Gejala Depresi yang Dapat Dialami Pria

Seperti apa tanda-tanda depresi yang dialami pria? Kenali 7 gejalanya lewat ulasan lengkap berikut ini.

Menurut beberapa penelitian yang dilansir dari Very Well Mind, ada perbedaan gejala depresi antara pria dan wanita. Misalnya saja,  pria dan wanita mengekspresikan kesedihan dengan cara berbeda. 

Peneliti menemukan wanita lebih sering menunjukkan tanda-tanda emosi yang terlihat seperti menangis, sementara pria cenderung lebih kaku. Ada juga penelitian yang menyatakan bahwa pria lebih gampang marah saat depresi. Pria juga dua kali lebih sering marah dibandingkan wanita. 

Kemungkinan, perbedaan gejala antara pria dan wanita ini disebabkan oleh adanya peran gender tradisional. Contohnya, ada ruang bagi wanita untuk mengutarakan perasaan mereka dengan cara menangis, sedangkan pria dituntut untuk senantiasa kuat. 

Ketika pria seolah tidak diizinkan untuk mengekspresikan perasaannya dengan bebas, perasaan-perasaan tersebut akhirnya meluap ke permukaan dalam bentuk lain. Misalnya saja, pria jadi gampang marah dan tampak lebih agresif. Selain itu, berikut gejala depresi lainnya yang bisa dialami oleh pria:

1 dari 5 halaman

1. Kelelahan

Orang dengan depresi mengalami serangkaian perubahan fisik dan emosional. Mereka dapat mengalami kelelahan dan masalah psikomotor, seperti perlambatan gerakan fisik, ucapan, dan proses berpikir. 

2. Kehilangan Minat

Salah satu tanda depresi adalah kehilangan minat untuk melakukan berbagai kegiatan. Orang depresi akan merasa tidak bergairah dalam melakukan berbagai hal yang dulunya menarik atau merupakan hobinya. Suasana hati mereka dapat menjadi murung dan malas untuk beraktivitas.

Artikel Lainnya: Cara Membangkitkan Semangat Saat Anda Mengalami Depresi

3. Terlalu Banyak atau Kurang Tidur

Insomnia, terbangun saat dini hari, atau tidur berlebihan, merupakan gejala depresi yang umum. Beberapa orang dengan depresi bisa tidur 12 jam per hari dan tetap merasa lelah. Sama halnya dengan kelelahan, masalah tidur juga dapat menjadi gejala utama depresi yang dialami pria.

2 dari 5 halaman

4. Sulit Berkonsentrasi

Retardasi psikomotor atau gerak fisik melambat saat sedang depresi dapat mengganggu kemampuan seseorang dalam memproses informasi. Kondisi ini dapat mengacaukan konsentrasi pekerjaan atau tugas lainnya. Sebab, Anda akan terus memikirkan hal-hal buruk saat dalam keadaan tertekan.

5. Sakit Perut atau Sakit Punggung

Sakit perut atau sakit punggung merupakan salah satu gejala fisik yang dapat terjadi saat sedang depresi. Sayangnya, pria sering tidak menyadari bahwa kedua kondisi tersebut ada hubungannya dengan depresi. Karena itu, jika Anda terus mengalami sakit fisik tanpa alasan yang jelas, mungkin disebabkan oleh depresi atau gangguan mental lain.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Untuk Penderita Depresi

6. Penyalahgunaan Alkohol

Pria yang mengalami depresi sering kali menutupi perasaan tak nyaman mereka dengan mengonsumsi alkohol. Cara ini dijadikan strategi agar pria merasa aman, ketimbang mencari pertolongan medis yang mungkin akan lebih merepotkan bagi mereka.

3 dari 5 halaman

7. Kecemasan

Penelitian menunjukkan adanya hubungan erat antara depresi dengan kecemasan. Menurut hasil studi, wanita memang lebih sering mengalami kecemasan dibanding pria. Akan tetapi, pria lebih sering menganggap kesedihan yang dialaminya sebagai kecemasan.

8. Disfungsi Seksual

Depresi merupakan salah satu alasan utama dari hilangnya gairah seksual dan disfungsi ereksi. Kendati demikian, disfungsi ereksi juga dapat terjadi akibat penggunaan obat antidepresan.

9. Menghindari Keluarga atau Teman

Seorang yang mengalami depresi cenderung akan menyendiri dan menghindari interaksi dengan orang lain. Pria juga bisa mengurung diri di dalam kamar, bahkan menghindari interaksi dengan anggota keluarga atau teman terdekat.

Artikel lainnya: Atasi Depresi dengan Mengubah Pola Diet Anda

4 dari 5 halaman

10. Fokus ke Pekerjaan

Orang yang mengalami depresi cenderung mengalihkan perhatiannya ke hal lain. Dengan demikian, dirinya bisa melupakan beban pikirannya walau hanya sesaat. Sayangnya, fokus seperti ini tidaklah sehat karena merupakan pelarian dan bukan penyelesaian masalah yang sebenarnya.

11. Berperilaku Kasar

Depresi dapat menyebabkan sikap seseorang jadi berubah. Orang dengan depresi bisa menjadi tidak sabar, mudah marah, dan tersinggung. Perubahan sikap ini dapat dijumpai dalam sebuah hubungan suami dan istri. 

12. Mencoba Bunuh Diri

Jangan meremehkan gejala depresi berat yang ditandai dengan keinginan untuk bunuh diri. Orang dengan depresi bisa mengalami perburukan gejala yang menyebabkan dirinya berpikiran untuk mengakhiri hidupnya.

Itu dia 12 tanda depresi yang bisa dialami. Jika Anda mengalami sejumlah gejala tersebut segera kunjungi dokter atau psikolog untuk mengatasi permasalahan di pikiran Anda. Penanganan yang tepat dapat membantu menyelesaikan masalah dan risiko yang fatal akibatnya. 

Untuk informasi lain mengenai kesehatan mental, baca terus artikel di aplikasi Klikdokter. Sedangkan untuk konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat 24 Jam.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar