Sukses

Makanan Rendah Kalori yang Bikin Kenyang Lebih Lama

Dengan mengonsumsi makanan rendah kalori berikut ini, Anda dapat terhindar dari godaan ngemil karena akan merasa kenyang lebih lama.

Para pelaku diet kerap memasukkan makanan rendah kalori ke dalam menu makan sehari-harinya. Hal ini merupakan keputusan yang sangat baik.

Pasalnya, dengan asupan menu rendah kalori, Anda pun merasa kenyang lebih lama dan tidak tergoda untuk melahap makanan lain yang ada di depan mata.

Pada dasarnya, kalori merupakan satuan pengukuran yang digunakan untuk menunjukkan jumlah energi yang dilepaskan saat makanan dicerna. Saat tubuh melepaskan semua kalori sesuai dengan asupan yang Anda makan, berat badan Anda bisa dipertahankan.

Upaya membatasi kebutuhan kalori dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya menjaga asupan makanan. Berikut ini adalah deretan makanan yang rendah kalori, namun tetap bikin kenyang lebih lama:

1 dari 6 halaman

1. Telur

Telur merupakan salah satu makanan berkalori rendah, tetapi kaya akan beragam nutrisi penting. Satu telur besar mengandung sekitar 72 kalori, 6 gram protein serta beragam vitamin dan mineral penting.

Studi menunjukkan bahwa memulai hari Anda dengan satu porsi telur dapat mengurangi rasa lapar dan membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, pada sebuah penelitian lainnya ditemukan, mereka yang makan telur sebagai menu sarapan akan merasa lebih kenyang dan mengonsumsi 105 kalori lebih sedikit di kemudian hari.

Faktanya, sarapan tinggi protein seperti telur dapat mengurangi godaan ngemil, memperlambat pengosongan perut, dan mengurangi tingkat ghrelin, hormon yang bertanggung jawab atas rasa lapar. Anda pun akan kenyang lebih lama.

Artikel Lainnya: Anda Sedang Diet? Ini Daftar Makanan di Bawah 100 Kalori

2. Ikan

Ikan kaya akan protein dan lemak sehat. Ikan juga termasuk makanan rendah kalori yang mengenyangkan. Misalnya pada 85 gram porsi ikan cod, terkandung lebih dari 15 gram protein.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peningkatan asupan protein dapat menurunkan nafsu makan dan mengurangi tingkat ghrelin, hormon yang merangsang rasa lapar. Terlebih lagi, protein ikan sangat bermanfaat untuk mengurangi tingkat kelaparan dan nafsu makan.

Sebuah studi yang mengevaluasi efek protein daging, ayam, dan ikan menunjukkan, protein ikan turut andil dalam membuat rasa kenyang lebih lama.

Untuk mengurangi konsumsi kalori yang berlebihan, pilihlah ikan tanpa lemak, seperti cod, salmon, sarden, hingga makerel.

2 dari 6 halaman

3. Kentang

Kentang sering dianggap tidak sehat dan sama saja dengan nasi. Namun, kentang bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bergizi bila diolah secara tepat.

Penelitian pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa kentang memiliki senyawa yang dapat mengurangi nafsu makan dan mengurangi asupan. Tentu, hal ini dapat meningkatkan rasa kenyang.

Artikel Lainnya: Minuman Soda Rendah Kalori, Benarkah Lebih Sehat?

4. Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak, seperti daging ayam, kalkun, dan daging merah, nyatanya termasuk makanan rendah kalori yang baik untuk diet karena tetap kaya akan protein.

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan asupan protein dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan. Sementara itu, makan lebih banyak protein dapat mengurangi asupan kalori dan tingkat kelaparan.

Dalam sebuah penelitian, orang-orang yang mengonsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging, makan 12 persen lebih sedikit pada malam hari dibandingkan mereka yang mengonsumsi makanan rendah karbohidrat tanpa daging.

3 dari 6 halaman

5. Shirataki

Shirataki adalah bahan makanan pengganti makanan pokok yang rendah kalori dan tidak meningkatkan gula darah dengan signifikan.

Anda dapat mengganti nasi putih atau mie dengan yang berbahan dasar shirataki untuk menurunkan asupan kalori Anda.

6. Apel

Buah kaya vitamin ini dapat menjadi alternatif Anda dalam memenuhi kebutuhan serat Anda. Apel juga adalah salah satu makanan yang rendah kalori.

Buah ini banyak tersedia di Indonesia dan rasanya yang manis dapat memuaskan keinginan rasa manis Anda.

Artikel Lainnya: Deretan Makanan Tinggi Kalori yang Wajib Anda Ketahui

4 dari 6 halaman

7. Gandum

Gandum merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dapat Anda gunakan untuk mengganti nasi.

Makan gandum biasanya mengenyangkan dan tidak meningkatkan gula darah secara drastis.

8. Greek yogurt

Greek yogurt merupakan salah satu tipe yoghurt yang rendah lemak dengan kandungan protein yang lebih tinggi.

Anda dapat memilih yoghurt tipe ini untuk menjadi teman salad atau camilan Anda sehari-hari.

9. Dada ayam

Dada ayam adalah salah satu tipe daging ayam yang baik. Selain itu, dada ayam merupakan makanan rendah kalori.

Kandungan protein pada dada ayam cukup tinggi, sedangkan kandungan lemaknya lebih rendah.

5 dari 6 halaman

10. Sup

Sup dapat memberikan Anda volume cairan tanpa tambahan banyak kalori. Dengan demikian, asupan sup dapat menyebabkan Anda merasa kenyang lebih lama selama sehari.

Hindari menambahkan santan, jeroan atau terlalu banyak minyak pada sup Anda.

Berbagai menu di atas masuk ke dalam daftar makanan yang rendah kalori. Meski kandungan kalori di dalamnya rendah, namun tetap mengenyangkan. Jadi, tak ada salahnya bila Anda memasukkannya ke dalam daftar menu makanan sehari-hari.

Dapatkan informasi seputar gaya hidup sehat lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

[WA]

1 Komentar