Sukses

Anak Sehat dengan Nutrisi Sesuai Gen

Nutrisi yang tepat dapat mencegah berkembangnya penyakit kronis yang tidak diinginkan pada anak. Hal ini dapat direncanakan sejak awal dengan memilih nutrisi sesuai gen anak.

Klikdokter.com, Jakarta Para ilmuwan telah mengungkapkan bahwa nutrisi sesuai gen berdampak pada kesehatan secara menyeluruh, terutama sejak selesainya Human Genom Project yang dilakukan pada tahun 2004.  Hal ini juga bisa Anda terapkan pada anak untuk menciptakan anak sehat dan terhindar dari penyakit kronis.

Dilansir dari laman Nutritious Life, pada studi tersebut dibuktikan bahwa genetik berkaitan dengan kesehatan seseorang, termasuk latihan seperti apa yang cocok bagi tubuh dan diet seperti apa yang sebaiknya dilakukan. Semuanya berdasar pada hasil test gen atau DNA seseorang.

Cegah penyakit kronis dengan nutrisi sesuai gen

Karena kurangnya aktivitas dan pola makan yang tidak sehat, dewasa ini angka kejadian penyakit kronis semakin meningkat. Perubahan gaya hidup yang semakin maju dan modern dari sisi budaya maupun teknologi turut memiliki andil di dalamnya, seperti makanan kekinian hingga budaya nongkrong sampai tengah malam di kafe.

Oleh sebab itu, pencegahan dini dengan menghindari faktor-faktor risiko penyebab penyakit kronis sebaiknya dilakukan sejak awal. Salah satunya dengan merencanakan nutrisi yang tepat sesuai dengan gen anak. Cara ini juga dikenal dengan sebutan diet gen. Ajak juga anak untuk melakukan aktivitas fisik sejak dini untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Saat seseorang dilahirkan, terdapat gen tertentu yang dapat memengaruhi kesehatan dan membuatnya berisiko terkena penyakit kronis yang dapat mengancam nyawa seperti kanker, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Hal ini juga berlaku pada anak-anak.

Meski demikian, risiko ini dapat diubah dengan mempertimbangkan nutrisi sesuai gen yang didapat oleh anak sejak awal. Sebab, pada dasarnya setiap anak membawa bibit penyakit kronis yang berbeda-beda, sesuai dengan gen yang dimilikinya.

Sebagai orang tua, tentu Anda akan berusaha memberikan yang terbaik pada anak untuk meningkatkan kualitas hidupnya, termasuk dengan mengurangi risiko berkembangnya penyakit kronis di masa yang akan datang.

Terapkan ilmu nutrigenomik pada anak

Dengan bantuan ilmu pengetahuan nutrigenomik, saat ini Anda dapat mengetahui bagaimana setiap anak akan memproses nutrisi yang berbeda berdasarkan gen masing-masing. Dengan demikian, Anda dapat menyesuaikan menu khusus untuk memenuhi kebutuhan anak.

Nutrigenomik merupakan ilmu yang mempelajari tentang bagaimana gen dan nutrisi saling berinteraksi. Makanan dan nutrisi sesuai gen dapat berdampak pada proses metabolisme yang nantinya berpengaruh pada tingkat kesehatan secara menyeluruh.

Ilmu nutrigenomik ini dipelajari dengan menggunakan data DNA yang diperoleh dari air liur anak untuk dianalisis. Dari sekitar lebih dari 40 nutrisi yang diteliti menghasilkan rekomendasi nutrisi yang spesifik untuk tiap anak.

Rekomendasi dari nutrigenomic test ini disajikan dalam bentuk laporan nutrisi yang dapat digunakan orang tua dan pengasuh untuk memenuhi kebutuhan gizi anak.

Diet dengan menu khusus tersebut dapat membantu orang tua dan pengasuh untuk mengurangi risiko berkembangnya penyakit kronis pada anak, termasuk anemia, dan hipertensi yang berhubungan dengan defisiensi atau kekurangan vitamin dan mineral.

Sebagai orang tua, sebaiknya Anda sejak awal merencanakan pemberian nutrisi yang tepat sesuai dengan gen anak. Hal ini dapat mengurangi risiko anak terkena penyakit kronis yang kemudian dapat mengganggu tumbuh kembang anak. Dengan demikian, si Kecil akan tumbuh menjadi anak sehat dan kuat.

[NP/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar