Sukses

Mengatasi Osteoporosis dengan Yoga, Apakah Efektif?

Yoga merupakan jenis olahraga yang diklaim dapat menjadi cara mengatasi osteoporosis. Apakah medis setuju dengan klaim tersebut? Ini faktanya!

Yoga adalah jenis olahraga yang telah terbukti dapat memberikan banyak manfaat sehat. Bahkan, tak sedikit orang berpendapat bahwa jenis olahraga ini bisa menjaga kesehatan tulang sehingga dapat dijadikan sebagai cara mengatasi osteoporosis.

Pendapat tersebut merujuk pada sebuah penelitian yang menemukan, lansia yang rutin berlatih yoga selama 2 tahun mengalami peningkatan kepadatan tulang punggung secara signifikan. Hal ini khususnya dirasakan oleh lansia wanita.

Disebutkan pula wanita lansia yang melakukan yoga secara rutin dan teratur mengalami peningkatan kepadatan tulang pada bagian panggul, meski tak begitu signifikan.

Terlepas dari temuan tersebut, apakah medis setuju mengenai manfaat yoga untuk tulang sehingga dapat dijadikan sebagai cara mengatasi osteoporosis?

Artikel Lainnya: 9 Manfaat Yoga untuk Kesehatan Mental dan Fisik Pria

1 dari 2 halaman

Menilik Gerakan Yoga untuk Osteoporosis

Gerakan yoga memang mampu meningkatkan massa tulang dengan mengandalkan beban tubuh sendiri.

Berikut ini adalah rincian manfaat dari beberapa gerakan yoga yang baik untuk kesehatan tulang Anda:

1. Vrksasana atau Pose Pohon

Berdiri tegak dengan satu kaki diletakkan pada paha kaki sebelahnya. Satukan kedua tangan Anda di depan dada secara perlahan, lalu naikkan kedua tangan semaksimal mungkin di atas kepala.

Manfaat dari gerakan vrksasana atau pose pohon adalah menguatkan otot panggul, paha, betis, serta lutut. Gerakan ini pun dapat bantu meningkatkan massa dan kesegarisan tulang punggung ketika semua otot diregangkan ke arah yang sama.

Gerakan vriksasana atau pose pohon juga diduga dapat mengurangi gejala PMS, seperti kram perut dan paha.

2. Trikonasana atau Pose Segitiga

Lebarkan kedua kaki lebih dari panggul. Sentuh lantai dengan tangan kiri, sembari tangan kanan diangkat ke atas. Kepala menengok ke tangan kanan yang diangkat tersebut.

Trikonasana atau pose segitiga akan meningkatkan kelenturan panggul, bahu, dan meregangkan otot perut.

3. Virabhadrasana II atau Pose Warrior II

Lebarkan kedua kaki lebih dari panggul. Menghadap ke salah satu sisi, dan tekuk lutut pada sisi tersebut. Luruskan kaki yang berada di belakang, kemudian rentangkan kedua lengan.

Virabhadrasana II atau pose warrior II sebaiknya dilakukan dengan usaha, kekuatan, dan kepercayaan diri yang maksimal untuk mendapatkan manfaat optimal.

Otot paha belakang akan teregang dengan baik dan hal tersebut akan memperkuatnya. Gerakan ini pun dapat melenturkan panggul, juga mampu mengurangi nyeri punggung bawah.

Artikel Lainnya: 5 Jenis Olahraga yang Efektif untuk Cegah Osteoporosis

4. Setu Bandhasana atau Pose Jembatan

Tidur telentang di atas matras. Dirikan kedua lutut dekat dengan panggul, dengan kedua lengan di samping tubuh. Angkat tubuh Anda sehingga membentuk seperti jembatan. Tahan posisi tersebut selama beberapa saat.

Setu bandhasana atau pose jembatan akan mengurangi rasa nyeri punggung bawah; memperbaiki postur pada leher; serta memperkuat bahu, paha, betis, dan kedua siku.

5. Salabhasana atau Pose Belalang

Tidur tengkurap di atas matras, dengan kedua lengan di samping tubuh. Angkat kepala dan kedua betis Anda secara perlahan, sehingga yang menempel pada matras hanyalah perut dan paha anda.

Salabhasana atau pose belalang akan mengurangi tekanan pada tulang punggung. Gerakan ini juga dapat mengurangi rasa nyeri akibat kelainan punggung, misalnya akibat hernia ringan.

Kekakuan yang ada pada leher, punggung bawah, dan kaki juga berkurang dengan pose belalang. Lemak berlebih pada panggul dan bokong pun turut berkurang, sehingga otot pada daerah tersebut akan lebih kencang.

Manfaat yoga untuk tulang tak bisa ditampik. Kendati demikian, jenis olahraga ini hanya sebatas mencegah osteoporosis alias tidak mengobati atau menyembuhkannya.

Kalaupun ada istilah yoga osteoporosis, sesungguhnya olahraga ini hanyalah terapi alternatif. Karena pada dasarnya, cara terbaik untuk mengatasi osteoporosis harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Atas dasar itu, jika ingin mencoba yoga sebagai terapi alternatif mengatasi osteoporosis, Anda perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Apabila nantinya diperbolehkan, Anda mesti melakukan yoga di bawah pengawasan instruktur profesional agar terhindar dari cedera dan dapat merasakan manfaatnya dengan optimal.

Penasaran dengan manfaat yoga untuk tulang? Ingin tahu cara mengatasi osteoporosis lainnya? Untuk tahu lebih lanjut, Anda dapat konsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar