Sukses

Efektifkah Yoga untuk Atasi Osteoporosis?

Latihan yoga secara rutin diklaim baik untuk mengatasi osteoporosis. Ini faktanya.

Klikdokter.com, Jakarta Bagi Anda yang rutin yoga, mungkin sudah merasakan manfaatnya untuk kesehatan. Selain bikin lebih segar, latihan fisik ini juga dapat melatih tubuh lebih fleksibel. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa yoga efektif untuk mengatasi tulang keropos atau osteoporosis. Apa benar demikian?

Yoga adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang usianya cukup tua. Yoga yang Anda kenal saat ini dan dipraktikkan secara umum adalah bentuk aktivitas fisik yang meliputi meditasi, pengaturan pernapasan, latihan fisik dan postur.

Berdasarkan penuturan dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter, aspek-aspek yang menjadi fokus dari yoga adalah latihan kekuatan otot dan fleksibilitas daripada latihan aerobik.

“Inilah keunikan yoga sebagai bentuk olahraga bila dibandingkan dengan jenis olahraga lainnya. Saat berenang atau joging, aspek ketahanan aerobik atau ketahanan jantung paru sangat dominan dilatih. Sedangkan pada yoga, aspek pentingnya adalah kekuatan otot, ketahanan otot, dan fleksibilitas,” kata dr. Astrid.

Lalu, bagaimana untuk menangani gangguan osteoporosis? Apakah yoga benar-benar efektif? Ini penjelasannya.

Yoga untuk osteoporosis

Osteporosis merupakan kondisi menurunnya kepadatan tulang. Menurut penelitian, wanita lebih sering mengalami osteoporosis dibandingkan pria. Berdasarkan data dari Amerika Serikat, diperkirakan 80% mereka yang mengalami osteoporosis adalah wanita.

Wanita lebih berisiko dibandingkan pria karena bentuk tulangnya lebih kecil dan tipis. Selain itu, wanita mengalami penurunan estrogen saat menopause padahal hormon ini bersifat melindungi tulang.

Tapi jangan khawatir, kondisi osteoporosis dapat dicegah maupun ditangani dengan rutin berolahraga. Salah satu olahraga yang baik untuk osteoporosis adalah yoga.

Dilansir WebMD, yoga dapat meningkatkan keseimbangan tubuh sehingga tak mudah goyah. Hal ini membantu para penderita osteoporosis yang memiliki masalah dengan hal tersebut, dimana tulang tak sekuat sebelumnya.

Karena itulah, orang dengan osteoporosis dianjurkan untuk melakukan yoga. Hal ini karena aktivitas-aktivitas yang menuntut fleksibilitas ini penting untuk melenturkan tubuh. Apalagi, mereka yang mengidap osteoporosis rentan mengalami cedera.

Ingin melakukan yoga dengan benar? Berdasarkan saran dr. Karin Wiradarma dari KlikDokter, lakukan 3 gerakan berbeda sebagai berikut untuk menguatkan tulang:

1. Pose busur (urdhva dhanurasana)

  • Berbaringlah telentang pada matras yoga di lantai
  • Tekuk siku, letakkan kedua telapak tangan di sisi kiri dan kanan kepala (seperti akan melakukan gerakan kayang)
  • Kencangkan bokong, tekuk lutut, lalu perlahan angkat badan Anda
  • Tahan selama 5-10 detik dan ulangi hingga 3-10 kali

2. Pose unta (ustrasana)

  • Berlututlah di lantai yang sudah beralaskan matras yoga
  • Atur lutut selebar pinggul dan paha tegak lurus dengan lantai
  • Kencangkan bokong, lalu raih kedua tumit kaki dengan kedua tangan
  • Perlahan condongkan bahu ke belakang, lalu arahkah kepala dan pandangan mata ke atas
  • Pertahankan pose ini sekitar 30-60 detik

3. Pose sisi menyamping

  • Tangan kanan bertumpu lantai
  • Posisikan tungkai (seluruh kaki dari pangkal paha ke bawah) sebelah kanan, lalu tekuk
  • Dilanjutkan dengan memosisikan tungkai kiri lurus ke belakang
  • Angkat tangan kiri lurus ke atas
  • Arahkan kepala dan pandangan mata ke arah tangan kiri
  • Pertahankan pose ini selama 30-60 detik. Anda juga dapat mengganti posisi tangan dan kaki (dari tumpuan kiri ke kanan dan sebaliknya)

Yuk, terapkan yoga untuk menangani osteoporosis Anda sehingga tubuh lebih seimbang dan tulang lebih kuat. Selain yoga, lakukan juga pola hidup sehat lainnya agar manfaat latihan fisik dapat lebih optimal. Selamat beryoga ria!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar