Sukses

Cara Aman Mengobati Cantengan di Rumah

Aktivitas Anda terganggu karena Anda sedang mengalami cantengan? Lakukan cara ini untuk mengatasi dan mencegahnya terulang kembali.

Pernahkah Anda merasakan salah satu dari jari, baik tangan atau kaki, tiba-tiba terasa nyut-nyutan akibat cantengan? Cantengan atau dalam istilah medis disebut sebagai paronikia merupakan keluhan yang biasanya terjadi akibat pertumbuhan kuku tidak normal.

Pada kasus tertentu, cantengan bisa menyebabkan luka dan infeksi akibat kotoran dan kuman yang menyusup. Oleh karena itu, kondisi ini sebaiknya segera diatasi agar tidak bertambah parah.

Berikut beberapa cara mengobati cantengan dan mempercepat penyembuhan.

1 dari 4 halaman

1. Rendam Kuku dalam Air Hangat

Cara mengatasi cantengan yang pertama adalah dengan merendam kaki sebanyak 3–4 kali sehari dalam air hangat, dengan durasi 5–10 menit hingga gejala menghilang.

Keringkan kuku setelah direndam. Pastikan agar daerah kuku serta bagian di sekitarnya selalu bersih dan kering.

2. Cermati Produk Kulit yang Anda Gunakan

Hindari menggunakan produk yang bisa mengiritasi, seperti sabun dengan pewangi, pembersih cat kuku, serta kuteks.

Beberapa orang memiliki kecenderungan mengalami iritasi kulit pada penggunaan produk dengan kandungan pewangi.

Artikel lainnya: Ketahui 6 Cara Mencegah Kuku Cantengan Berikut Ini

2 dari 4 halaman

3. Hindari Terjadi Trauma

Sebisa mungkin, hindari terjadi trauma pada kuku, misalnya, tersandung kaki meja atau batu.

Jangan pula menggunting daerah yang terinfeksi sendiri atau manipulasi daerah kuku dan sekitarnya. Terlebih jika sudah terjadi luka pada daerah kuku, lebih baik konsultasikan dahulu dengan dokter.

4. Gunakan Ukuran Sepatu yang Pas

Pastikan Anda menggunakan alas kaki yang sesuai ukuran dan nyaman. Sepatu yang terlalu sempit atau memberikan tekanan berlebih pada jari kaki dapat menyebabkan kuku tumbuh ke dalam jaringan. Akibatnya, cantengan akan lebih mudah terjadi.

3 dari 4 halaman

5. Jaga Kebersihan Kuku

Selama cantengan, jangan lupa untuk menjaga kebersihan kulit sekitar kuku Anda. Jika cantengan terjadi pada kuku kaki, maka hindari berjalan tanpa alas kaki. 

Cuci kaki dan tangan Anda secara berkala, khususnya setelah memotong kuku. Gunakan sabun dan air mengalir agar kuman tidak menempel dan menyebabkan cantengan.

6. Rutin Memeriksa Keadaan Kuku Anda

Jangan anggap sepele gangguan pada kuku. Anda dapat memeriksa kuku setiap hari secara mandiri dan melihat apakah terdapat luka pada kuku Anda.

Jika terlihat tanda radang seperti pembengkakan, merah, nyeri dan ada nanah, jangan ragu untuk memeriksakan diri Anda ke dokter. Pada kasus tertentu, radang dapat membutuhkan pemberian antibiotik untuk membantu mengatasi infeksi yang terjadi.

Itulah cara mengobati cantengan yang bisa dilakukan di rumah. Jika setelah melakukannya cantengan masih saja terjadi, apalagi hingga berulang kali, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter. Anda bisa mendapatkan diagnosis dan pengobatan pasti dari kondisi yang sedang dialami.

Kalau Anda masih ingin berkonsultasi seputar cara mengobati cantengan di rumah atau masalah kesehatan lain, manfaatkan layanan Live Chat 24 dari Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar