Sukses

Faktor Penyebab Kanker Paru yang Sering Tidak Disadari

Tanpa disadari, kanker paru-paru bisa dipicu beberapa hal. Apa sajakah? Yuk, simak daftar penyebab kanker paru-paru agar Anda bisa menghindarinya.

Kanker paru adalah kondisi ketika sel tumor tumbuh di dalam organ paru-paru. Sel tumor kemudian tumbuh secara tidak terkontrol dan menimbulkan gangguan kesehatan tertentu. Penyebab kanker paru-paru tersering adalah kebiasaan merokok.

Makin banyak batang rokok yang diisap, semakin tinggi pula risiko Anda terkena kanker paru-paru. Parahnya lagi, hal tersebut juga berlaku bagi perokok aktif dan perokok pasif.

Akan tetapi, tahukah Anda kalau masih banyak penyebab penyakit kanker paru paru selain rokok? Ya, penyebab tak terduga tersebut adalah sebagai berikut.

1 dari 4 halaman

1. Paparan Polusi Udara

Berada di tempat dengan level polusi udara yang tinggi, seperti jalan raya padat kendaraan, bisa meningkatkan risiko terkena kanker paru.

International Agency for Research on Cancer memperkirakan 223.000 orang di dunia meninggal karena kanker paru akibat polusi udara pada 2010.

Dalam polusi udara terdapat berbagai partikel sangat kecil, yang mencakup bahan kimia, zat asam, logam, debu, dan tanah.

Artikel lainnya: Alternatif Pengobatan Kanker Paru Bisa Lewat Terapi Ini

Partikel-partikel tersebut bisa dengan mudah memasuki saluran napas, lalu ke dalam paru-paru, atau bahkan darah sehingga berpotensi memicu kanker.

2. Faktor Keluarga

Memiliki orang tua atau saudara kandung penderita kanker paru bisa meningkatkan risiko Anda mengalami kondisi serupa hingga dua kali lipat.

Meski belum pasti, menurut Oncology Letters pada tahun 2017, hal tersebut diduga berhubungan dengan faktor lingkungan dan genetik yang saling berkaitan.

2 dari 4 halaman

3. Mengidap HIV

Menurut National Cancer Institute, orang yang terinfeksi human immunodeficiency virus (HIV) berisiko terkena kanker paru dua kali lebih tinggi. Namun, belum jelas apakah ini karena tingkat merokok yang lebih tinggi pada pengidap HIV atau akibat infeksi itu sendiri.

Beberapa peneliti berteori, imunosupresi—melemahnya sistem kekebalan akibat infeksi—dan peradangan berperan jadi penyebab penyakit kanker paru-paru. Namun demikian, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk menentukan hasil yang lebih valid.

4. Paparan Radon

Radon adalah salah satu senyawa kimia yang dikaitkan dengan kejadian kanker paru. Berdasarkan penjelasan National Cancer Institute, radon melepaskan partikel radioaktif perusak sel dalam paru-paru manusia.

Artikel lainnya: Kanker Paru Lebih Mudah Serang Pria atau Wanita?

Pada gilirannya, menghirup radon untuk waktu lama bisa mengakibatkan mutasi sel terkait kanker paru-paru. Sel paru yang bermutasi akan tumbuh tidak normal dan berakhir pada kanker paru.

3 dari 4 halaman

5. Paparan Asbes

Penyebab kanker paru-paru berikutnya adalah paparan asbes. Menelan atau menghirup serat asbes secara terus-menerus dan konsisten juga bisa picu kanker paru.

Kondisi tersebut bisa Anda alami di lokasi kerja, terutama lahan-lahan konstruksi ataupun di rumah sendiri.

Kanker yang disebabkan oleh asbestos bahkan bisa terjadi setelah 15-35 tahun setelah paparan asbestos.

6. Asap Knalpot Diesel

Yang dapat menyebabkan kanker paru-paru berikutnya adalah asap hasil mesin diesel. Ya,  paparan asap knalpot diesel rupanya juga berhubungan peningkatan risiko kejadian kanker paru.

Selain kanker paru, ternyata asap diesel juga berhubungan dengan kanker kandung kemih. Jadi hindari menghirup asap dari mesin diesel, ya!

Setelah tahu enam faktor penyebab kanker paru tadi, Anda dianjurkan untuk lebih waspada. Segera terapkan gaya hidup sehat, agar kanker paru dan penyakit berbahaya lain tidak terjadi pada diri Anda.

Jangan lewatkan informasi lainnya seputar penyakit, nutrisi, dan gaya hidup sehat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar