Sukses

7 Tips Sehat Menjalani Trimester Pertama Kehamilan

Trimester pertama kehamilan adalah momen yang penting bagi ibu hamil. Dibutuhkan trik khusus untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima.

Klikdokter.com, Jakarta Dilansir dari situs kesehatan WebMD, sekitar 25 persen wanita hamil di seluruh dunia mengalami sedikit perdarahan selama trimester pertama kehamilan. Pada awal kehamilan, bercak darah yang keluar disertai kram atau nyeri pada perut bisa menandakan kondisi yang serius. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu menjaga kesehatan.

Bila ibu hamil mengalami hal tersebut, risiko yang dapat terjadi adalah keguguran atau kehamilan ektopik atau kehamilan yang berkembang di luar rahim. Selain itu, aliran hormon di awal kehamilan bisa memicu perubahan suasana hati yang cukup ekstrem pada ibu hamil. Berbagai keluhan trimester pertama tersebut bisa diatasi dengan berbagai tips khusus.

Sehat di trimester pertama kehamilan

Kesehatan ibu hamil merupakan salah satu faktor yang penting dalam kehamilan. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjaga agar kehamilan Anda tetap sehat.

  1. Menjaga asupan nutrisi dan makan teratur

Selain keaktifan bergerak dan istirahat, nutrisi juga sangat memengaruhi kesehatan ibu. Menurut dr. Tri Rejeki Herdiana dari KlikDokter, ibu hamil memerlukan asupan kalori sebesar 2200 kalori setiap harinya, terutama pada trimester pertama.

Selain itu, ingatlah untuk selalu makan tepat waktu. Pilih menu makanan yang mengandung zat besi, protein dan kalori dalam jumlah yang cukup. Pastikan juga Anda cukup terhidrasi dengan banyak minum air putih.

  1. Hindari makanan yang mengandung polutan

Pastikan selama hamil Anda mengonsumsi makanan yang bergizi untuk menunjang perkembangan embrio. Hati-hati, karena beberapa makanan yang mengandung parasit seperti listeriosis dan toksoplasma dapat mengakibatkan bayi lahir cacat.

Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari adalah hati, produk susu yang tidak dipasteurisasi, serta ikan yang mengandung merkuri kadar tinggi seperti hiu dan marlin.

  1. Sebaiknya tidak melakukan kontak dengan kucing

Perlu Anda ketahui, toksoplasmosis juga dapat melekat pada kotoran kucing. Jadi, selain menghindari berdekatan dengan kucing, sebaiknya mintalah bantuan orang rumah untuk membersihkan kotoran kucing selama Anda hamil.

  1. Konsumsi hanya makanan matang

Pastikan semua makanan yang dikonsumsi telah matang sempurna agar terhindar dari infeksi bakteri. Menurut dr. Tri Rejeki, daging setengah matang atau mentah bisa mengandung bakteri Salmonella dan parasite toksoplasmosis yang memicu keguguran serta kerusakan pada otak janin.

  1. Cukup istirahat

Tidurlah lebih cepat di malam hari dan selingi dengan tidur sebentar di siang hari. Pastikan Anda cukup tidur, terutama saat merasa lelah.

  1. Rutin melakukan aktivitas fisik

Menurut dr. Dewi Ema Anindia dari KlikDokter, walaupun Anda tidak memiliki energi untuk melakukan  aktivitas fisik sekalipun, ibu hamil sebaiknya tetap bergerak aktif sesuai kemampuannya.

“Melakukan aktivitas fisik dengan intensitas ringan seperti berjalan setiap hari selama 20-30 menit bisa mengurangi rasa lelah selama hamil. Tapi, lakukanlah aktivitas ini bila kondisi Anda cukup mendukung,” jelas dr. Dewi.

  1. Kurangi waktu bekerja

Bila Anda adalah wanita karier, bekerja selama masa kehamilan dijelaskan oleh dr. Dewi bisa memperparah kondisi Anda, sehingga tubuh mudah lelah. Sebaiknya kurangi mobilitas selama di kantor. Anda bisa meminta bantuan rekan kerja untuk membantu.

Kesehatan kehamilan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan janin di dalam kandungan serta kondisi fisik ibu hamil. Agar tetap sehat selama menjalani trimester pertama kehamilan, Anda dapat melakukan berbagai kiat di atas. Yang tak kalah penting, lakukan pemeriksaan secara rutin dengan dokter kandungan dan kebidanan.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar