Sukses

Warna Gusi Pucat? Mungkin Penyakit Ini Sebabnya

Warna gusi pucat bisa menjadi suatu tanda adanya penyakit serius. Jangan anggap sepele, dan segeralah berobat ke dokter!

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang memiliki warna alami gusi yang bervariasi. Pada umumnya, gusi yang normal berwarna merah muda dan relatif tidak berubah. Warna merah muda tersebut akan tampak pada gusi sekitar gigi, dan terlihat lebih merah pada dasar gusi.

Sementara itu, bila gusi berwarna merah gelap pada ujungnya, kemungkinan penyebabnya adalah kebersihan mulut yang buruk. Sedangkan, gusi yang tampak pucat dapat menunjukkan adanya suatu penyakit yang serius.

Apa saja penyakit yang memberikan gejala gusi pucat?

1. Anemia

Anemia atau kurang darah merupakan kondisi yang terjadi ketika kadar hemoglobin (Hb) berada di bawah normal. Salah satu gejala yang terjadi akibat penyakit ini adalah kulit dan gusi yang tampak pucat.

Adapun gejala-gejala lain yang juga bisa terjadi akibat anemia, misalnya pusing, mudah lelah, badan lemas, sesak napas, dan denyut jantung tidak teratur.

Jadi, jika tampilan kulit atau gusi tampak pucat dan Anda mengalami berbagai gejala lain yang telah disebutkan, jangan tunda untuk segera berobat ke dokter. Anemia yang terlambat ditangani bisa berujung pada kematian.

2. Candidiasis oral

Candidiasis oral adalah gangguan rongga mulut yang terjadi akibat adanya infeksi jamur. Jika infeksi tersebut sudah menyebar ke arah gusi, maka penampilan gusi akan terlihat berwarna putih pucat.

3. Leukoplakia

Leukoplakia merupakan suatu kondisi dimana bagian gusi akan tampak berwarna putih pucat. Hal ini umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk, seperti merokok dan mengunyah tembakau yang dapat menyebabkan iritasi pada mulut.

Dalam beberapa kasus, leukoplakia cenderung tidak berbahaya bagi kesehatan. Akan tetapi, kondisi ini dapat berubah menjadi kanker, khususnya jika terjadi secara berkelanjutan.

4. Lichen planus oral

Ini adalah proses peradangan yang menyerang bagian mulut, berupa benang putih yang sedikit timbul dan berkembang di seluruh membran lendir gusi. Orang yang mengalami kondisi ini sangat mungkin untuk memiliki tampilan gusi yang pucat.

Orang yang mengalami keadaan ini harus segera mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Bila tidak, risiko penyakit untuk berkembang menjadi lebih parah akan meningkat berlipat ganda. Bahkan pada beberapa kasus, linchen planus oral dapat menyebabkan terjadinya luka terbuka di bagian mulut.

Mengingat kemungkinan adanya penyakit di atas, Anda yang mengalami keluhan gusi pucat sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Jangan anggap sepele, karena penyakit-penyakit di atas dapat sangat mengganggu aktivitas hingga mampu menurunkan kualitas hidup Anda.

Nah, bagi Anda yang saat ini masih memiliki gusi dengan kondisi sehat, pertahankan keadaan tersebut dengan menyikat gigi dua kali sehari menggunakan teknik yang tepat. Dampingi kebiasaan ini dengan melakukan flossing setelah makan menggunakan dental floss, jauhi kebiasaan merokok, cukup istirahat, serta selalu konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar