Sukses

Ini Dia 7 Manfaat Kaldu Tulang untuk Kesehatan

Ingin tahu apa saja manfaat kaldu tulang untuk kesehatan? Simak penjelasan medisnya sebagai berikut!

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kesehatan tubuh adalah hal penting untuk dilakukan. Berbagai upaya dianjurkan oleh para ahli medis, salah satunya mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

Dari sekian makanan sehat, satu yang tak boleh Anda luputkan adalah kaldu tulang. Ya, makanan yang satu ini memang sudah dikonsumsi sejak zaman dahulu karena enak dan memiliki banyak manfaat kesehatan.

Apa saja manfaat sehat yang bisa didapat dengan mengonsumsi kaldu tulang?

1. Sendi lebih kuat

Kaldu tulang memiliki kandungan glukosamin yang dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit. Chondroitin sulfate yang ditemukan di tulang rawan yang melindungi persendian misalnya, terbukti membantu mencegah osteoartritis.

2. Bikin awet muda

Kandungan kolagen dalam kaldu tulang memberikan manfaat signifikan pada kulit.

“Salah satu fungsi dari kolagen yang paling besar adalah sebagai penyokong kulit. Perlu diketahui bahwa kandungan kolagen dalam tubuh kita menurun sebanyak 1,5 persen setiap tahunnya saat memasuki usia 25, sehingga diperlukan bantuan asupan dari luar untuk membentuk kolagen dalam tubuh,” kata dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Studi pun telah menunjukkan bahwa peningkatan elastisitas kulit dan menyamarkan garis-garis halus dapat diwujudkan dengan mengonsumsi kaldu tulang pada porsi secukupnya.

3. Kualitas tidur lebih baik

Beberapa penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa kandungan glisin yang ditemukan pada kaldu tulang dapat membantu memperbaiki kualitas tidur dan mengusir kelelahan.

4. Kekebalan tubuh lebih optimal

Penulis The Primal Blueprint, Mark Sisson, menyebut kaldu tulang sebagai "makanan super" yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Hal ini karena kaldu tulang memiliki konsentrasi mineral yang tinggi.

5. Meningkatkan kekuatan tulang

Fosfor, magnesium, dan kalsium pada tulang yang dijadikan bahan dasar kaldu mampu membuat Anda mendapatkan semua nutrisi penting tersebut. Jadi, dengan mengonsumsi kaldu tulang pada porsi yang tepat, kesehatan tulang Anda juga dapat terjaga dengan baik.

6. Bagus untuk menurunkan berat badan

Sedang berusaha menurunkan berat badan dan menghindari daging-dagingan? Kaldu tulang bisa Anda jadikan sebagai solusinya!

Konsumsi kaldu tulang dapat menggantikan peran gizi pada daging, karena membantu memasok asam amino dari protein hewani melalui tulang. Selain itu, kaldu tulang juga mengandung asam amino penting untuk pemulihan otot dan energi; dua kunci dari kinerja kebugaran tubuh Anda.

7. Mengatasi berbagai macam penyakit pencernaan

Kaldu ayam memiliki peran sebagai tonik pencernaan bagi siapa saja yang menderita GERD atau inflammatory bowel syndrome (IBS). Rasanya yang menyegarkan pun cenderung meredakan mual dan dapat ditoleransi dengan baik oleh wanita hamil.

Itu dia beberapa manfaat sehat dari kaldu tulang. Jika ingin merasakannya, pastikan Anda mengonsumsi kaldu tulang pada porsi yang tepat. Jangan lupa untuk mengombinasikannya dengan penerapan gaya hidup sehat, seperti berolahraga, cukup istirahat, jauhi rokok maupun alkohol, serta kelola stres dengan baik. Salam sehat!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar