Sukses

Kapan Usia yang Tepat Untuk Cegah Osteoporosis?

Osteoporosis merupakan penyakit yang bikin tulang Anda mudah patah. Cegah penyakit ini dari sekarang!

Klikdokter.com, Jakarta Menurut iklan yang beredar, konsumsi kalsium untuk mencegah osteoporosis bisa dimulai ketika Anda sudah dewasa. Benarkah demikian? Jika tidak, sebenarnya kapan usia yang tepat untuk melakukan pencegahan terhadap osteoporosis?

Sebelum membahas jawabannya, Anda perlu tahu bahwa osteoporosis tak hanya terjadi akibat kurangnya konsumsi kalsium. Banyak faktor yang juga berperan pada terjadinya keadaan tersebut.

Faktor-faktor yang menjadi penyebab osteoporosis ada yang bisa dimodifikasi, ada pula yang tidak.

Faktor yang tidak dapat dimodifikasi, yaitu:

  • Genetik
  • Usia
  • Jenis kelamin

Sedangkan faktor yang dapat dimodifikasi, antara lain:

  • Aktivitas fisik

Tulang yang kuat butuh aktivitas fisik yang memadai. Jenis olahraga yang baik untuk mencegah osteoporosis adalah jenis weight-bearing exercise. Jenis olahraga ini akan memaksa tubuh untuk bergerak melawan gravitasi sehingga terbentuk mineralisasi tulang yang baru. Olahraga jenis weight-bearing exercise, misalnya aerobik, panjat tebing, menari, joging, tenis, dan yoga.

Tak hanya itu, olahraga yang melatih kekuatan otot juga dapat mencegah osteoporosis. Jenis olahraga ini, selain membentuk kekuatan tulang, juga melatih keseimbangan dan fleksibilitas tubuh.

Selain berolahraga, aktivitas fisik harian seperti mengangkat belanjaan dan menggendong anak juga tergolong sebagai kegiatan yang dapat mencegah osteoporosis.

  • Kandungan vitamin D pada tubuh

Vitamin D yang cukup diperlukan untuk menyerap dan menggunakan kalsium yang dikonsumsi. Bila Anda makan cukup banyak sumber kalsium namun kadar vitamin D di dalam tubuh rendah, maka penyerapan kalsium tidak akan berlangsung optimal.

Jadi, agar osteoporosis tidak terjadi, Anda wajib memenuhi kebutuhan vitamin D setiap hari. Vitamin D bisa didapatkan dari makanan, seperti lemak ikan salmon dan tuna, hati sapi, keju, dan kuning telur. Selain itu, vitamin D juga bisa didapat dari paparan sinar matahari. Faktanya, kulit manusia memiliki vitamin D yang baru aktif ketika terpapar sinar matahari.

  • Kandungan kalsium tubuh

Tulang senantiasa mengalami resorpsi dan reabsorpsi. Resorpsi adalah pengeluaran kalsium dari dalam tulang. Sedangkan reabsorpsi adalah peletakan kalsium di dalam tulang.

Hal tersebut menyebabkan asupan kalsium yang cukup dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan kalsium di dalam tulang dan di darah.

  • Konsumsi alkohol

Konsumsi alkohol yang berlebihan akan meningkatkan risiko kehilangan kepadatan massa tulang.

  • Kebiasaan merokok

Rokok dapat menurunkan densitas atau kepadatan massa tulang. Wanita yang merokok akan mengalami menopause lebih dini dibandingkan wanita yang tidak merokok. Menopause akan menurunkan hormon estrogen, yang memiliki fungsi protektif terhadap tulang.

Lalu, kapan seseorang harus mulai melakukan pencegahan terhadap osteoporosis? Jawabannya adalah sedini mungkin, sejak masih anak-anak.

Untuk mencegah osteoporosis, beberapa upaya yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan aktivitas fisik 30 menit sehari.
  2. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium dalam jumlah cukup setiap hari.
  3. Hindari rokok maupun konsumsi alkohol.

Jika saat ini Anda sudah bukan anak-anak lagi dan tak ingin terkena osteoporosis di kemudian hari, segera terapkan tips di atas sekarang juga. Pada dasarnya, tidak ada kata terlambat untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Jadi, yuk, terapkan gaya hidup sehat mulai dari sekarang!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar