Sukses

Es Krim, Kudapan Enak dan Sehat

Siapa tak doyan es krim? Di balik rasanya yang enak, es krim juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Es krim merupakan salah satu menu dessert yang disukai segala usia. Rasanya manis atau asam, ditambah dengan teksturnya yang lembut dan bisa dicampurkan berbagai topping bikin penikmatnya ketagihan. Meski disukai, tapi tak sedikit orang yang menghindari dengan berbagai alasan. Salah satunya adalah tak mau berat badan bertambah. Padahal, di balik kenimatannya ini es krim juga membawa kebaikan untuk tubuh, lho!

“Sensasi nikmat es krim memang selalu memikat, terlebih bagi para penggemarnya. Hal yang lebih menyenangkan, Anda juga bisa menikmati banyak manfaat darinya,” ujar dr. Dyan Mega Inderawati dari KlikDokter.

Manfaat es krim untuk kesehatan tubuh

Faktanya, es krim memiliki manfaat spesifik untuk tubuh. Ada sebuah studi yang dilakukan di Universitas Tokyo, Jepang, yang memberikan sejumlah partisipan es krim sesaat setelah bangun pagi. Selanjutnya, para peneliti membandingkan aktivitas otak para partisipan dengan mereka yang tidak mengonsumsinya pada pagi hari.

Hasilnya, partisipan yang diberi es krim memiliki pola aktivitas otak yang lebih tinggi. Aktivitas otak yang lebih tinggi ini berhubungan langsung dengan produktivitas dan kecerdasan. Tak hanya itu, tingkat stres partisipan pun dilaporkan mengalami penurunan.

“Berbagai teori kemudian bermunculan untuk menjawab hal ini. Salah satu teori yang terkenal adalah kandungan glukosa atau zat gula di dalam es krim. Untuk bekerja, otak memang membutuhkan asupan gula yang cukup. Faktanya, beberapa sendok es krim cukup mengandung jumlah yang dibutuhkan otak ini,” kata dr. Dyan.

Selain itu, tidak bisa dimungkiri juga bahwa terdapat kebahagiaan tersendiri saat menikmati satu atau dua scoop es krim. Rasa senang dan bahagia yang tercipta itu mampu membuat otak melepaskan hormon-hormon dan berbagai zat yang nantinya dapat meningkatkan kreativitas dan kecerdasan seseorang.

Menariknya lagi, pada beberapa anak ataupun orang dewasa, minuman atau makanan dingin dapat membantu mengurangi rasa sakit karena peradangan yang terjadi di daerah tenggorokan. Sehingga dengan begitu, es krim yang teksturnya lembut akan mudah ditelan dan rasa dingin dapat membantu meredakan rasa sakit serta menyejukkan daerah tenggorokan yang sakit.

Ditambahkan oleh dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, “Es krim bisa diandalkan untuk meredakan nyeri tenggorokan karena sifatnya yang menyejukkan. Berbeda dengan persepsi selama ini yang beredar, ketika batuk justru disarankan makan es krim untuk meringankan rasa sakit di tenggorokan (soothing effect).”

Es krim memang bisa menyehatkan tubuh, tapi ...

Meski menyehatkan, Anda perlu tahu fakta tentang bahaya mengonsumsi es krim bila berlebihan. Mengingat es krim berbahan dasar susu, Anda yang menikmatinya terlalu banyak bisa menimbun banyak lemak di tubuh.

“Satu scoop es krim ukuran sedang dapat mengandung 133 kalori, sedangkan 1 cangkir es krim dapat mengandung 267 kalori. Itu pun belum mencakup tambahan kalori dari bahan-bahan tambahan seperti kacang, chocolate chips, saus cokelat, saus buah, dan topping lainnya,” kata dr. Jessica

Asupan kalori yang berlebihan di dalam tubuh akan memudahkan penimbunan lemak. Dengan bertambahnya timbunan lemak, berat badan pun sangat mungkin mengalami kenaikan dan jika ini tidak dikontrol obesitas pun dapat terjadi. Seperti diketahui, kondisi ini nantinya dapat memicu kondisi kesehatan lain yang lebih berbahaya, misalnya penyakit jantung, diabetes, dan strok.

Menikmati es krim memang tak salah. Namun, ingatlah bahwa sesuatu yang berlebihan itu tak baik. Karenanya, konsumsilah dalam jumlah batas wajar dan pastikan Anda juga mengatur pola makan dan giat berolahraga demi menjaga kesehatan tubuh.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar