Sukses

Aturan Kehamilan Kerajaan yang Harus Diikuti Meghan Markle

Istri Pangeran Harry, Meghan Markle, tengah hamil trimester pertama. Ada aturan hamil di keluarga kerajaan Inggris yang harus ia patuhi.

Klikdokter.com, Jakarta Pada hari Senin lalu (15/10), Kensington Palace mengumumkan secara resmi bahwa Meghan Markle alias Duchess of Sussex tengah mengandung anak pertamanya. Ternyata, ada aturan keluarga kerajaan Inggris terkait kehamilan yang sepertinya mau tak mau harus diikuti oleh Meghan.

Dilansir dari laman Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa aturan terkait kehamilan di keluarga kerajaan Inggris.

1. Tak boleh mengenakan pakaian yang terlalu terbuka

Sebetulnya ini juga berlaku saat Meghan tidak sedang hamil. Namun, khususnya pada masa kehamilan, biasanya anggota kerajaan yang hamil tidak diperbolehkan mengenakan pakaian yang terbuka. Apalagi jika pakaian tersebut menunjukkan belahan dada sang calon ibu.

2. Morning sickness adalah urusan publik

Masih ingatkah ketika Kate Middleton pada kehamilannya terdahulu mengalami morning sickness yang cukup parah, yang istilah medisnya adalah hiperemesis gravidarum? Bahkan, situs web resmi keluarga kerajaan pun sampai mengeluarkan rilis pres akan kondisi Kate ini, yang dideskripsikan sebagai, “morning sickess akut, yang mungkin membutuhkan suplemen untuk hidrasi, pengobatan, dan nutrisi.”

Jika kehamilan Meghan juga mengalami kendala seperti Kate, paling tidak ia tak akan mengalaminya sendirian—karena warga dunia akan tahu dan siap mengirimkan simpati.

3. Harus tetap menutupi jari kaki

Perubahan tubuh pada kehamilan salah satunya adalah kaki (termasuk jari-jarinya) bengkak. Ini merupakan perubahan yang wajar. Solusi kondisi ini adalah mengenakan sepatu, khususnya sandal yang nyaman, yang memungkinkan jari kaki bisa “bernapas”.

Sayangnya, solusi tersebut agaknya tak bisa dilakukan oleh Meghan. Dengan menjaga sopan santun di depan publik, ia nantinya harus tetap menutupi jari-jari kakinya tak peduli seberapa bengkak kakinya atau seberapa panas dan teriknya cuaca. Meski demikian, Meghan dikenal telah melanggar beberapa aturan tradisional keluarga kerajaan. Bisa jadi ini akan jadi salah satu aturan yang akan ia langgar.

Untuk kondisi kaki bengkak yang kerap terjadi saat kehamilan, dr. Jessica Florencia dari KlikDokter menyarankan untuk mengatasinya dengan:

  • Tidak berdiri terlalu lama
  • Banyak minum cairan (6-8 gelas per hari)
  • Hindari makanan dengan kadar garam tinggi
  • Letakkan tungkai dan kaki pada posisi tinggi ketika duduk, hindari menyilangkan kedua kaki
  • Hindari menggunakan sepatu ketat, pilihlah yang berhak rendah
  • Diet kaya protein. Protein yang terlalu rendah bisa sebabkan edema
  • Beristirahat dalam posisi miring ke kiri atau kanan yang bisa membantu aliran darah ke ginjal

4. (Seharusnya) tidak diperbolehkan traveling selama kehamilan

Hampir semua wanita hamil disarankan untuk tidak bepergian, apalagi jarak jauh, saat trimester ketiga. Pada keluarga kerajaan Inggris, anjuran untuk tidak bepergian ini berlaku pada semua trimester kehamilan. Lantas, kenapa Meghan sekarang ikut tur ke Australia? Ini mungkin karena kehamilannya ini diumumkan tepat sebelum tur berlangsung

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Jenis kelamin bayi harus dirahasiakan

Sejak tahun 1950-an, banyak orang yang tua yang ingin mengetahui jenis kelamin janin dalam kandungan dengan melakukan sonogram. Beberapa anggota keluarga kerajaan pun juga ikut melakukannya, seperti mendiang Putri Diana. Meski demikian, yang menjadi larangan adalah memberitahukan jenis kelamin bayi kepada publik.

6. Bye, baby shower!

Ini merupakan tradisi yang dilakukan berbagai negara di dunia, termasuk Amerika Serikat negara asal Meghan. Pesta jelang kelahiran bayi atau baby shower kerap tak boleh dilewatkan bagi wanita hamil.

Tujuan utama dari baby shower ini sebenarnya adalah menghujani ibu yang mengandung dengan hadiah yang berguna setelah ia melahirkan atau untuk bayinya setelah lahir.

Namun, baby shower untuk keluarga kerajaan dianggap sebagai selera yang buruk. Inilah kenapa Kate tidak mengadakan baby shower, begitu juga Putri Diana, atau wanita anggota kerajaan Inggris lainnya.

7. Tempat persalinan sudah ditentukan

Lupakan persalinan yang bisa dilakukan di rumah, seperti persalinan di rumah dengan bidan, gentle birth, atau water birth. Meski secara tradisional para bangsawan kerajaan Inggris melahirkan di kediamannya masing-masing, tapi sejak Putri Diana melahirkan Pangeran William tahun 1982 lalu, protokol melahirkan keluarga kerajaan berubah. Sampai hari ini, protokol tempat persalinan adalah di Rumah Sakit St. Mary.

8. Harus lapor Ratu Elizabeth terlebih dahulu

Dilansir dari laman Express, ketika bayi lahir, Ratu Elizabeth adalah orang yang pertama kali harus diberi tahu mengenai kondisi ibu dan bayi secara detail sebelum informasi tersebut diteruskan kepada publik. Selain itu, jika bayi lahir sebelum jam 8 pagi, berita ini harus menunggu hingga Ratu bangun (ya, Ratu pun butuh beauty sleep, dong!)

Namanya juga menjadi anggota keluarga kerajaan, tentunya Meghan sebisa mungkin harus menuruti tradisi yang sudah berjalan selama bertahun-tahun lamanya. Sebanyak apa pun aturannya, pastinya Pangeran Harry, anggota keluarga lain, publik Inggris mendampinginya. Semoga kehamilan Meghan tetap sehat hingga persalinannya nanti.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar