Sukses

5 Gaya Hidup Sehat untuk Hadapi Osteoporosis

Seiring bertambahnya usia, makin banyak penyakit yang mengintai. Salah satunya osteoporosis. Atasi dengan gaya hidup sehat ini.

Klikdokter.com, Jakarta Didiagnosis osteoporosis bukan berarti Anda tidak bisa memiliki kualitas hidup yang baik. Jika Anda berkecil hati dan tidak melakukan trik-trik khusus setelah mengalami osteoporosis, justru gejalanya akan kian parah dan memperburuk kondisi kesehatan Anda secara umum.

Daripada seperti itu, lakukanlah 5 gaya hidup sehat berikut seperti dilansir Everyday Health untuk menghadapi osteoporosis:

1. Cukupi kebutuhan protein, kalsium, dan vitamin D

Untuk mendapatkan nutrisi demi kesehatan yang baik, Anda tentu harus makan diet seimbang. Apalagi jika Anda sekarang terkena osteoporosis dan berusia lanjut. Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda cukup jumlah protein, kalsium, dan vitamin D.

Anda dapat memperoleh zat gizi tersebut dari sumber makanan alami, seperti daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan, telur, sayuran, buah, susu, dan makanan lain yang diperkaya dengan kalsium dan vitamin D.

2. Mengonsumsi suplemen nutrisi

Cara untuk mendapatkan nutrisi terbaik adalah melalui sumber makanan alami. Namun jika Anda ingin mengoptimalkannya, tak ada salahnya untuk bertanya kepada dokter mengenai boleh tidaknya Anda mengonsumsi suplemen vitamin D dan kalsium tambahan. Meski pada dasarnya, tubuh Anda mampu memproduksi vitamin D sendiri dari sinar matahari.

Tapi di sisi lain, jika Anda lebih sering berada di dalam ruangan atau jarang terpapar sinar matahari, tentu akan sulit untuk mendapat vitamin D dari paparan sinar matahari. Belum lagi pada orang yang intoleransi laktosa. Mereka akan kesulitan mengonsumsi susu dan olahannya, padahal kalsium dibutuhkan untuk memperbaiki kondisi tulang. Karena itu, bicarakan dengan dokter apakah Anda memerlukan suplemen atau perlu mencari sumber makanan lain yang bagus untuk tulang.

3. Tetap aktif beraktivitas fisik

Mengalami osteoporosis bukan berarti Anda harus menyetop aktivitas fisik. Sebab, beraktivitas fisik dapat merangsang “remodeling” tulang, membantu memperkuat otot, serta meningkatkan keseimbangan, koordinasi, fleksibilitas, dan postur tubuh yang baik. Selain itu, beraktivitas fisik juga bisa meningkatkan suasana hati dan kesehatan mental Anda.

Para ahli menyarankan untuk berolahraga 30 menit setiap hari dengan berjalan, menahan beban, dan latihan kekuatan keseimbangan untuk mendukung kesehatan tulang. Namun, jika Anda sudah pernah patah tulang dan kepadatan tulangnya sangat rendah, berhati-hatilah dengan kegiatan yang membungkuk ke depan dan memutar tulang belakang. Lebih baik, mintalah saran program latihan fisik kepada dokter Anda ketimbang berinisiatif sendiri.

4. Menjaga berat badan

Mempertahankan berat badan ideal adalah hal yang penting untuk tetap sehat secara keseluruhan, tak terkecuali untuk permasalahan osteoporosis. Pasalnya, memiliki berat badan berlebih akan meningkatkan risiko patah tulang di berbagai bagian tubuh Anda. Sedangkan memiliki tubuh yang terlalu kurus, juga bisa menyebabkan keroposan tulang.

Sebaiknya, milikilah berat tubuh yang pas-pas saja. Apabila Anda kesulitan untuk mengatur pola makan yang baik, kunjungilah dokter atau ahli gizi untuk mengatur diet yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Hindari jatuh

Seiring dengan pertambahan usia, kondisi tubuh akan melemah dan kehilangan kontrol keseimbangan. Oleh sebab itu, manula osteoporosis harus dijaga jangan sampai terjatuh karena kondisi tulang mereka akan sulit pulih. Adapun cara pencegahan supaya Anda tidak mudah terjatuh, antara lain:

  • Perhatikan saat berjalan di permukaan yang licin, berpasir, atau berantakan.
  • Hindari jalanan yang terlalu menanjak, miring, ataupun menurun.
  • Jangan lagi menggunakan sepatu hak tinggi.
  • Gunakan sepatu bersol karet supaya tidak mudah tergelincir.
  • Jika ada hand rail, peganglah hand rail tersebut.
  • Simpan barang-barang di tempat yang mudah terjangkau, jangan terlalu tinggi, jangan terlalu rendah.
  • Pasang hand rail di kamar mandi.
  • Jangan pernah membetulkan bagian rumah sendirian (memperbaiki lampu dan sebagainya).
  • Gunakan alas karet di seluruh ruangan rumah.
  • Dan, hindari ruangan yang gelap atau remang-remang.

Itulah 5 cara untuk mendukung kondisi Anda yang sudah terkena osteoporosis. Ingat, setelah terdiagnosis penyakit tersebut, selalu konsultasikan keluhan Anda kepada dokter. Selain itu, jauhi rokok dan alkohol karena keduanya dapat mengikis kepadatan tulang dan menghambat kemampuan tulang untuk sembuh. Jadi, tetaplah semangat, ya, meski didiagnosis osteoporosis!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar